Tuesday, June 25, 2013

Adaan..Jenis Empek Empek Yang Paling Mudah Di Buat


Empek2 lagi..!..Yappp...aku suka sekali empek2 ..jadi tidak akan bosan teman2..posting aneka macam empek2 di sini. Aneka resep  empek2 sudah ku coba..nah..ini salah satu yang paling mudah di buat adalah empek empek adaan, langsung di goreng saja..setelah adonan siap..jadi nggak perlu di rebus dahulu. Mbentuknya juga enak..tinggal di bentuk bulat aja pakai tangan yang di lumuri tepung, mudah..atau kalau nggak bisa yang di sendoki aja dengan bantuan dua sendok makan..beres..peyok peyok dikit..tapi rasanya kan tetep sama enaknya..hihi.Walaupun ada juga sich ya..empek2 adaan yang di rebus dulu baru di goreng..itu..kalau kita beli empek2 satu paket macam2 gitu di supermarket, kadang adaannya sekalian di rebus..tapi aku suka yang langsung di goreng gini..lebih gurih rasanya.

Untuk menggoreng empek empek adaan ini biar matang semua..minyak harus banyak ya..sampai terendam empek2nya..dan dengan api sedang saja..biar matang sempurna sampai dalam2nya. Nah..jika suka yang renyah atau garing, setelah matang, belah jadi 4 bagian  atau potong kecil, terus di goreng lagi..wah..tambah enak dech..garing dan renyah..! Empek empek adaan ini juga bisa di simpan di freezer dalam keadaan setengah matang. Jadi kalau mau di simpan..goreng saja dahulu tapi jangan sampai terlalu kering. Setelah itu dinginkan dan simpan di wadah tertutup, taruh di freezer, kalau mau makan tinggal di diamkan suhu ruang dulu, lalu di goreng lagi sampai kering.

Untuk variasi resep Adaan lain, silahkan bisa lihat langsung video tutorial resep aku di you tube ya :



Ikan Tenggiri..Bahan utama empek2..kayak gini nich ikannya...jika tidak ada bisa di ganti ikan gabus..atau ikan kuthuk..atau ikan belida..atau ikan apa lagi..buat teman2 yang sudah coba..dan hasilnya sama enak...silahkan tinggalkan komentar ya..biar teman2 yang susah cari tenggiri terbantu..makasih sebelumnya..^^

Empek Empek Adaan

Bahan-bahan:
    250 gram ikan tenggiri yang sudah di haluskan
    1 3/4 sendok teh garam
    1 sendok teh gula pasir
    1/2 sendok teh penyedap rasa
    2 butir bawang merah, dihaluskan
    150 gram tepung sagu
    75 ml santan kental segar / instan
    1 butir telur, dikocok lepas
    Minyak  untuk menggoreng
Cara Membuat :
Uleni tenggiri, garam, gula pasir, penyedap rasa, bawang merah
Tuang telur dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut.
Tambahkan tepung sagu. Aduk rata, tapi jangan di uleni lagi ya supaya tidak alot adaannya. Ambil 25 gram adonan.
Bentuk bola-bola dengan tangan yang dilumuri tepung sagu.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Update..!!

Maaf teman..tadi saking semangatnya cerita soal empek2 adaan..jadi kelupaan nulis resep kuah cukonya..hihi..ini dia ya..kuah cuko yang muantapp..nggak kalah sama kuah cuko di warung empek2 yang sudah terkenal..hihi..
Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( Dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( atau sesuai selera )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.


50 comments :

  1. Replies
    1. Enak banget Mba Kania...silahkan di coba..^^

      Delete
  2. mbak, sampai sekarang saya belum tahu gimana penampakan ikan tenggiri. Udah googling fotonya tapi tetap ga ngeh. Huhuhu... Dan saya malu bertanya ama tukang jual ikannya. xixixixi... Parah. Atau memang di sini ga ada yang jual kali ya.
    Kenalin ke saya dunk mbak ciri2 ikan tenggiri yang dijual di pasar, atau ada alternatif lain buat bikin mpek2 atau siomay selain ikan tenggiri? *banyak nanya ya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak apa2 Mba..aku ada fotonya lho Mba..ikan tenggiri..nanti ku upload dech..jika tidak ada tenggiri..bisa di ganti ikan belida..ikan gabus..* semoga nggak tambah bingung ya Mba penampakan ikan2 tersebut..^^

