Tuesday, June 18, 2013

Tips Mengolah Iga



Siapa yang tak suka iga..hayo..iga sapi..iga kambing...semua enak di olah menjadi berbagai macam makanan. Di panggang enak..di bakar enak..di ungkep enak..di gulai..terik..tongseng..dll..olahan iga..selalu mengundang selera makan ya. Dan iga ini pun cukup tenar ya ..di warung2 kaki lima sampai restoran dan hotel berbintang..pasti dech dech ada menu iga ini...di daftar menunya. Nah..sebenarnya kita bisa kok mengolah iga sendiri di rumah..ala2 restoran ataupun hotel gitu. Tapi..sebelumnya..kita belajar sama2 dulu ya..tentang si iga ini lebih jauh..gimana trik2 pengolahanya dll..agar  kita bisa membuat hidangan sendiri dari iga ini di rumah..dengan rasa yang tidak kalah dari restoran berkelas.

Sebelum memasak iga..pilih iga yang berkualitas ya..dan sesuaikan iga apa yang cocok untuk jenis masakan kita. Untuk iga yang di masak dengan cara di bakar atau di panggang..pilihlah iga yang di ambil dari bagian atas / punggung yang di sebut baby back ribs, dan iga bagian belakang yang bertulang besar dan dagingnya tebal. Sedangkan iga yang di masak dengan kuah, pilihlah iga yang di ambil dari bagian bawah ( spare ribs ), karena tulangnya lebih banyak daripada iganya. Cuma..biasanya kalau beli di pasar yang ada ya cuma iga2 bagian bawah saja yang dagingnya dikit..hihi..jarang aku nemu yang iga bagian atas atau punggung yang biasa di sajikan di resto2 mahal atau di hotel2 gitu, mungkin karena di penjagalan sudah di pesan semuaya untuk hotel2 dan resto ya. Jadi kalau mau iga yang berdaging tebal..ya biasanya harus beli di supermarket..tapi ya..mahal harganya ..karena biasanya iga impor..eh tapi iga impor lebih empuk lho..daripada iga lokal..konon katanya..karena sapi2 di luar tuch di ternakkan dengan baik..pakannya juga khusus..beda sama di Indonesia..selain di ternakkan..sapi nya kan kadang2 di suruh kerja juga ya..kayak di Madura..sapinya di suruh olahraga terus..di suruh lari2..ikut lomba karapan sapi..dll...jadi ya wajar ya..jika iga Indonesia..jadi lebih liat dagingnya..hihi..*just kiding*..tapi beneran juga lho..nyatanya ayam kampung kan lebih liat dan keras ya dagingnya...karena ayamnya tuch di suruh main dan keliaran terus..cari makan sendiri..beda sama ayam broiler yang di pelihara di kandang..cuma di suruh santai dan makan terus..daging ayamnya kan jadi lebih empuk kan...daripada ayam kampung..hihi..

Nah..kalau sudah tahu bagian2 iga..sekarang kita simak yukk..trik dan tips nya supaya masakan iga kita tambah mantab..
  • Untuk masakan iga yang di bakar atau di panggang langsung, lumuri dulu ya dengan parutan nanas atau remas2 dengan daun pepaya..supaya lebih cepat empuk.
  • Untuk masakan berkuah..potong2 iga ukuran kecil agar tampilan masakan lebih menarik dan lebih mudah juga menyantapnya.
  • Jika langsung di bakar atau di panggang..rendam iga dalam bumbu minimal 3 jam ya..supaya bumbu2 meresap.
  • Blansir dulu iga untuk menghilangkan bau tidak sedap..misal jika kita memasak iga kambing atau untuk mengurangi keruhnya kaldu. Blansir itu di rebus dulu sebentar gitu di air mendidih. lalu buang airnya.
  • Kalau mau praktis memasak iga dan cepat empuk ya pakai panci resto..tapi aku lebih suka pakai slow cooker..biar lambat asal selamat..eh asal bumbu meresap ding..hihi..dan empuk juga hasilnya.
  • Untuk mendapatkan kaldu iga yang jernih..masukkan iga di air yang suadah mendidih..lalu rebus dengan api kecil..dan buang busa2 lemak yang mengapung di agian atas
  • Untuk masakan iga berkuah santan..pakai santan encer terlebih dahulu dan di rebus sampai iga benar2 empuk..baru masukan santan kentalnya setelah iga empuk.
  • Oles iga dengan bumbu atau minyak atau mentega agar tidak kering selama proses di bakar
  • Agar lebih cepat mengolah iga bakar..iga bisa juga di masak dahulu dengan bumbu2 atau saus perendamnya. Kalau aku sich suka ku ungkep dulu dengan bumbu sampai empuk..baru di bakar sebentar saja..ya asal ada bau2 gosong dikit gitu..hihi.sudah sah kan..tetep iga bakar judulnya.
  • Gunakan bumbu2 rempah yang kuat untuk mengolah iga..agar aroma tidak sedapnya, terutama untuk iga kambing berkurang.
Selamat mengolah iga teman2..^^

2 comments :

  1. Tipsnya sangat membantu mbak, makasih ya. kemarin lupa beli nanas, ternyata dikasih nanas memang bisa cepat empuk ya mbak?

    ReplyDelete