Thursday, June 6, 2013

Sarapan Yukkk.....Tahu Kupat Magelang



Indonesia...sungguh sangat kaya dengan keanekaragaman kekayaan kuliner ya teman2. Salah satunya adalah kuliner dengan bahan dasar ketupat dan tahu. Banyak sekali variasinya dan beberapa daerah punya ciri khas sendiri dengan menu kupat dan tahu ini. Salah satu menu tahu kupat yang terkenal adalah Tahu Kupat Magelang. Ciri khas Tahu Kupat Magelang adalah berkuah encer..segar ,dengan rasa dominan pedas, gurih dan sedikit manis. Tahu Kupat versi Magelang ini juga komplet isiannya...ada sayuran..kol..tauge, dan pelengkap yang tidak boleh ketinggalan adalah bakwan. Bakwan yang terkena kuah tahu kupat ini akan semakin lembut dan enak sekali rasanya. Jika mau spesial..bisa juga di tambahkan telur ceplok atau telur dadar..wah..tambah komplet gizinya kan teman2.

Di Magelang ada beberapa warung tahu kupat yang terkenal..antara lain..Tahu Kupat Pojok atau Pak Slamet dan juga Tahu Kupat Pak Sangat. Keduanya sama2 enak..bedanya kalau di tahu kupat Pak Sangat..kolnya bukan kol mentah , tapi di goreng terlebih dahulu.  Nah..buatku..aku suka tahu kupat versi Pak Pangat ini..karena kol yang di goreng sebentar..cita rasanya jadi lebih manis..dan enak..tapi jika mau kol segar..mampirlah ke tahu kupat Pak Slamet. 

Tapi..teman2 tidak perlu ke Magelang kok..untuk mencicipi seporsi tahu kupat yang segar..cukup buat sendiri saja di rumah. Mudah..dan rasanya sama enaknya..malah bisa di sesuaikan selera kadar manis dan pedasnya. Nah..buat yang mau coba..ini dia ya resep plus step by stepnya ya..cuma versi ringkasnya saja ya..maklum..belum ada yang bantuin motret..assisten kecilku..kadang mau bantu, kadang juga cuma ngerecokin di dapur..hihi..Selamat mencoba teman2..nikmatilah sepiring tahu kupat Magelang ini di pagi hari libur yang indah ini bersama keluarga tercinta...pasti seru..yukk...bikin...dia resepnya ya..^^

Tahu Kupat Magelang
Bahan-bahan :
2 buah ketupat siap pakai
50 gram kol, goreng sebentar, lalu iris
50 gram taoge, diseduh
1 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan
1 sendok makan bawang goreng untuk taburan
Pelengkap : Kerupuk kanji , bakwan dan telur ceplok

Bahan Kuah :
500 ml air
50 gram gula merah, disisir halus
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk purut dan 2 cm lengkuas, di geprek.

Bumbu Per Porsi:
200 ml kuah kecap ( secukupnya )
1 siung bawang putih ukuran kecil
1-2  buah cabai rawit merah
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan  kacang tanah goreng
Cara Membuat :
  1. Kuah: rebus air dan gula merah, dan rempah2 sambil diaduk sampai gula larut. Angkat dan saring. Tambahkan kecap manis dan garam. Masak sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Bumbu per porsi: ulek halus bawang putih, cabai rawit merah, dan garam. Tambahkan kacang tanah. Ulek kasar. Tuang 150 – 200 ml kuah. Ulek rata.
  3. Tata ketupat, kol, dan taoge. Siram dengan ulekan bumbu, bakwan, dan tahu. Tabur seledri, bawang goreng, dan kerupuk kanji.







 


17 comments :

  1. enak banget nih mba.... saya suka dengan sausnya.. kebetulan ada tahu di rumah jadi bisa di coba nih.. mksh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Zulfa...met coba ya..manis sausnya di sesuaikan selera aja ya..met liburan juga Mba..^^

      Delete
  2. sarapan pake tahu kupat bikin kenyang nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super kenyang mba Rina..aku aja biasanya cuma separo kupatnya ..tapi bakwannya banyak..haha..sama aja yach..^^

      Delete
  3. Aaaaakkkk kirim ke rumah saya, Maaaaaaakkkk.
    *ngiler setengah mampus ini*

    ReplyDelete
  4. Mak.. saya suka sama gambar terakhir dari postingan ini.. coba deh Mak bikin kayak gitu buat disimpen dulu di memory komputer. Trus dipisah-pisahin antara makanan utama, snack, sama minuman, daaaaannn nanti ditawarkan kepada penerbit buat diterbitkan jadi buku.. ^_^
    Resep sama foto masakan Mak Diah kan enak dan sedap dipandang mata. ^_^ Maaf kalo salah kata Mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Fitri..makasih..iya Mak..pengen bikin buku..tapi nggak tau cara ngajuin proposalnya itu dalam bentuk sudah jadi gini ya Mak foto2 dan resepnya tau baru ide..gitu Mak?

      Delete
  5. Mbak, bakwannya versi yg spt apa baiknya? Yg isi tauge, kol (tokolan, kubis *versi tiyang Jawi hehehe) dan wortel atau yg spt apa? Resep bakwannya sekalian dong.. matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas saja mba isinya..kalau seperti yang di jual2 sich isinya cuma kol atau kubis..hihi..sama daun bawang atau sledri..kalau aku ya kdg pakai tauge juga. tepungnya yang agak banyak. Jadi tipe bakwan yang empuk dalemnya tapi luarnya garing itu lho Mba..jadi nanti kalau di siram kuah jadi empuk dan kuah tahu kupatnya meresap ke bakwannya..^^..resep ada di search aja..pakai kata bakwan ya Mba..di sebelah kanan atas itu tombolnya..^^

      Delete
  6. akhirnya...muncul jg resep ini... kmrn pas mudik antri di pak slamet.. makasih sharing resepnya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Sama2..Eh sama..aku kemaren juga antri lho di Pak Slamet..hihi..eh tapi kalau resep yang ini versi yang Pak satunya Mba...yang kol nya di goreng dulu..kalau yang versi Pak Slamet yang kolnya mentah..^^

      Delete
  7. Mbak, waktu lebaran kemarin tante saya bikin tahu telur surabaya. Tante ngasih resep tapi ga ada takaran pasnya. Mak Diah pernah bikin? Kalau pernah, boleh dong resepnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu Telur Surabaya yang pakai petis ya kan Mba..kuah kacang juga?..Klu benar itu.udah pernah mba Yanti..nanti aku posting dech resepnya..klu bikin lagi..sgr ya..mudah kok..^^

      Delete
    2. Iya, Mbak. Pakai petis dan kuah kacang. Suami saya suka soalna jadi pengin belajar bikin :D
      Thanks ya mbak. Ditunggu resepnya :)

      Delete
    3. Ya Mba..ntar tak belanja dulu besok..hihi..murah kok bahan2nya..cuma tahu dan telur sama taoge..tadi aku pergi keluar kota..jadi nggak masak hari ini..^^

      Delete
  8. salam kenal mb diah didi.......saya orang magelang lho, memang maknyuss sekali ya tahu kupat ini, kalau ga salah ini model tahu kupat pak Pangat, ya bukan pak Sangat...hehehe...
    btw saya nyari2 bahan tahu kok ga ada ya, mungkin mbak lupa nulisnya? kira2 pake tahunya utk 2 porsi, 4 cukup kali ya...hahaha sambil inget2 maklum sudah jd perantau...
    thanks bgt atas resepnya mbak... :)

    ReplyDelete