Wednesday, June 26, 2013

Udang Goreng Kipas Renyah



Punya stock udang seger hasil belanja di pasar tadi pagi..pasti  salah satu masakan yang ku sukai adalah udang goreng. Jadi..berbagai jenis udang goreng sering banget aku buat. Dari yang cuma udang goreng di balut tepung kering..atau udang goreng di celup adonan basah..semua aku suka..! ^^

Nah..biar beda..tadi karena udangnya lumayan gede2 dan seger..jadi pengen buat udang goreng kipas. Udang goreng kipas adalah udang goreng kombinasi..di celup adonan tepung dulu..kemudian di gulingkan ke tepung panir kasar, lalu di goreng. Rasanya..enak sekali..renyah dan gurih. Juga bentuknya unik..jadi kayak kipas melebar gitu udang gorengnya, karena di potong2 tipis dulu seperti bentuk kapas udangnya, tapi jangan sampai putus. Menarik bukan teman2..dari satu udang saja..bisa jadi lumayan gede lagi..lebih gede dari ukuran nugget. Jadi..bisa jadi ide nich buat bekal anak2 sekolah, pasti anak2 suka..atau misalnya untuk lauk pauk pesta atau acara keluarga di rumah..pasti  juga menarik lho..karena udang goreng panirnya nggak bentuk panjang2 kayak udang tempura biasa..tapi melebar cantik seperti kipas.

Mau coba..ini dia resepnya..^^
Udang Goreng Kipas 

Bahan :
Udang Windu ukuran besar 10 ekor
Tepung terigu protein sedang 75 gram
Telur ayam 1 butir
Garam 1/4 sendok teh
Air 150 ml
Tepung pangko / panir kasar 100 gram
Minyak goreng

Bumbu :
1 siung bawang putih
1 cm jahe, geprek
Bumbu kaldu bubuk rasa ayam 1/2 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Haluskan bawang putih dan campur dengan semua bumbu.
Kupas udang, sisakan ekornya
Belah udang menjadi 3-4 bagian , jangan sampai putus. Tarik belahan udang sampai membentuk kipas.
Lumuri udang dengan bumbu halus hingga rata, diamkan beberapa menit agar bumbu meresap.
Lapisan :
Campur  terigu, garam, telur, dan air hingga rata, saring jika perlu.
Celup udang ke dalam larutan tepung, angkat dan gulingkan ke tepung pangko, sambil  tetap di bentuk lebar seperti kipas hingga rata semua permukaannya tertutup tepung pangko.
Goreng udang hingga matang dan kecoklatan.
Sajikan dengan saus sambal atau tomat.


8 comments :

  1. Kemarin aq habis makan udang ini mbak, lagi pengen cari resepnya..eh malah langsung dapat. makasi ya :)

    Suka bakso gak mbak? itu aq posting di blog masak tempat bakso enak di semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Esti...selamat mencoba ya..Bakso..suka banget Mba..segera meluncur ke TKP..:)

      Delete
  2. Beberapa waktu lalu dapet udang gede2 bingung masaknya gimana, akhirnya asal goreng ajah baru setelah udangnya habis nemu resep ini hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah telat ya Mba Rahmi..nggak pa2..di simpan dulu resepnya..nanti kalau dapet udang gede2 lagi..di coba ya...enakkk...lebih irit ula.. sama2 udang 10 ekor..kalau di goreng biasa kan jadi dikitkeliatannya..soalnya kan mengeciltuch si udang..tapi kalau di goreng ini udah jadi sepiring lauk gede2..soalnya di selimuti dobel..adonan tepung sama tepung panir....hihi..*teori Mak Irit..*

      Delete
  3. Cantik bangeeeet udangnya.... bikin diriku ngileeeeeeeeeeeeeer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooook..bikin Mba Zulfa...mudah..dan renyahhhhh..hihi

      Delete
  4. Mbak ini belahnya gimana ya?melintang gitu di sepanjang badan udang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di belah aja jadi 3..kpn2 tak fotoin ya..jika aku buat lagi..:)

      Delete