Sunday, June 2, 2013

Sate Bacem Kulit Ayam


Kulit ayam..mugkin di pandang sebelah mata ya..namun jangan di buang lah ya..sayang..banyak juga kandungan gizi di dalamnya. Nanti aku ulas ya tentang si kulit ayam ini di tips cooking. Cuma sekarang aku mau kasih resep dulu salah satu olahan kulit ayam yang enak. Selain di goreng krispi pakai tepung ya...sate kulit ayam. Ini favorit Yodha. Gara2nya kalau makan ayam gorenga atau bakar dia cuma suka kulitnya saja..akhirnya aku buatin dech khusus buat dia kulit ayam saja..yang dimasak di bacem..terus di goreng bentar...kayak bikin ayam goreng bacem biasa..cuma ini bagian kulitnya. Biar tambah menarik dan semangat makanya..aku buat kayak sate gitu..

Nah buat teman2 yang punya anak kayak Yodha yang nggak mau ngunyah daging ayam..mungkin ini bisa jadi alternatif ya buat lauk anak2,...mereka pasti akan suka...lah empuk dan gurih sich..hihi..ini dia resepnya ya..

Sate Kulit Ayam

Bahan :
500 gram kulit ayam
1000 ml air kelapa
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/4 sendok teh ketumbar
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh bumbu kaldu ayam / garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri.Campur dengan air kelapa dan kulit ayam serta bumbu2 lain. Ungkep dengan api kecil hingga kulit ayam empuk dan air menyusut. Goreng sebeatar di minyak panas. Lalu potong2 kecil dan tusuk di tusukan sate. Sajikan.


10 comments :

  1. Replies
    1. Sipp Mba Lilik...sama dech..kita ya..di warung2 angringan juga ada ya Mba..sate kulit gini..^^

      Delete
  2. Mbak....air kelapa itu air kelapa muda itu tha? Beli kelapa muda nya trus diambil airnya ato beli airnya aja bs,ato gmn mbak?? Maaaf ms blm paham hehehe......thanks mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air kelapa tua aja Mba..kalau kita beli sebutir kelapa gitu di pasar kan mesti ada airnya tho..nah jangan di buang air kelapanya..taruh di plastik simpan di freezer..kalau sewaktu2 buat mbacem bisa di gunakan. Kalau mau fresh yang beli aja air kelapa di tukang kelapa di pasar ...banyak..500 rupiah aja boleh..kalau kita beli kelapanya malah di kasih gratis.hehehe..aku sering minta tukang sayur malah langgananku..kan mereka jualan kelapa juga..airnya selalu di kasih ke aku..daripada mereka buang...tak simpan di freezer buat stock..

      Delete
  3. mba slain kulit ayam, bs nya apa lg ya?

    ReplyDelete
  4. Ganti usus bisa..ati ayam ..bisa..atau cakar ayam..kepala ayam..sayap..dll Mba Laura..sesuai selera..^^

    ReplyDelete
  5. makasih resepnya mbak... udah dicobain cuma kulitnya kog gak seempuk yang di angkringan atau klo pas bikin sup kulit, apa krn kurang air ya? kemaren pake 250gr kulit, air kelapa 250ml.

    ReplyDelete
  6. Saya mengeksekusi resep ini untuk makan siang. Sengaja ga buat banyak khawatir keluarga kurang suka karena biasanya saya masak kulit ayam di buat goreng crispy saja. Tak disangka anak saya suka banget. Nambah makan nya sampai beberapa kali. Rasanya gurih, manis dan enak katanya.

    ReplyDelete
  7. Trim resepx mbak, mau ny. Kulit kan sdh dijdkn minyak. Kl tuk bacem kan gak perlu lm2 direbus pakai air kelapa

    ReplyDelete
  8. Trim resepx mbak, mau ny. Kulit kan sdh dijdkn minyak. Kl tuk bacem kan gak perlu lm2 direbus pakai air kelapa

    ReplyDelete