Thursday, June 13, 2013

Otak Otak Kukus Ikan Tenggiri



Kemaren pas ke pasar..lihat ikan tenggiri masih segar  banget dan  besar2..langsung dech mupeng..yess..I love tenggiri..enak sich..diolah jadi apa saja. Kemaren belum kepikir sich..mau di buat apa..yang penting buat stock dulu di freezer. Eh...lalu Mak Ovie request buat di bikinin otak2..oke dech...pas benget punya stock tenggiri segar..dan juga suamiku suka banget otak otak ini..jadi aku buatin hari ini ya Mak Ovie..yukk..di simak step by stepnya ya ..moga2 jelas..^^..juga buat teman2 lain yang suka otak otak..silahkan mencoba juga.

Otak2 seharusnya langsung di panggang ya begitu jadi adonannya. Tapi aku kok rada males nyalain panggangan dari arang..jadinya..cara sesatku saja ya..kalau bikin otak2 pasti aku kukus dulu..biar matang dulu..baru dech di *bau bau in* sedikit bakaran..di panggang di atas kompor langsung atau di teflon..hihi. Rasanya..sama enaknya kok..dengan otak2 yang langsung di bakar. Yang penting komposisi adonan pas..ikannya lebih banyak jadi terasa gurih..dan tepung tapioka atau sagunya sedikit saja..jadi masih dominan gurihnya ikan tenggiri. Di cocol saus kacang pedas..hemm...yummy dech. Apalagi di kucuri jeruk limau yang fresh metik di kebun belakang yang lagi berbuah banyak..duh..seger banget dech jadinya saus otak2nya..^^

Oke..langsung saja..ini dia otak2 ala aku..bikinnya ribet dikit  ya teman2..tapi yang penting hasil akhirnya oke..ya kan..^^..simak resepnya ya..

Otak Otak Kukus Ikan Tenggiri

Bahan :
500 gram ikan tenggiri segar , setelah di fillet dan di ambil dagingnya..jadi 300 gram
75 gram tepung tapioka
1 butir putih telur
25 ml santan kental

Bumbu :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 - 1 1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
3 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh penyedap rasa ( boleh di hilangkan )
1/4 sendok teh merica

Cara Membuat :
Haluskan ikan tenggiri , campur dengan putih telur, santan dan bumbu halus. Mixer sampai lembut dan jadi adonan pasta ikan yang lembut. Jika ada food processor..bisa di pakai juga. Maksudnya adonan di mixer ini supaya lembut tanpa perlu penambahan air..beda sama di blender..yang musti pakai air supaya halus. Setelah pasta ikan siap..campur dengan tepung tapioka,  uleni sampai rata dan kalis..( liat foto ). Jika ingin tes rasa dulu sudah gurih atau belum, ambil sedikit adonan, lalu goreng sebentar, lalu cicipi..jika sudah pas rasanya..baru di bungkus dan di kukus. Jika belum..tambahkan bumbu sesuai selera..^^

Olesi daun pisang dengan minyak, ambil sedikit adonan, taruh di daun , lalu gulung dan semat ujung2nya. Lakukan hingga adonan habis. Kukus selama 20 - 30 menit hingga matang. Bakar di bara api sebentar. Sajikan dengan saus kacang.


Bahan Saus Kacang :


100 gram kacang tanah, sangrai,  kupas kulit arinya  ( jika malas..ya goreng biasa saja )
5 buah cabai merah
1 siung bawang putih
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
Jeruk limau atau jeruk nipis secukupnya
Kecap secukupnya
Cara membuat saus :
Haluskan kacang dengan cara di blender kering
Haluskan cabai merah dan bawang putih, tambahkan garam dan gula, serta kacang serta  tuangi air panas secukupnya. Aduk rata. Kucuri jeruk limau dan kecap manis..sesuai selera. Sajikan.

Yukk...sekarang simak step by step proses pembuatan otak otaknya ya..jika ada yang belum jelas..jangan sungkan tinggalkan komentar..^^
  •  Ikan Tenggiri segar..bahan utama otak otak..


  • Pasta Ikan yang sudah halus.
  •  Adonan yang sudah di campur bumbu dan tepung tapioka.
  •  Olesi daun pisang dengan minyak, supaya tidak lengket waktu membungkusnya.
  •  Ambil sedikit adonan, bentuk memanjang.
  • Gulung adonan di daun pisang dan semat dengan lidi kedua ujungnya. * Lihatlah tangan mungil assistenku..Yodha..pinter ya nggulung2 otak2nya..hihi *
  •  Nah..ini dia adonan otak2 yang sudah di bungkus semua..siap di  kukus.
  •  Otak2nya sudah matang nich..sudah di bakar juga..siap di cocol saus kacang dech..^^
  •  Siap di santap otak2nya..^^
  • Enjoy..!