      Delete
    2. Thanks mak foto ikannya. Mirip tongkol ya mak? Tapi dagingnya putih. Kemarin ada lihat waktu ke supermarket, ukurannya gede. Ga beli sih, ngamatin aja :D
      Tau itu tenggiri krn ada tulisannya. Hahaha... Makasih ya mbak :)

      Delete
  3. hmmm..menariks ekali...kelihatannya enak banget... mau sekalian bumbu cuko nya dong mba... aku kl bikin rasanya slalu kurang greget.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Anggorowati..nanti ku tambahin kuah cukonya..hihi..udah sering ku posting kuah cukonya..jadi lupa nulis lagi tadi..^^

      Delete
  4. haduh..langsung mupeng, kalau saya suka pakai ikan gabus atau ikan kuthuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..Sipp2..emang katanya enak juga ya Mak Ety pakai ikan kuthuk..kpn2 tak cobanya..lebih murah daridapa tenggiri soalnya..hihi..

      Delete
  5. waw... baru tau loh pake santen toh?
    ikan tenggirinya bisa diganti apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ratu..kalau yang langsung di goreng gini..pakai santan..biar lebih gurih..kalau yang di rebus dulu..nggak pake..^^..itu bisa di ganti ikan gabus atau kuthuk seperti saran Mba Ety..atau ikan belida jika ada..^^

      Delete
  6. Salam kenal Mak Diah
    makasih maak, resepnya. aku belum pernah membuat empek2 beneran nih. kalau bikin kuah cuko-nya gimana ya.. belum bisa euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Titi...salam kenal juga ya..ini mudah sekali kok Mak..langsung di goreng aja..iya..nanti aku tambahin di resepkuah cukonya..^^

      Delete
  7. aku dah pernah buat empek2 tapi versi yg di rebus, stlh di rebus di goreng lagi, emang enak sich tapi pas di gigit kok kenyal2 gitu ya mba.. kayak kebanyakan tepung pdhl takaran tepungnya sama persis dg yg di resep.. tapi kok susah di kunyah ya.. kerasa keras dan lari2 gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain resepku yang empek2 pistel itu Mba Zulfa..yang di rebus dulu..di jamin enggak alot..empuk..tapi tetep sedikit kenyal tekture asli empek2nya ada...resep dasar empek2nya bisa di buat empek2 kapal selam, lenjer, dan juga pistel...http://www.diahdidi.com/2013/05/empek-empek-lagikali-ini-coba-empek.html

      Delete
  8. mbak pinter masak ya? hehe makasi sudah dishare ilmunya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Susan..hobby Mba..masakin keluarga tiap hari..sekalian belajar membuat aneka jenis makanan..mksh ya udah mampir di dapurku..^^

      Delete
  9. Salam kenal mba Diah, blognya baru ya...Seneng sm layout & tone blog yang ini :) kapan-kapan mau cobain ah, kayanya gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba Woro..salam kenal juga..makasih Mba..iya suka yang adem2 aja Mba warnanya..^^..silahkan di coba lho..gampang memang ini..buatnya..^^

      Delete
  10. jempol untuk mak diah
    setiap postingan resepnya selalu menyelerakan

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak Mak Lisa..ayoook di coba ya..^^

    ReplyDelete
  12. hmm yummy.. aku jg suka sekali mpek2 dan suka bikin duluuu,
    sekarang gak sempet euy. Secaraa emg org palembang hehe..

    Mungkin bisa kutambahin sedikit tips ya mak Diah, bagi ilmu sama pemirsa hihi...
    -Pilih sagunya sagu Tani ya, hasilnya beda banget dari segi warna dan tekstur dibanding sagu curah biasa
    -Sebaiknya kondisi ikan dlm keadaan dingin. bisa ditambahkan sedikit pecahan es batu pada ikan yg telah dihaluskan dan diberi garam
    -Bikin mpek-mpek harus gerak cepat :D krn kelamaan diuleni, jadi liat atau terlalu kenyal. Beda dengan roti, semakin bnyk diuleni semakin bagus mengembang hasilnya

    kalo untuk resto, cuko pasti diberi sedikit cuka masak. Jadi lebih "menggigit" asamnya.

    semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik..nambah ilmu lagi..makasih banyak ilmunya Mak Lisa..sipp2..sangat berguna buat teman2 nich..aku setuju semua itu di atas..tips2nya..kecuali cuka masak...lebih suka yang alami aja Mak..soalnya Yodhaku juga ikut makan..kalau asam sebenernya udah lumayan asem ya Mak...asal di banyakin..hihi..makanya sekarang sering bikin empek2 sdr Mak..yaitu karena tau di resto2 pasti pakai cuka ya..^^

      Delete
  13. mbak klw empek empek adaan saya rebus dulu baru digoreng,gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah Mba..paling beda di tekture saja..nggak bisa renyah garing kayak kalau langsung di goreng..^^

      Delete
  14. Baru coba bikin pempek adaan dari resep ini...bikinnya cepat hasilnya enak banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah Mba Yeyen..jika sesuai selera..seneng dengernya..:)

      Delete
  15. nemu ebi lgsg sy praktek mpek2,alhamdulillah suami doyan,cukonya mantap katanya*ku tmbh cuka sdikit cos tamarind dsini(produk india) ga tll asam,thanks ya mba,dah ada tmn yg pgn pesen jg,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah jika keluarga suka ya Mba..dan dapet pesenan juga..ikut seneng..semoga bisa jadi berkah ya..:) Iya..boleh pakai cuka Mba..dikit..:)

      Delete
  16. cara membuat pempek makanan khas palembang yg terkenal ke seluruh nusantara

    ReplyDelete
  17. Hallo mb.Diah, saya Ayu dr Cirebon.. Pgn coba resep adaan :D mau tny dulu nih, tepung sagu sama tepung tapioka sama ga sih? Saya punyanya tepung tapioka :) makasih yaaa..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mba Ayu..tapi bisa saling menggantikan fungsinya. Jadi bisa di ganti tepung tapioka kalau mau buat adaan ini...:)

      Delete
  18. slm knl mbak diah,mw tny nih klo mw nyetok pempek gmn carany mbak???trims mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Marysha..salam kenal juga..kalau empek2 kapal selam dll..yang di rebus..di tiriskan dulu , dinginkan kemudian di balur tepung tapioka / sagu Mba..simpan di wadah tertutup..lalu simpan di freezer. Jika mau di goreng biarkan suhu ruang dulu..bisa di celup air panas untuk menghilangkan tepungnya..atau langsung di goreng ..:) Kalau adaan di goreng setengah matang dulu, dinginkan, baru di simpan di freezer. Jika mau makan...biarkan suhu ruang..lalu goreng kembali...:)

      Delete
  19. Mba ngak perlu di rebus dlu ya ? Sebelum di goreng ...makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu Mba Muna..kan adonannya pakai santan..:)..Gorengnya sampai terendam minyak ya..biar matang sampai dalam2nya..:)

      Delete
  20. mba makasih resepnya,mau nanya ya gmn cr goreng biar tetap mekar bulat kyk foto punyaku hbs goreng bbrp waktu kempes,tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dingin wajar jk agak kempes mba..:)

      Delete
  21. Resep pempek kulit dong biar ga sayang kulitnya hihi..

    ReplyDelete
  22. Mbak makasih resepnya..enak banget jadinya..btw untuk kuah cukonya kemarin pas kehabisan ebi jadi saya ganti pake teri abis disangrai ga saya haluskan..jadinya alhamdulillah tetep enak walau mgkn ga seenak kalo pake ebi..

    ReplyDelete
  23. pake ikan salam bisa ngak ya mbak?

    ReplyDelete
  24. pake ikan salam bisa ngak ya mbak?

    ReplyDelete
  25. makasih mbak resepnya, udah dicoba dan rasanya enak

    ne hasil recook-nya
    http://www.anekarasa.net/resep-pempek-adaan-special/

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum mbak diah..
    sya sdah coba mpempek adaannya..tp asiiin..sya slah baca takaran sndoknya..😱
    tp sbnernya enaak..cm rasa santannya terasa bnget klo mnurut sya..
    santan sbnernya gunanya untuk apa ya mbak?
    trimakasih resepnya ya mbak,kpan2 coba sya buat lg..dg tkaran garam yg sebenarnya..hihihi

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Mbak didi kalo menghaluskan ikan tengirinya sya blender sma telur boleh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak sama minta pin bbnya donk, klo g no hp aja...

      Delete