Tuesday, June 4, 2013

Bakwan Daun Singkong


Sudah pernah makan bakwan daun singkong teman2 ?..Cobain dech..enak lho..^^. Cemilan ini dulu aku pertama makan pas di rumah Kakak ku di Yogya..pas lagi main ke sana di suguhi bakwan daun singkong gini. Aku suka..dan ternyata enak rasanya. Maka sejak dari itu aku sering buat bakwan ini. Daun singkong selain di sayur , memang enak di buat macam2 makanan teman2..selain bakwan daun singkong ini enak juga di buat rollade tahu..resep rollade tahu daun singkong udah pernah ku posting di sini.

Membuat bakwan daun singkong ini mudah banget kok teman2..ini aku kasih resep dan step by step cara buatnya ya..biar jelas sekalian. Yang penting ..menggoreng bakwan daun singkong ini harus terendam minyak ya..supaya matang sempurna sampai ke dalam2nya. Oh ya..bakwan ini selain enak di makan hangat2 sambil nyeplus cabe rawit, juga enak lho buat makan pecel..cobain dech. Oke..yang mau tau rasanya kayak gimana ayo..segera bikin ya..^^..ini aku kasih resepnya....

  1. Siapkan dulu bahan utamannya ya..yaitu 1 ikat daun singkong yang masih muda. Rebus dengan air yang di kasih sedikit garam ya..supaya warnanya tetap cantik dan hijau segar seperti ini. Atau bisa juga beli daun singkong yang sudah di rebus di pasar..cuma biasanya tua2 kalau sudah di rebus gitu daunnya.
 
  • Siapkan adonan tepungnya ya, terdiri dari 150 gram tepung terigu, 175 ml air, 1 butir telur, di kasih bumbu 1 siung bawang putih dan sedikit ketumbar, serta bumbu kaldu bubuk / garam secukupnya. Aduk sampai rata sampai jadi adonan yang sedang kentalnya ya. Kayak bikin bakwan biasanya dech.
  •  Masukkan daun singkong yang sudah di rebus ke dalam adonan ya.
  •  Aduk sampai rata.
  • Nah..adonan bakwan singkongnya sudah siap di goreng, sipakan dulu penggorengan, tunggu sampai minyak panas dan masukan satu sendok sayur adonan, lalu goreng sampai matang.
  • Matang dech..bakwan singkong siap di hidangkan. Di makan sebagai cemilan sama cabe rawit..atau buat lauk makan pecel..enakkk..! Selamat mencoba.......

2 comments :

  1. klo daun singkongnya tua gpp kan mbak ? td gak ada yg muda. stelah direbus sampek empuk diiris2 gak daunnya ? lalu msl gak pake telor apa jd ambyar ? suwun mbak....maaf borongan nanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..asal di rebus sampai empuk ya....terus di ris2. Nggak ambyar kok Mba..tanpa telur..cuma bikin bakwan empuk dan tambah enak aja kalau pakai telur gt..:)..Minyaknay terendam ya mba..biar matag sempurna..:)

      Delete