Friday, June 28, 2013

Aneka Jenis Keju



Keju..pasti udah nggak asing lagi ya kita konsumsi teman2..sepotong cake keju seperti foto brownies keju kukus ku di atas pasti akan teras gurih manis membelai lidah. Tapi ternyata..jenis keju dari seluruh dunia itu sangat beragam..bahkan ada beberapa jenis yang aku belum pernah makan..cuma pernah denger namanya..gara2 kemaren nonton Asian Food Channel yang mengulas soal keju dari seluruh dunia..baru tau juga aku ternyata keju itu sangat beragam jenisnya. Keju2 yang aku belum pernah makan dan baru denger namanya antara lain keju Bire, keju dari Perancis yang sangat lembut, keju Camembert dari Perancis juga. terus ada lagi keju Emmenthal , hard cheese Darius Swiss yang bentuk  kejunya berlubang2 dan bercitarasa sedikit manis. Juga keju Gruyere dari Swis yang berbentuk bulat pipih seperti roda, dan mempunyai aroma kacang2 an..dll. Nah..itu cuma contoh2 dari sekian bayak jenis keju..cuma kayaknya itu jarang kita jumpai di indonesia ya..jadi ya akan aku ulas..keju2 yang ada di Indonesia saja ya teman2..semoga bisa menambah wawasan soal keju....^


Keju merupakan hasil olahan susu yang sering di gunakan di dapur. Berdasarkan tekturenya, ada 3 jenis keju, yaitu soft cheese, firm cheesse dan hard cheese. Soft cheese berkadar air 40 %, wujudnya masih lunak dan kental, mirip krim dengan gumpalan2. Firm cheese, berkadar air 36 - 40 %, tekturenya lebih padat tetapi lembut, sedangkan hard cheese berkadar air 25 - 36 %, bentuknya keras, beraroma tajam, kering dan mudah di parut.

Aneka jenis keju yang bisa kita temui di Indonesia antara lain :

Keju Cheddar
Keju ini termasuk keju hard cheese asal Inggris, saat muda, keju berwarna pucat dan beraroma lembut, setelah tua warnanya jadi kuning dan aromanya lebih tajam. Di jual dalam bentuk potongan atau lembaran. Contoh keju Kraft. Keju ini cocok untuk topping aneka kue , seperti cke , donat dll., karena hasilnya lentur dan tidak cepat kering jika terkena udara.Keju ini juga paling ekonomis.

Cream Cheese
Keju ini termasuk soft cheese yang terbuat dari kepala susu. Mengandung lemak 45 %, bila lebih dari itu maka di sebut juga double cream cheese. Biasanya di kemas dalam wadah gelas, plastik cup atau di bungkus alumunium foil, contoh merk Kraft, atau Yummy. Banyak di pakai untuk bahan baku pembuatan cheese cake atau campuran kue2 lain.

Keju Edam
Keju ini berasal dari Belanda dan termasuk jenis keju hard cheese dengan kandungan lemak 40 %.Umumnya berbentuk bola yang di kemas dengan lapisan lilin yang berwarna merah. Tekturenya elastis / kenyal dan aromanya cukup tajam. Sering di gunakan untuk pembuatan kastengel / kue kering keju.

Keju Mozarella
Keju ini termasuk soft cheese asal Italia dengan kandungan lemak sekitar 40 -50 %. Umumnya terbuat dari susu sapi, sedangkan aslinya terbuat dari susu kerbau. Proses pembuatan keju ini lemak susunya di kukus atau di celupkan ke dalam air panas sampai liat. Lalu di biarkan menjadi keju yang lembut dan berserabut. Lalu di celupkan ke air bergaram, warnanya menajdi kuning pucat dan elastis. Jika di panaskan , keju ini akan meleleh dan membentuk serabut ayang elastis.Keju inilah yang sering di gunakan untuk topping pizza.

Keju Permesan
Keju ini termasuk keju hard cheese asal Italia dengan kandungan lemak 32 %.Aromanya sangat tajam, penggunaannya kadang di kombinasikan dengan keju mozarella  yang aromanya kurang tajam. Selain dalam potongan utuh, keju ini sering di jumpai dalam bentuk bubuk/ parutan, karena memang di gunakan sebagai taburan untuk spaghetti, makaroni dan salad.

Keju Ricota
Ini termasuk soft cheese asal Italia, di buat dari susu sapi atau domba. Berwarna putih, lembut dan banyak mengandung air, dan  gurih rasanya. Kandungan lemaknya 20 - 30 %. Kmbinasi rasa yang gurih dan lezat dengan aroma harum menjadikan keju ini terasa pas di padukan aneka masakan Italia seperti pasta , lasagna dan spaghetti. Di jual dalam kemasan mangkuk plastik.

Keju Gouda
Keju semi keras asal Belanda ini di cetak dalam bentuk lingkaran tebal. Warnanya kuning agak tua, di jual dalam bentuk  potongan. Keju ini bisa di gunakan untuk campuran cookies , seperti untuk lidah kucing, kastengel dan cheese stick.

Keju Mascarpone
Keju ini termasuk keju Soft cheese ala Italia. Keju muda ini terbuat dari krim segar, berwarna putih dan kental. Biasanya di gunakan untuk pembuatan dessert seperti Tiramisu. Di jual dalam kemasan plastik atau mangkuk plastik di toko bahan kue atau supermarket.

Nah..banyak kan ternyata teman2..jenis keju..mungkin dari sekian banyak di atas ..cuma beberapa yang terbiasa ada di dapurku..hihi..paling2 keju Cheddar dan Mozarella..lainya beli..kalau pas butuh banget aja..misal mau bikin Tiramisu..dll. Semoga bermanfaat ya..sedikit ulasan dan rangkumanku tentang aneka jenis keju ini. Semoga bermanfaat.



No comments :

Post a Comment