Wednesday, June 12, 2013

Kue Tradisional yang Unik dari Daerah Banyumas...Gelombang Samudra


Jawa..mempunyai aneka kue tradisional yang unik..dan sebagian sudah langka atau belum di kenal secara luas. Salah satunya adalah kue yang satu ini..kue Gelombang Samudra. Kue ini berasal dari daerah Banyumas. Kue Gelombang Samudra terbuat dari bahan utama adalah singkong dengan isi enten kelapa manis. Cara membuatnya sangat unik..karena setelah singkong di parut..di campur dengan garam dan vanili , lalu singkong ini di masak dengan cara di uapi air mendidih. Adonannya di tempelkan di tutup panci atau di piring dari alumunium atau blek..kemudian di tutupkan di panci yang sudah mendidih. Cara masak seperti ini mirip dengan pembuatan kerupuk singkong juga. Tapi kalau kerupuk singkong setelah adonan matang di jemur..lalu di goreng, tapi kalau Gelombang Samudra ini setelah matang adonan di isi enten dan di lipat segitiga. Siap di sajikan. Rasanya..tentu saja enak sekali..gurih dan manis..khas kue2 tradisional dari Jawa. Lebih enak lagi kalau isi entennya di campur dengan nangka..tapi sedang tidak musim nangka sekarang jadi cuma aku isi enten kelapa biasa. Tapi tidak mengurangi kelezatan kue ini. 

Jadi..mari kita perkenalkan kekayaan kue2 tradisional Indonesia teman2..dengan mencoba membuat sendiri di rumah..paling tidak mengenalkan ke anak2.atau keluarga kita tercinta, agar kue2 tradisional ini tidak hilang di gerus modernisasi zaman. Oke..silahkan mencoba di rumah ya..sangat mudah sekali kok cara membuatnya, bahan2nya juga murah dan mudah di dapat. Selamat mencoba...ini dia resepnya..^^


Gelombang Samudra

Bahan :
125  gram kelapa parut kasar
50 gram gula merah sisir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, dibuat simpul
50 ml air

Bahan Kulit: 
300 gram singkong parut
1/2 sendok teh vanili bubuk
1 sendok makan gula pasir dan 1/4 sendok teh garam
Pewarna merah muda secukupnya

Cara Membuat :
  1. Isi: campur kelapa parut, gula merah, garam, daun pandan, dan air. Masak sampai meresap sambil diaduk sampai matang dan kalis. Sisihkan.
  2. Kulit: aduk rata singkong, vanili bubuk, garam, dan pewarna merah muda. Sisihkan.
  3. Didihkan air dalam panci. Ambil sedikit adonan singkong. Ratakan di tutup panci atau piring dari blek Tutupkan ke panci yang berisi air mendidih. Biarkan sampai matang.
  4. Ambil selembar adonan. Beri isi. Lipat bentuk segitiga. Sajikan.
Tips : Isi enten kelapa, pilihlah kelapa yang setengah muda tapi tidak terlalu tua  ( sudah bisa di parut panjang )..agar entennya bisa cantik dan gurih rasanya.


Ratakan adonan tipis2 tapi rata di tutup panci atau piring dari blek seperti ini.lalu tutupkan di atas panci berisi air mendidih.


Bentuk adonan yang sudah matang seperti ini, tinggal di lepas menggunakan pisau..mudah sekali melepasnya.

Lipat adonan yang sudah di isi bentuk segitiga. Agar lebih mudah membentuk segitiga..kurangi sedikit kulitnya sampai berbentuk setengah lingkaran, lalu lipat ke kiri dan kanan, lipat dan tutup bagian bawahnya.


Kue gelombang samudra siap untuk di nikmati..^^




15 comments :

  1. baru tau ada kue gelombang samudra. Bagus bener namanya. Kalo kerupuk singkong seperti yang disebut diatas sudah sering makan. Kerupuk singkong seperti itu kalo aku nyebutnya Romeo, romantis ya hihi....tapi ada juga yang nyebut samier.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..banyak sebenernya kue2 unik dari Jawa nich yang belum terekspos..makanya satu satu nanti ku buat dech.. biar ikut melestarikan kue2 Jawa gt dan mengenalkannya pada dunia..hihi..

      Delete
    2. Oh ya..kalau sermier gurih rasanya ya Mba..aku suka juga itu..di kasih daun bawang merah yang banyak kalau di Yogya..enakkk..^^

      Delete
  2. yang paling atas eunak puolll mbak..hehe

    ReplyDelete
  3. Waahh..mbak Diah telten ya, dan selalu oke resep-resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Elvira..iya Mba..kalau bikin kue2 tradisional musti telaten..tapi sebenernya mudah saja lho Mba..ayukk di coba..^^

      Delete
  4. Unik banget mbak Diah cara bikinnya, kayaknya ada jg kue sulawesi yg mirip ini cara buatnya...tp lupa namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hesti..unik dan mudah ini buatnya..cukup di uapi saja di air mendidih..nanti matang sendiri..^^ Berarti memang cara bikin kue seperti ini di Indonesia banyak ya Mba..macamnya..cuma beda2 namanya saja..kalau di Yogya kue begini disebut kue Berdopo..cuma tidak di lipat segitiga..tapi di gulung langsung setelah di isi enten2 nya..lebih mudah mba..^^

      Delete
  5. wow, cara bikin kulitnya persis sama kyk bikin kerupuk opak di kampung waktu kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bener Mba Rika..bedanya cuma gurih ya kalau kerupuk Opak..sy juga suka itu..enakkk..^^

      Delete
  6. Ya ampuuun padahal ya gampang banget ya mba,,, kemarin saya sampai sediih banget deh pas buat ini,,,, hahahaha,,, trus saya ngelipat bentuk segitiga gitu ya ko susah bangeet,,, eh pas ngeliat gambar diatas,,, ternyata ngebentuk segitiga tuh mudah aja ya mba,,,, dari pinggir naruh isinya,,, aaaaahh senangnya hari ini,, heheh makasih banget ya mba Diah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..memang lebih jelas ya..klu ada fotonya..:)
      Aih..jgn sedih dong..kalau gagal pertama itu biasa..selanjutnya pasti lebih mudah..:)..semangat ya Mba..bikin cemilan yang di sukai suami..:)

      Delete
    2. Iya mba Diah,,bener2 belajar dari kegagalan,,, selanjutnya semoga g gagal,,, apalagi sudah ada gambarnya gini buat contoh,,, makasih ya mba Diah,,,, :)

      Delete