Wednesday, June 12, 2013

Nasi Goreng Babat Iso


Nasi goreng..menu praktis dan simple ..kalau lagi kepepet nggak ada makanan di rumah ya teman2 biasanya..tapi buatku ..menu ini hampir setiap hari aku masak..lha Yodha..itu pemakan nasi goreng sejati..kalau nggak suka lauk atau masakan yang ku buat misal karena pedas dll..pasti requestnya nasi goreng. Anehnya..kalau nasi goreng..walaupun pedas dia tetep mau makan dan lahap..hihi..aneh ya. Ya sudah..akhirnya kadang aku ikutan makan nasi goreng saja ngabisin porsinya Yodha..hihi. Masak nasi goreng..semua pasti bisa..dan setiap orang citarasanya akan berbeda2. Aku aja..kalau masak nasi goreng suka  beda2 rasanya..karena kadang aku suka nasi goreng dengan bumbu yang di ulek  semua..tapi kadang suka juga nasi goreng dengan bumbu iris..citarasanya jadi berbeda lho teman2..^^

Salah satu nasi goreng favorit kami adalah nasi goreng khas Semarang yaitu nasi goreng babat. Rasanya enak sekali..di setiap suapan kita menemukan potongan babat yang gurih. Nah..kebetulan tadi pagi aku beli pecel di warung pecel langganan..jadi liat babat dan  iso bacem yang besar2..langsung dech aku beli sekalian..jadi bisa buat stock bikin nasi goreng..dan..akhirnya..ini dia menu kami tadi..nasi goreng babat campur iso..yummy..^^

Nasi goreng kali ini aku pakai versi bumbu ulek dan ku tambahin sedikit terasi..jadi makin sedap dech rasanya..mau coba..yukk..cari babat dan iso bacem dulu di warung pecel atau warung Tegal ya teman2..daripada repot mengolah dan membersihkan babat dan iso sendiri..beli aja yang udah baceman..praktis..sudah empuk dan berbumbu..tapi jika tidak ada..babat dan iso mentahnya di rebus dulu ya sampai empuk..dengan sedikit garam, salam , laos..dan jahe..supaya tidak amis. Selamat mencoba..^^

Nasi Goreng Babat Iso

Bahan :
2 piring nasi putih ( nasinya harus pera / mawur ya..biar enak nasi gorengnya..)
1 potong babat dan 1 potong iso bacem ( beli di tukang pecel saja tadi ..hihi..)
4 siung bawang merah
2 butir bawang putih
Cabai merah 5 buah ( atau sesuai selera ya )
1/2 sendok teh terasi
Bumbu kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh
Garam secukupnya
Kecap manis 2 sendok makan  ( atau sesuai selera )
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Haluskan bawang putih, bawang merah, terasi dan cabai merah, sisihkan. Tumis bumbu halus  sampai harum dan benar2 matang ( biar nggak langu ) , sisihkan di pinggir wajan, lalu  masukan telur dan buat orak arik, lalu masukkan babat dan iso yang sudah di potong kecil2, awas..jangan sampai bumbunya gosong ya..^^. Masukkan nasi putih, dan bumbu bumbu lain..aduk aduk dan masak hingga bumbu meresap di nasi. Sajikan hangat dengan acar dan bawang goreng .Jika suka pedas.bisa di tambahkan irisan cabai rawit merah.

2 comments :

  1. babatnya bikin nggak kuku nih. Nasgor emang sip dikasih babat. Tapi disini nggak ada babat mateng, kalo ngerebus sendiri muales deh, lama banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Rina...lama dan kadang masih tetep alot ya..hihi..kalau merebus babat..makanya aku lebih suka beli di tukang pecel langganan..udah empuk..berbumbu dan kalau isonya..bisa gempi gt lho Mba..bahasa Jawanya..hihi..^^. Di sana nggak ada tukang pecel atau warung soto sapi yang jual babat iso ya Mba..?..Di sini banyak..penjual gudeg saja suka ada babat isonya..jadi kalau mau nas gor babat beli 2 potong saja..praktis..

      Delete