Saturday, June 29, 2013

Stik Talas Renyah




Teman2 sering beli atau makan stik talas yang gurih dan renyah..biasanya banyak ya di jual di supermarket atau di toko oleh2. Stik talas tersebut di buat dari umbi talas. Cara membuatnya pun sangat mudah..jadi..kita bisa membuat sendiri di rumah sebenarnya lebih enak karena..bisa di bumbuin sesuai selera..dan juga lebih murah. Kan talas murah banget ya di pasar..kalau beli mentah. Kalau kalau ada yang nanam talas sendiri..malah tinggal ngambil kan dari kebun..hihi. Nah..sebelum kita buat stik renyahnya..kita kenali dulu yukk stik talas ini.

Kadang kita suka merasakan gatal di leher ya ketika ketika kita memakan talas. Ya memang kata orang2 tua dulu..begitulah rasa khas dari talas..ada sedikit gatal2 di tenggorokan..hihi..jadinya malah khas rasanya. Tapi jika kita terganggu oleh sedikit rasa gatal tersebut bisa kok kita hilangkan atau kita kurangi. Untuk mengatasinya, cuci talas sebelum dikupas. Apabila talas dicuci setelah dikupas, maka lendir akan keluar dan menimbulkan gatal. Setelah itu talas di potong2 di rendam air garam. Talas sebenarnya dapat di nikmati begitu saja dengan cara di rebus atau di goreng, tapi paling enak memang di buat keripik atau stick talas. Selain itu talas yang di kukus juga bisa di buat kroket..campuran cake..dll.

Namun, sesungguhnya kegunaan talas tidak hanya sebatas itu. Tumbuhan talas ternyata memiliki berbagai khasiat obat. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, umbi talas memiliki efek farmakologis anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yang ada dalam tumbuhan ini adalah zat besi, kalsium, garam fosfat, protein, vitamin A dan B. Bagian yang bisa dipakai adalah daun, umbi, dan seluruh bagian  tumbuhan. Talas juga berfungsi mengatasi diare.

Orang tua dulu menghilangkan umbi talas cukup  di rendam air garam, nanti hilang gatalnya, karena rasa gatal pada getah talas dikarenakan adanya suatu zat kimia yang disebut zat Kalsium Oksalat. Zat Kalsium Oksalat tidak menimbulkan gangguan serius pada tubuh manusia hanya meninggalkan sedikit rasa gatal ketika kita mengkonsumsinya, karena itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Umbi Talas Sebagai Berikut :

  • Kupas umbi talas dari kulit luarnya.
  • Cuci bersih umbi talas selama kurang lebih 5 atau 10 menit hingga bersih.
  • Siapkan air yang telah dilarutkan garam
  • Rendam umbi talas selama kurang lebih 20 menit agar zat kalsium oksalat terikat.
  • Cuci kembali umbi talas dengan air bersih untuk menghilangkan garam mineral dan sisa endapan hasil pengikatan garam dan kalsium oksalatnya yang masih menempel pada umbi talas, dan umbi talas sudah siap diolah.
Wah..udah ya..cerita secara kimiawinya.hihi..sekarang back to cerita emak2 saja..cara buat stik talas ya..mudah saja :

Resep Stik Talas 

Bahan :
1 kg talas, cuci ketika bersih ketika masih berkulit.
Minyak goreng secukupnya
Air kapur sirih ( jika ada, jika tidak ya nggak usah )
Garam secukupnya untuk merendam talas

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
Garam atau kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat :
Kupas talas, potong2 bentuk stick sesuai selera
Rendam talas yang sudah di potong2 dalam air kapur sirih sekitar 20 -30 menit, tiriskan dan cuci bersih.
Lalu rendam kembali dalam air garam selama 30 menit  juga. Cuci bersih kembali dan tiriskan.
Jika ingin talas dengan aneka rasa taburan seperti keju, pedas dll..langsung di goreng saja tidak usah di bumbuin, tapi jika ingin talas yang gurih rasa bawang, tambahkan bawang putih halus dan sedikit penyedap seperti bumbu kladu bubuk jika suka.
Goreng hingga matang dan renyah.
Simpan dalam wadah tertutup  stik talasnya jika sudah benar2 dingin agar awet renyahnya. 



6 comments :

  1. dear mba,,,,
    apakah makanan ini bisa disimpan dalam waktu lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung menggorengnya Mba..kalau mba gorengnya di minyak banyak dan sampai benar2 renyah..ya bisa dong di simpan dalam waktu lama..:)

      Delete
    2. maaf cheff tanya perbandingan yang pasti antara talas dengan garamnya takaran tepatnya gmn ? tks

      Delete
  2. Hi mba diah..
    Punya saya stik ny kebanyakan patah2 krn talas itu kan rapuh bgt dy, gmn y mba cara ny biar g bnyk patah2 nya?

    ReplyDelete
  3. Hi mba diah..
    Punya saya stik ny kebanyakan patah2 krn talas itu kan rapuh bgt dy, gmn y mba cara ny biar g bnyk patah2 nya?

    ReplyDelete