Tuesday, June 18, 2013

Pecel Mie...Menu Unik Yang Enakk..^^


Sudah makan teman2..pasti sudah ya..jam segini kan..^^..apa menu makan siangnya hari ini di rumah..? Kalau menu ku hari ini..so simple..tapi ini adalah menu favorit Yodha. Dia lagi ketagihan pecel mie..hihi. baru denger ya teman2 menu pecel mie?..Yapp..ini memang menu unik rekayasa ku sendiri..terinspirasi dari pecel Semarangan yang pakai mie goreng. Memang dulu aku sempat heran..kalau beli pecel di Semarang ini kok selalu di campur mie goreng. Aku mikir ya aneh ya..mie goreng kan udah gurih..kok masih di makan pakai bumbu pecel. nah..setalah merasakan..wow..ternyata memang enak..bener kata suamiku. Dengan catatan mie gorengnya jangan terlalu berbumbu. Malah cenderung mie goreng yang plain saja rasanya..dengan bumbu dan bahan pelengkap minimalis mienya. Jadi nanti akan berpadu jadi rasa yang lezat ketika kita makan dengan siraman sambel pecel. Dan..beneran dech..sejak mau makan pecel beberapa bulan terakhir..Yodha suka banget makan pecel mie gini. Jadi ..kalau beli pecel dia nggak mau sayurannya..maunya ya cuma mienya saja sama  bumbu pecel. Udah dech..kalau makan itu lahap banget dan setiap Sabtu minggu pasti request sarapan pecel. 
Nah..berhubung dia lagi libur..jadi aku buatin aja sekarang menu pecel mie di rumah..jadi nggak perlu beli lagi...dan rasanya kata yodha..dua jempol mi..katanya ..hihi..maksudnya enak gitu..dan maemnya lahap sekali tadi. Yodha bilang..pecel mie buatan mami sama enaknya kayak kalau beli..hihi..Alhamdulillah kalau Yodha suka...bakalan nggak usah beli pecel di warung pecel Bu Mar langganan  kita lagi nich..hihi. Memang sich..bikin sambel pecel tuch super gampang ya teman2..cuma kadang aku asal cemplang cemplung bahan saja kalau bikin sambel pecel..jadi setiap bikin pasti beda2 rasanya..soalnya kalau kurang bumbu kan tinggal tambah ini itu...hihi..jadi males nakar2 bumbu. Nah..karena sekarang Yodha suka bumbu pecel..tadi secara detail aku ukur dech semua bumbu2 dan bahan2 yang ku gunakan..biar..rasanya bisa sama kayak tadi kalau buat lagi..soalnya..kalau rasanya beda nich..Yodha suka protes..lho..kok nggak sama kayak kemaren rasanya..gitu dech dia..kecil2..soal rasa makanan.sensitif dan bisa ngerasain. Nasi goreng aja..pernah nggak ku kasih kecap..karena kecap habis..eh dia langsung tau..mi..nasi gorengnya kok nggak pake kecap..hihi...pinter kan nyicipin rasa dia..dan setiap minta nasi goreng sekarang selalu bilang..jangan lupa kecapnya ya mi..^^

Nah..buat teman2 yang suka sama pecel..sekali2 coba dech bikin bumbu sendiri..walau beli jadi juga banyak sich ya..cuma aku kok kurang suka kalau beli jadi sambel pecel gini. Lebih enak bikin sendiri..fresh gitu dari cobek..hihi..dan rasa bisa sesuai selera. Oke...mau coba sambel pecel ala aku..yukk mari..simak resep dan caranya ya. Oh ya sambel pecel ku ini sambel yang masih agak kasar2 dan kerasa kacangnya gitu..aku suka sambel yang begini daripada sambel pecel yang halus banget. ..jadi ini sambel pecel ndeso ya teman2..^^ Selamat mencoba ya jika suka..

