Monday, June 3, 2013

Tips Memilih Ikan Yang Segar


Untuk memasak ikan yang berkuah..seperti pindang bandeng..patin..dll..sarat utama agar masakan segar dan tidak bau amis adalah bahan utamanya ikan haru segar. Ikan Segar tidak harus masih hidup, tapi ada beberapa ciri khusus yang bisa kita liat jika kita ingin membeli ikan yang segar. Berikut aku kasih sedikit tips ya,..cara memilih ikan yang masih segar :
  • Pencetlah daging ikan, jika di tekan ikan yang segar masih kenyal, tidak lembek dan tidak berbekas, Bila di potong terlihat segar dan tidak kering. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar, biasanya ikannya sudah lunak dan kendur.
  • Badan ikan masih kaku, jika ikan tersebut masih segar, kalau ikan yang kurang segar biasanya badannya lembek.
  • Warna dan penampakan ikan segar berwarna mengkilap  dan cerah, sedangkan ikan yang sudah tidak segar lagi biasanya nampak kusam dan pucat.
  • Kita bisa juga melihat segar tidaknya ikan dengan cara membuka insangnya. Jika masih segar ingsang ikan berwarna merah segar dan mudah di pisah. Sedangkan jika ikan sudah tidak segar, maka warna ingsangnya coklat, lengket dan berlendir.
  • Mata ikan yang masih segar warnanya merah segar, bersinar, melotot dan tidak tenggelam,  sedangkan warna mata ikan yang sudah tidak segar lagi biasanya sudah keruh. 
  • Ikan yang segar juga tidak ada lendir, atau jikapun ada juga cuma sedikit, sedangkan ikan yang sudah tidak segar biasanya berlendir dan berbau.
  • Bau ikan segar biasanya khas..bau ikan ya...sedangkan bau ikan yang tidak segar lagi baunya busuk, amis dan asam.
  • Jika kita taruh di dalam air, ikan yang masih segar akan tenggelam, tapi jika ikan sudah tidak segar lagi..maka jika kita taruh di dalam air..maka ikan akan mengapung.
Demikian..sedikit tips memilih ikan ya teman2..supaya kita lebih berhati2 dalam membeli ikan. Memang ikan segar dan tidak rasanya juga berbeda..walaupun bukan di masak kuah..misal di gorengpun..rasanya akan berbeda. Semga bermanfaat ya sedikit tipsnya.

1 comment :

  1. mb didi..kalo ikan yg uda d lumuri air jeruk nipis, biar g amis...itu bs disimpan d freezer? atau harus langsug dimasak mb?

    ReplyDelete