Friday, June 14, 2013

Sawut Singkong


Dari pagi hujan...udara dingin. Yodha..susah sarapan mie goreng favoritnya..papinya sudah berangkat kerja lebih awal..karena ada meeting pagi2. Jadi ngak perlu bikin menu sarapan..karena aku kok lagi malas makan pagi..bosan mie goreng dan nasi goreng terus..kalau ngikutin selera Yodha..^^..akhirnya..nemu singkong di dapur..di bikin ini aja dech..*sawut singkong*. Enak di nikmati pagi2..dingin2 pas hujan gini..sambil minum teh poci gula batu..wah..serasa menikmati pagi di pegunungan di Yogya sana..hihi..lha..kan hawanya sudah mendukung..dingin dan hujan pula..cuma..suara bising mobil yang sliwar sliwer depan dan samping rumah yang nggak mendukung suasana..hihi..jadi menikmati sawutnya di  taman belakang saja.....sambil liat hujan..romatis..kan pagi2...hihi..lebay poll...ya teman2...cuma makan sawut aja heboh..hihi..

Sawut..adalah jajanan ndeso dari Yogya..biasanya di jual pagi2 oleh Mbah2 penjual aneka sarapan..bersanding dengan gethuk..tiwul dan gathot....semua dari bahan singkong..! Nggak tau sekarang masih ada yang jual nggak ya di pasar2 tradisional. Cara buat sawut ini sangat mudah..cuma butuh singkong..sedikit gula merah dan garam , serta kelapa parut untuk taburannya. Singkong di sawut..atau di parut kasar ..mungkin juga inilah mengapa di namakan sawut ya..karena di parut kasar ini cara buatnya. Singkong yang sudah di parut kasar ini..lalu di campur sedikit gula merah dan garam, lalu di kukus sebentar saja..sekitar 15 menit..karena kalau kelamaan tekture sawutnya jadi terlalu empuk..nggak khas sawut lagi nanti. Jadi..tekture sawut ini harus masih terasa sedikit kenyal2..dari singkongnya ya..itu yang paling enak dan menjadikan sawut ini unik rasanya..cobain dech teman2. Mau resepnya..oke ini dia..mudah saja kok..
Sawut Singkong

Bahan :
300 gram singkong , parut kasar dengan parutan keju yang lubang besar ya. atau parutan sayuran lain yang besar2 itu lho lubangnya.
50 gram gula merah ( Jika suka manis..boleh di tambah..aku sich suka yang *semriwing* saja manisnya..jadinya lebih gurih..^^ )
1/2 sendok teh garam
50 gram kelapa parut panjang, di kasih sedikit garam ya.

Cara Membuat :
Campur semua bahan2 di atas, lalu kukus selama 15 menit. Kukus juga kelapa parutnya ya..lalu sajikan sawut dengan taburan kelapa. Enjoy..!


10 comments :

  1. Meski berasal dri yogya... tapi aku yo ra ngerti panganan jawa, Mbak..
    Kelamaan di Jakarta, hidupnya dri kecil disini.. hehe..
    Sepertinya patut dicoba... selain donat, sawutpun jadi... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh ya wajar tho Mba Novia..kalau tinggalnya di Jakarta ya nggak ngerti sawut..hihi..kan di kota..kalau ini makanan kampung Mba..di jual oleh Mbah2 gitu biasanya..ider ( keliling kampung ) atau nge tem di pasar tradisional..bawa tenggok..terus jualannya gethuk..gathot..tiwul..dari singkong sema dech..hihi..

      Delete
  2. wah..ini jajanan masa kecilku mbak..jadi pengeen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..sama gethuk dan gathot biasanya ya di jual..hihi..ayo buat ..mudah sekali lho..^^

      Delete
  3. Mbak gerabahnya lucu amat ...beli dimana mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Klaten Mba Henny di daerah Wedi Mbayat..di sana sentra gerabah yang warna coklat gini..kualitasnya bagus..dan murah2 lho Mba..^^

      Delete
  4. Mb DD, itu kelapa parut yg buat ngurap singkongnya kelapa yang muda apa yang tua yah? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sedang sedang saja mba..hihi..kayak lagu ya..:D...bilang aja di pasar kelapa buat taburan jajanan:)

      Delete
  5. Siiip deh, besok insya Allah mau nyawut ria ah ^_^

    ReplyDelete
  6. Mba gula merahnya dsisir dly ato gmna?

    ReplyDelete