Sambel Pecel 

Bahan :
100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
30 gram gula merah
2 buah cabai, goreng ( kalau suka pedas tambahin saja..kalau aku kan buat Yodha juga..jadi pedasnya sedikit saja )
2  siung bawang putih, goreng
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk 
1 sendok teh terasi goreng
2 mata asam jawa
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
Air 150 ml

Cara Membuat :
Ulek kacang tanah goreng kasar saja. 
Ulek cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk serta terasi.
Tambahkan gula merah dan garam
Aduk rata semua bahan sambal dan tuangi  air . 
Aduk hingga kental
Sajikan dengan mie goreng dan telur ceplok, perkedel, gorengan dll..sesuai selera..dan jangan lupa kerupuk karaknya ya..^^


Mie Goreng Kampung

Bahan :
200 gram mie kering, rebus hingga matang
3 lembar kol, iris kasar.
1 batang daun bawang
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya
Kecap manis 2 sendok teh

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum , masukkan kol , aduk sampai layu , masukkan mie goreng dan daun bawang, masukan pula bumbu2 lain. Aduk rata hingga meresap. Sajikan dengan siraman bumbu pecel.



14 comments :

  1. pecel emang luwes ya dipadu sama mi. Pake gendar atau lontong juga cocok. Dijamin kenyang deh makan seporsi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya ya Mba Rina..pasti kenyang..lha kebanyakan karbonya..mie plus lontong..^^

      Delete
  2. pake gorengan tambah mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Dwee..aku paling suka pakai bakwan kalau makan pecel mie gini..kalau Yodha..sukanya pakai perkedel..hihi..aneh ya..:)

      Delete
  3. haduuuhh makkkk,, daku maah kebaliknnya, paling males pake bikin bumbu pecel,bumbu somay wkwkwkwkw malesn guleknya.itu segerrr bgt yah liat pecelnya, tambah kerupung mie juga maknyuuuuusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Makkk..beli juga banyak ya.di supermarket atau di pasar udah jadi..praktis..cuma ya itu belum nemu yang pas bumbunya..pernah sich dulu di oleh2 hin teman dari Blitar..bumbu pecel enak banget ..aku sampai mau nitip lagi banyak dan tanya merknya..ternyata itu adalah buatan Eyangnya temenku..hihi..jadi ya tetep aja rasa homemade yang cocok buatku..masih mending ku blender kacangnya Mak...kalau bumbu siomay..tinggal ngulek dikit cabe dan bawangnya...masih enak..hihi..

      Delete
  4. kalo di pekanbaru apa2 pake mie mbak, lontong sayur pake mie, pecel pake mie, gado2 pake mie..
    kenyang banget deh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh.ternyata di Pekanbaru juga ya Mba..pakai mie gini..serba karbo..hihi..wah sama ternyata..eh masakan khas Pekan Baru apa ya..kpn2 pengen nyoba juga ah..menu2 dari luar Jawa yang kayak Pekanbaru..dll...^^

      Delete
  5. Mbak Diah, punya resep sambal kacang untuk siomay/batagor nggak? Aku lagi nyari-nyari nih Mbak. Oiya Mbak, aku udah coba beberapa resep dari blog Mbak, makasih ya Mbak sudah menginspirasi :)
    -amel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba Amel..di postingan batagor ya..sama aja kok sama sambal siomay resepnya..copi link ini atau cari pakai fasilitas search di pojok atas ya..tulis *batagor imut*..atau ini linknya :http://www.diahdidi.com/2013/05/batagor-imutyummy.html

      Delete
  6. terimakasih untuk fast response-nya Mbak Didi... *peluk* :)
    -amel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Amel..jangan sungkan tinggalkan komentar..jika ada yang kurang jelas ya..^^

      Delete
    2. Salam kenal mba diah,
      Mau tanya dong, kencurnya digoreng jg ya? Trus asam jawanya dimasukinnya pas kpn mba? Kacang tanahnya boleh yg sdh dikupas ga? Maaf ya mba, soalnya aku bru belajar masak nih hehehehe

      Delete
    3. Ya Mba..salam kenal juga. Kencurnya nggak perlu di goreng Mba..asam jawa masukin bareng aja pas ngulek bumbu. Kacang tanh boleh pakai yang kuapasan..tapi kalau mau warnanya coklat kayak yang di jual2 gt sambel pecelnya..harus pakai yang ada kulitnya..Smg jelas ya Mba..:)

      Delete