Friday, June 7, 2013

Cara membuat Kaldu udang

Udang , banyak manfaatnya, buat penyedap alami aneka masakan dan juga bisa kreasikan menjadi berbagai macam hidangan. Sampai2 udang yang sudah kering kayak rebon atau ebi..juga olahan udang seperti terasi, petis dll..juga mantab buat pelengkap bumbu masakan Indonesia. Jika kita bikin mi goreng atau nasi goreng..tambahkan satu atau dua udang yang di geprek..di tumis bareng bumbunya..rasa mie goreng dan nasi goreng..akan semakin gurih dan lezat..cobain dech teman2. Nah..jika kita mengolah udang..dan hanya memakai dagingnya saja..kepala dan kulitnya jangan di buang ya..banyak kandungan gizinya juga lho di kepala dan kulitnya. Jadi..buat apa  kepala dan kulit udang..? Banyak gunanya kok…bisa jadi kaldu yang enak..caranya..panggang sebentar kepala dan kulit udang di oven..sampai berubah warna..atau di sangrai di wajan juga bisa…supaya bau amisnya hilang..setelah itu..di rebus dengan air sampai mendidih..saring air kaldunya. Bisa di simpan di freezer..sewaktu2 bikin sup..bisa di pakai kaldunya..atau di buat Tom Yam Soup tuch..juga pas banget pakai kaldu udang. Yang simple…bisa di buat bubur tuch..jadi dech bubur udang pagi2..yummy buat sarapan. 


Tips juga kalau mengolah udang yang agak besar2..jangan lupa belah punggungnya ya..dan keluarkan kotoran seperti benang warna hitam di punggung udang..supaya lebih enak olahan udangnya. Kalau masak udang di tumis..sebentar aja ya..jangan terlalu lama numisnya..karena kalau kelamaan jadi keras dan hilang dech rasa alami udangnya yang manis2 gurih gitu.




15 comments :

  1. Jadi inget tekwan, kuahnya juga pake kaldu udang. tapi saya dulu ndak pake dioven ataupun disangan Mak, langsung direbus gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..Tekwan juga pakai kaldu udang ya Mak Ety,..di sangrai biar nggak amis kaldunya Mak..^^

      Delete
  2. Nah ini dia tips kulit dan kepala udang yang saya tunggu. Terima kasih sudah berbagi tips.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mbak :) mau tanya, kalo udang numisnya ga boleh lama2, lalu kalau kita memasaknya dengan bumbu, misalnya udang saus tiram, apakah bumbunya bisa meresap jika hanya sebentar? Lalu caranya apakah udang mentah langsung ditumis bersama bumbu ataukah udang ditumis terpisah dulu,baru kemudian ditumis dengan bumbu? Thanx sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..Salam kenal juga..:)
      Memang udang..cumi tidak boleh di masak terlalu lama..kalau kelamaan malah ngaret dan alot hasilnya. Juga citarasa manisnya hilang. Nggak masalah..udang nggak perlu kayak daging yang harus menyerap bumbu sampai ke dalam2 gitu Mba..dengan di selimuti atau di makan dengan saus..akan terasa bumbunya juga kan..:)..Di masukkan setelah bumbu2 di tumis ya..:)

      Delete
  4. Keseringan bagian buntut dan kepala dikasih si meong :( padahal bisa dimanfaatkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau masih segar udangnya Mba Helda..kalau udangnya ndak segar ya jatah si meong aja..hihi..soalnya malah amis kaldunya..kalau udangnya kurang segar..:)

      Delete
  5. Kaldunya bertahan berapa lama sista? anywy nice tips :) tengkyu

    ReplyDelete
  6. Mbak..kalau lagi bersihkan udang..didalem kepala..yg pas banget nempel dengan badan udang..biasanya ada semacam cairan yg kental, itu otak udang atau kotoran ya mbak? Sebaiknya dibuang atau justru itu yg bikin udang semakin enak shg jangan dibuang?

    ReplyDelete
  7. Mbak..kalau lagi bersihkan udang..didalem kepala..yg pas banget nempel dengan badan udang..biasanya ada semacam cairan yg kental, itu otak udang atau kotoran ya mbak? Sebaiknya dibuang atau justru itu yg bikin udang semakin enak shg jangan dibuang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di buang mba..itu kotoran udang..bikin amis kalau ikut di masak dan nggak awet jika di simpan di freezer masih ada itu udangnya :)

      Delete
  8. Bu Diah didi....ada FB yg bisa kita follow?
    # terima kasih atas semua ilmunya...sangat bermanfaat buat kita ibu2 yg harus belajar banyak untuk memasak

    ReplyDelete
  9. Apakah membuat kaldu udang jg harus dgn api kecil dan selama 1-3jam ya mbak diah, bagaimana kl digoreng dulu pakai minyak sblm dibikin kaldu apakah itu jg bisa menghilangkan bau amis, apakah kalau digoreng minyak akan mempengaruhi rasa dari kaldunya

    ReplyDelete
  10. Apakah membuat kaldu udang jg harus dgn api kecil dan selama 1-3jam ya mbak diah, bagaimana kl digoreng dulu pakai minyak sblm dibikin kaldu apakah itu jg bisa menghilangkan bau amis, apakah kalau digoreng minyak akan mempengaruhi rasa dari kaldunya

    ReplyDelete