Saturday, June 8, 2013

Kue Ku Mawar

Jika punya banyak waktu, kita bisa berkreasi dengan Kue Ku teman2, dengan di bentuk jadi bunga mawar seperti ini hasilnya akan semakin cantik..daripada di cetak biasa..mau coba..silahkan..simak step by stepnya ya..^^
Kue Ku Mawar.

Bahan :
150 gram tepung ketan
50 gram kentang, kukus lumatkan
50 gram gula halus. 1/4 sendok teh garam.
125 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa ( secukupnya )
1 sendok  makan minyak goreng
Pewarna merah muda dan hijau

Bahan Isi :
250 gram kacang hijau kupas, kukus sampai matang
500 ml santan
1/2 sendok teh garam
100 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
1 sachet vanili

Cara Membuat :
Blender semua bahan isi dan masak hingga kalis.
Campur kentang bersama tepung ketan, gula halus, santan kental dan minyak. Uleni hingga kalis. ( Tuang santan sedikit demi sedikit, bisa di tambah atau di kurangi..asal adonan sudah kalis dan bisa di bentuk..hentikan pemberian santan di adonan ) 
Ambil 1/3 adonan, beri warna hijau, sisanya beri warna merah muda.
Ambil sedikit adonan warna hijau, bentuk daun, letakkan di daun pisang yang sudah di oles sedikit minyak. Ambil adonan merah muda, bentuk bulat , pipihkan. Isi dengan kumbu kacang hijau,bulatkan kembali, lalu letakkan di atas bentuk daun. Hias sekelilingnya dengan kelopak mawar dari adonan merah muda. Kukus selama kurang lebih 10-12 menit dan setiap 2 menit di buka tutup kukusannya supaya tidak mekar. Tips: Menempelkan kelopak mawarnya  harus sampai benar2 melekat ya dan sambil di tekan2 supaya menempel kuat, karena jika tidak..akan lepas saat di kukus.
Sajikan.







12 comments :

  1. walah rajin amat nih. Telaten bikin kelopak bunganya atu-atu....jempol deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Rina..lagi kurang kerjaan kemaren ini..hahaha

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih Mba Meryy udah mampir ya..sebenernya gampang kok Mba..seru..cuma memang harus telaten..hihi

      Delete
  3. mawarrrr, ijin nyontek resepnya ya Mba, kalau ada waktu mau nyoba bikin, xixixi bisa setelaten Mba Diah Didi ga ya.
    #salam kenal ya Mba, biasanya cuma intip2 aja blog ini, karena liat mawar ninggalin jejak ah (mau ijin nyontek resep) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda Zahra..salam kenal juga ^^..silahkan banget kalau mau nyoba ya..tips pentingnya jgn lupa di tengak tengok setiap 2 menit pas ngukusnya..spy tidak mekar kue kunya ya..^^

      Delete
  4. Cantiknya kueku mawarnya ...mbak diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Elvira..ayoo..di coba Mba..^^

      Delete
  5. mbak diah aq dah nyoba kue ku nya...enakkk mbakkk...makasih y resepnya...tp pas ngentas apa istilahnya...hehehe...pokonya pas ngambil dari kukusan agak lumayan susah juga ya mbak...soalnya masih panas dan suka lari2...hehehe...dan aq nyoba dibentuk mawar...kelopaknya patah...hahaha...mungkin kurang tebel ya mbak...tp klo yg dibentuk pake cetakan alhamdulillah jadi mbak...makasih y mbak...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lupna...sama2. Di alasi daun pisang kan Mba..tunggu sampai agak dingin dulu..baru di angkat ya. terus kalau yang mawar..pas nempel kelopaknya memang agak di tekan2 ya Mba..biar nempel kuat..^^

      Delete
    2. udah tak alasain daun mbak...makanya daunya yang lari...hehehe...soalnya kukusanku ndak terlalu besar jadi harus beberapa kali ngkusus...jadi pas panas2 diangkat...mbak diah ada tips kah?

      klo bunganya dah ditekan-tekan bukan lepas tapi patah mbak...hihihi

      Delete
    3. Klu gt nggak usah di oles minyak aja mba..daunnya..biar lengket di daun..:)

      Delete