Saturday, June 29, 2013

Emping Melinjo Klatak



Emping melinjo..pasti sudah tidak asing lagi ya teman2..banyak di jual di pasaran. Bahan utama emping melinjo adalah buah melinjo yang sudah tua, kemudian di sangrai, lalu ketika masih panas, di tumbuk atau di pipihkan hingga tipis. Satu emping melinjo biasanya terbuat dari beberapa buah melinjo yang di gabung dan di pipihkan jadi lempengan bulat tipis, lalu di jemur hingga kering, dan di goreng. Ada juga emping melinjo yang di jual masih mentah dan kering ya..jadi kita tinggal  menggoreng sendiri. Emping melinjo ini juga sudah menjadi bahan pelengkap wajib beberapa masakan tradisional Indonesia, seperti soto Betawi, gado2 dll. 


Memang hebat pohon Melinjo ini ya...dari buah, daun mudanya, kulit melinjonya sampai bunga melinjonya..enak di olah menjadi makanan. Nah, emping ada berbagai macam ya..yang tipis2 itu biasanya di buat dari beberapa  buah melinjo sekaligus. Ada yang rasanya tawar..ada juga sekarang yang bercitarasa manis gurih..enak sekali..karena sudah di beri tambahan bumbu dan gula, bentuknya juga lebih tebal dan lebih lebar dari emping melinjo biasa yang tipis2. Ada juga malah emping melinjo rasa udang..aku pernah di bawain kakak dari Sidoarjo..rasanya juga istimewa sekali..gurih manis..ada rasa udangnya. Nah..selain jenis jenis emping melinjo tersebut di atas, ada satu lagi jenis emping melinjo yang bentuknya kecil2..yaitu emping melinjo klatak. Emping melinjo klatak ini..masih sangat terasa sekali aroma dan rasa buah melinjonya..karena nggak di tipiskan seperti emping melinjo biasa..tapi satu atau dua buah melinjo cuma di geprek saja sampai  pipih. Aku suka sekali emping melinjo klatak ini..apalagi yang sudah di bumbui dan di beri rasa pedas manis dari gula merah dan cabe, serta bumbu2 lain. Rasanya..jadi semakin enak dan gurih.

Cara membuat emping melinjo klatak..sebenernya cukup mudah..cuma butuh telaten aja ya..karena melinjo  kan kecil..jadi musti di buat satu per satu. Buah melinjo yang sudah tua, tinggal di sangrai atau di bakar sampai matang, kemudian di pipihkan pakai palu atau ulekan,  buang kulitnya..dan jemur emping melinjo klataknya hingga kering, lalu goreng hingga matang. Untuk memperkaya rasa..bisa kita tambahkan bumbu pedas manis..seperti kalau kita membuat kering kentang atau kering tempe. Rasanya enak sekali..ada aroma dan rasa khas melinjonya yang masih kuat di bandingkan dengan emping melinjo tipis biasa. Jadi..jika punya pohon melinjo di pekarangan rumah dan sedang berbuah..jangan di buang ya teman2..bisa kok di olah..jadi cemilan yang enak ini. Lumayan kan..buat pengisi toples suguhan Lebaran..hihi. Jika di jual harga emping melinjo klatak ini juga cukup mahal lho..jadi siapa tahu aja..bisa jadi peluang usaha  baru ^^
Selamat mencoba.

No comments :

Post a Comment