25 comments :

  1. Maak..kita sama-sama penganut aliran sesat, otak2nya dikukus dulu, hihi. Setiap ke tukang sayur liat ikan tenggiri yg bagus, rasanya tangan gatel pengen bikin otak2, mpek2, somay, pangsit, tekwan...halah. Tapi ya itu, mikir waktu pembuatannya jd ga dibeli deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss..Sama dech Mak ^^..memang sich, kalau di bayangin sedikit ribet ya Mak..musti nguliti dan ngambil daging tenggiri dulu dll..bikin adonan dll..tapi kan sebanding dengan rasanya ya Mak yang gurih..jadi kalau aku liat tenggiri segerr di pasar..langsung..angkutttt..hihi...^^

      Delete
  2. mantaaaap...bikin ngiler berat :D....thanks for sharing ...
    www.indahnnuria.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Indah Nuria..sama2..mksh udah mampir..:)

      Delete
  3. Duh enak'e....
    Mbak,nanti kalo aku dsh plg Indo aku maen yah...habis tiap hari masak enak2..haha...Buka restoran donk Mbak, atau toko kue tradisional.trus dibuat sentra kerajinan dan oleh2, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ya Mba..silahkan lho..mapir di Semarang..anti masak sama2 kalau pas mudik ke Indo..wah..pengen sich Mba..punya restoran..tapi nanti jadi sibuk..nggak sempat motret2 lagi donk dan nggak bisa update blog..hihi..lebay ya Mba..Amin.moga2 Mba suatu saat nanti bisa punya restoran..kalau sudah puny modal ya..hihi..

      Delete
  4. alhamdulillah uenak bgt mba otak2nya,kmaren king fish lg diskon jd lgsg bl,hihi.. pgn bkn mpek2 adaan tp ebi lg langka*muter2 bbrapa supermarket lg kosong,hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah Mba Ninuk..jika sesuai selera ya..otak2 nya..:)
      Ebi..bisa bikin sendiri Mba..ada udang kan..tinggal di rebus sebentar..di kupas..kemudian di jemur sampai kering..jadi dech ebi..:)
      Skrg bikin siomay..batagor..dll dulu mba..yang bumbu kacang..enak juga kan..:)

      Delete
  5. wah harus nyoba ini juga nih...
    btw mbak, di tempatku ikan tengiri rada susah.. kira-kira diganti apa ya ikannya?
    ada sarankah? :)

    ReplyDelete
  6. yodha ikut bantuin mamanya masak..lucuu :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..kalau lagi mau..gt dech..suka bantuain di dapur..:D

      Delete
  7. Halo Mba Didi. Salam kenal. Aku suka liat resep2 dari Mba Didi krn langkah2nya jelas, pakai foto, plus penampilannya menggiurkan hehe. Aku sedang buat otak2 mba. Ada pertanyaan maaf ya Mba:
    1. Apa ikan tenggirinya enggak perlu dikucurin air jeruk dsb supaya gak amis?
    2. Proses pengalisan ikan, kalau2 enggak sampai kalis bentuknya kurang bagus kali ya Mba *tangan mau copot ngalisin adonan hihi*

    Segitu dulu mba hehe. Aku bikin kuahnya versi Bangka, pakai tauco gitu. Tapi kepedesan orang rumah krn aku kasih cabe kebanyakan hihi. Makasih banyak Mba sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu mba...ikan tenggiri ndak amis kok..beda ama lele..dll..gurih aja..gt..:)
      Pakai mixer mba.biar halus dan kalis..atau mau mudah lagi pakai food prossecor..:)

      Delete
    2. Halo Mba Didi. Ah sudah dibalas, makasih banget Mba :) Barusan coba goreng (utk tes rasa seperti anjuran Mba Didi) Alhamdulillah baca tipsnya jadi langsung disesuaikan rasanya. Dan bener, enggak amis ya^^

      Akhirnya kalis juga adonannya.. Saking kalisnya sampai enggak nempel di baskom (mudah2an bener begini semestinya hiks). Skrg sudah masuk dandang. Enggak tahu nih jadi atau enggak *fingers-crossed*

      Makasih lagi Mba tipsnya :)

      Delete
    3. Sipp Mba..semoga jadi ya..tenang aja..kalau belum sesuai selera..coba lagi sampai pas ya.:)

      Delete
  8. met kenal mbak, mbak boleh nanya itu 25ml santan kental nya gmn buatnya? thx. (wiwid)

    ReplyDelete
  9. Mb, mo tanya itu otak2 stlh dikukus dibakar pake teflon bisa kah? Aq ga py khusus panggangan :(

    ReplyDelete
  10. Mba kebetulan saya bru 4bulan pindah ke semarang dan alat2 membuat kue saya tinggal di jakarta,,klo ikannya sy haluskan menggunakan garpu saja apa bisa kalis adonannya? Makasi dan salam kenal sebelumnya mba diah

    ReplyDelete
  11. Mba diah santannya 25ml atau 250ml?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang dikit mba..klu byk nanti lembek :D

      Delete
    2. Makasih mba diah

      Delete
  12. Mbak, kalo ikannya di ganti pake ikan tuna bisa ga ya? Secara ikan tenggiri kan gede2 n lumayan mahal. Hehhehe.

    ReplyDelete
  13. Mbak,,maaf mau nanya. Resep ini jadiny dapet otak2 brp biji yaa mba? Rencana mw bikin otak2 dlm jumlah agak banyak pake resepny mb diah.tp bingung ngitung jumlah bahan2ny.mkasiih bnyk sblmny ya mb��☺️

    ReplyDelete