Saturday, June 22, 2013

Perkedel Jagung Irit Minyak..



Masih..lanjut uji coba alat snack maker double pan yang ku ceritain di sini tadi teman2..nah..tadi aku coba pakai untuk bikin perkedel jagung. Dan ternyata..bisa lho..buat nggoreng perkedel jagung dengan sedikit sekali minyak..jadi selain lebih irit juga, lebih sehat kan..nich liat hasilnya..jadi cantik juga kan perkedel jagungnya karena tercetak sama semua ukurannya di snack maker double pannya. Rasanya juga sama enaknya dengan perkedel jagung yang di goreng biasa pakai banyak minyak. Minyak yang di pakai cukup sedikit saja di setiap lubang cetakannya. Jika bener2 mau menghindari minyak..cukup di panggang saja kali bisa juga perkedelnya..jadi benar benar tanpa minyak..cuma kalau aku ya tetep pakai minyak tadi..cuma dikit aja..biar cepat matang perkedelnya.

Oke..jadi cocok juga kan ya alat ini buat berhemat teman2..nggoreng nggak perlu banyak2 minyak..dan misal  bikin talam gurih..kayak cara isi gitu juga bisa..selain buat bikin snack2 manis. Nanti kapan2 ku coba dech. Dan kayaknya akan semakin banyak lagi ide2 kue2 atau cemilan lain yang bisa ku buat dengan alat ini.
Yach..di saat mau dekat puasa dan Lebaran gini..harga2 bahan pokok di Indonesia kita tercinta ini..pasti mulai merangkak naik ya teman2..di tambah lagi kenaikan BBM..duch..ibu2 kayak kita ini pasti jadi pusing ya..ngatur duit belanja...hihi. tenang,..dengan sedikit akal..bisa makan yang enak2 dan tetap hemat kok..ikuti terus ya..dapur ala *Mak irit* ..hihi...nanti aku posting terus resep2 yang mudah dan murah meriah..tapi enak2..semoga..bisa setiap hari update resep ya..^^

Nah..mau coba perkedelnya..pasti semua udah bisa ya..bikin perkedel jagung..tapi nggak pa2 ya..ku tulis aja..siapa tau ada yang mau coba juga..perkedel jagung ala aku..dan jika tidak ada snack maker double pan..ya di goreng biasa aja..sama enaknya..^^

Perkedel Jagung

Bahan :
2 - 3 buah jagung manis, pipil tipis2, lalu ulek kasar
1 buah wortel, serut ( boleh nggak pake..ini cuma biar ada tambahan sayurannya aja buat Yodha..tapi rasanya juga tambah enak sich..ada manis2nya dari wortel perkedelnya )
1 batang daun bawang dan 1 batang sledri, iris halus
100 gram tepung terigu
50 ml air
1 butir telur

Bumbu Halus : 
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica  bubuk
1  sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya jika suka lebih gurih perkedelnya

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan bumbu halus.
Aduk rata.  Ambil sedikit adonan,goreng sebentar,lalu cicipi..rasanay udah pas atau belum. Jika masih kurang gurih, tambahkan bumbu kaldu atau garam sesuai selera.
Olesi snack maker double pan dengan sedikit minyak, lalu tuang adonan dan masak hingga matang sesekali di balik sisinya.Atau di goreng biasa  pakai wajan biasa. Sajikan

6 comments :

  1. hmm.. ngeliat aja dah enak.. berasa di mulut..
    ntar bikin ah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nova..silahkan di coba ya..bisa di goreng biasa kok..lebih garing..^^

      Delete
  2. nyammm nyaamm, saya suka perkedel jagung...

    btw, gak minat ikutan http://masakbarengyuuk.blogspot.com/ ada event bulanannya loh Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ..Mba Diah..aku juga suka..hihi.
      ..makasih infonya ya Mba..nanti tak ke TKP..^^

      Delete