Tuesday, June 25, 2013

Menu Untuk Anak..Cepat Dan Mudah..^^


Foto apa itu di atas ..hayo teman2..?..Puding telur ceplok yang lagi heboh dan nge trend kah?..Bukaaan..!! Itu beneran telur celpok kukus..hihi. Lucu kan cetakannya..dah lama punya..gara2 liat puding telur ceplok di mana2..jadi ingat kalau punya alat buat bikin telur ceplok kukus gini..dulu beli di box pernak pernik dari Jepang yang biasa ada di Carefour tuch..kan suka unik unik perlengkapan dapurnya. Nah..tadi iseng buat telur celok  kukus..gara2..tukang sayur nggak bawa apa2..udah kesiangan pula..di kulkas cuma ada telur dan tahu dari tukang sayur..akhirnya mikir dech bikin apa ya buat menu makan Yodha. Anak2 kan gituya teman2..maunya makan itu2 aja menunya. Akhirnya..jadilah menu..semur telur ceplok..hihi.^^

Yodha paling suka ya sop..nasi goreng..sayur bayam..mie goreng..perkedel..semur ..dll dech.Tapi menu yang Yodha paling suka adalah semur..apa aja..suka kalau di semur..dari mulai kentang..soun..ati ayam..sampai bakso aja kadang ku buat semur..doyan dia..hihi. Memang sich..enak ya menu semur untuk anak2..citarasanya yang gurih dan sedikit manis..serta tidak pedas..pasti nggak di tolak sama anak2. Nah..akhirnya tadi..telur dan tahu juga ku masak semur nich. Semur ini adalah jenis semur kental favorit Yodha..jadi nggak berkuah..semurnya di masak sampai bumbu mengental dan menyelimuti bahan yang di semur..jadinya gurih banget. Bumbunya bisa meresap dan kuah kentalnya itu enak buat lauk nasi hangat2 gitu. Yodha pasti lahap ..kalau makan pakai semur model gini..dan tidak lupa..mengacungkan jempol untuk Maminya..enakkk..katanya..hihi.

Nah..buat teman2 yang suka kehabisan ide menu anak2..silahkan di coba ya.Bahan semur bisa di ganti apa aja yang ada di dapur..bisa telur puyuh , kentang, ayam , ati, daging, dll...yang  penting semurnya di masak sampai kuah menyusut...jadi kayak di ungkep gitu. Membuatnya cukup mudah dan cepat saja..apalagi jika bahan2nya sudah empuk..kayak tahu dan telur ini..nggak perlu lama2 dech....siap santapp..^^
Mau coba..ini dia resepnya ya..^^

Semur Kental Telur Ceplok dan Tahu


Bahan2 :
3 buah telur ceplok atau telur rebus atau telur kukus yang di cetak pakai cetakan apa aja .
5 buah tahu goreng ( berkulit tapi dalamnya masih basah ), atau bisa juga dari tahu putih biasa yang di goreng sendiri dulu.

Bumbu2 :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
( Haluskan bumbu2 di atas )
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam / garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )

Cara Memasak :
Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga matang dan harum, lalu masukkan 700 ml air, masukkan bumbu2 lain, serta tahu dan telurnya. Tutup dan ungkep dengan api sedang sampai kuah mengental dan bumbu meresap. 
( Jangan lupa sesekali di aduk dan di cicipi rasanya sudah pas atau belum. Selamat mencoba.

6 comments :

  1. ohh bisa gitu yah Mbak, telur ceplok kukus. iyaah kirain tadi itu puding telor ceplok yg lagi rame dibahas di blog dapur emak2 gitu, ternyata beneran telor ceplok tapi dikukus. Mbak Diah ini bener2 kreatif, telor ceplok dikukus plus dibuat jadi semur pula.. mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Diah..iseng aja liat cetakan telur ceplok kukus yang lama ngganggur..nah buat yang suka puding telur ceplok..ini bisa di buat cetakannya..biar hasilnya bener2 mirip2 telur..^^

      Delete
  2. mbak didi kalau masak juga pake bumbu penyedap rasa masakan ya? pake apa mbak? oya masukin bumbu penyedap rasanya itu sebelum air mendidih apa setelahnya? btw, telur ceploknya cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mak Susan..tergatung masakannya Mak..kalau yang berkuah2 gitu memang sedikit pakai kaldu bubuk atau kaldu blok rasa ayam atau sapi..bukan penyedap MSG / micin ya..kalau kaldu blok itu dari daging yang di proses jadi bubuk dan di beri rempah2..contoh masako..maggi..gt Mak..:) ..klu masakan masuk bareng bumbu2 lain Mak..:)

      Delete
  3. Terima kasih atas resepnya, mau coba dulu...he..he..

    ReplyDelete