Wednesday, June 12, 2013

Roti Kepang Goreng Isi Pisang...Yummy dan Lembut Tekturenya..^^


Masih..dalam rangka memanfaatkan pisang kepok ranum2 sisa kemaren..barusan aku bikin roti goreng kepang isi pisang. Karena jika tidak segera di olah ..bakalan berakhir jadi pisang rebus itu pisang kepokku..hihi..keburu kematengan. Untuk roti2 an aku memang lebih suka roti versi yang di goreng daripada di oven..nggak tau kenapa..lebih enak saja buatku. Tidak membosankan seperti roti2 manis biasa. Mungkin karena lebih gurih kali ya..atau ada sentuhan rasa pasarnya..hihi. Yapp..roti goreng jadul ini kan identik dengan roti ala pasar ya teman2. 

Banyak variasi roti jadul begini..ada roti goreng isi kacang hijau..resepnya sama sich..cuma beda isinya..pernah ku posting di sini. Ada juga yang isi ayam gurih..dan satu lagi yang ku sukai adalah versi yang kepang isi pisang gini. Jadi..jika teman2 belum punya oven..siapa bilang tidak bisa bikin roti juga...cobalah roti goreng ini..rasanya..tak kalah enak kok dengan roti yang di oven. Malah..lebih gurih sich menurutku. Oke...buat penyuka roti2 jadul kayak aku..ayuukk..cobain ya..mudah kok membuatnya..aku kasih foto step by stepnya juga ya di bawah..biar lebih jelas..cuma harus telaten ya..kalau bikin roti..dari mulai ngguleni sampai menunggu adonan di fermentasi..semua membutuhkan waktu. tapi..kalau kita lakukan dengan senang hati..nggak kerasa kok..dan hasilnya..roti goreng yang lembut membelai lidah..tersaji hangat di rumah kita..^^..Selamat mencoba teman2..^^
Roti Goreng Kepang Isi Pisang

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Gula pasir 30 gram ( 3 sendok makan)
Garam ½ sendok teh
Susu cair 125 ml ( secukupnya sampai adonan kalis )
Ragi instan 2 sendok teh
Margarin 25 gram
Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Bahan Isi : Pisang kepok atau raja matang 10 buah

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan.
Masukkan kuning telur di tengah lubang.
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata.
Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selam 45 menit.
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil kecil jadi 10 buah
Diamkan kembali 10 -15 menit. Pipihkan dan kerat kedua sisinya.
Isi dengan pisang, pilin seperti kepang, lalu goreng hingga matang.
  • Adonan yang sudah kalis..siap untuk di fermentasi 
  •  Setelah di fermentasi selama 45 menit, adonan aka mengembang dua kali lipat besarnya
  •  Tinju dan kempeskan adonan untuk membuang gas yang ada di dalamnya.
  • Bagi adonan menjadi 10 buah bulatan kecil2..lalu diamkan kembali selama 10 - 15 menit. Jangan lebih lama..nanti terlalu mengembang adonannya.
  •  Tipiskan adonan, kerat sisi kiri dan kanannya.
  • Letakkan pisang di tengah2, lalu pilin seperti bentuk kepang. Ngepangnya sambil sedikit di tarik  ya adonannya..di sesuaikan dengan besar kecil pisang.
  • Adonan yang sudah di kepang..siap di goreng.
  •  Ini dia..hasilnya...roti kepang isi pisangnya..lembut banget tekturenya..di padu dengan manisnya pisang yang harum matang..jadi tambah legit dech..lebih enak lagi jika di taburi gula halus donat di atasnya..hemm..tambah enak..manis semriwing..sayangnya kok habis gula donatku. Tapi begini saja juga sudah enak kok..^^

  • Coba liat ini tekture dalam rotinya teman2..sangat halus kan..dan sangat lembut..jadi..ayo..segera di coba ya..^^



50 comments :

  1. haduh,, kapan ya bisa masuk dapur dan nyobain buat ini?

    ngiler banget,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ayuk Mak Novia..segera di coba..uenakkk banget lho..hihi..roti ala pasar gitu lho..cuma kalau buat sendiri kan lebih enak dan sehat buat anak2..krn pakai minyak yang bagus..^^

      Delete
  2. Maaaak, roti goreng isi pisang kegemaranku...apakah aku bisa buat? huhuuuu, Faiz yang pasti enggak sabar, kapan mateng? hehee

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...pasti bisa Mak Astin...Ayo Semangattt...bikinnya di sambi2 pasti cepat dech..pas nunggu fermentasi.sambil masak yang lain dulu..nah tau2..udah ngembang dech..siap goreng...mateng dech roti anget2 buat Faiz..^^

      Delete
  3. waaa....enak banget ini. Jadi ngeces...
    itu bikin roti sama njepret step by step dikerjain sendirian mb Diah ? Nggak pake asisten ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ma Rina..empuk lembut..

      Heeh Mba..semua sendiri..lha assistennya cuma Yodha..itupun moody banget..kalau lagi mau bantu yang mau sekedar pegang sendok atau nuang sesuatu di adonan lalu ku jepret..tapi kalau lagi sibuk dan keasyikan nonton Nick Junior..ya nggak mau bantuin dech..hihi..mknya step by stepnya..udah jadi aja..nggak pake proses keliatan tanganku mbuat sesuatu..hihi

      Delete
  4. Replies
    1. Hihi..makasih Mba Suria Riza..kalau mampir sini..sambil mkn aja Mba..biar nggak laperr...:D

      Delete
  5. Mbak,pisangnya gak usah dimasak/ditumis dulu ya? kalo di tengah pisangnya disisipin keju bisa ga Mbak?kayaknya kalau dikasih coklat/meyses enaaak banget deh,cuma kayaknya nanti pada meleleh ngotorin minyaknya karena kepangannya nggak rapet ya mbak..? Mumpung kemarin beli pisang kepok...tadinya pengen buat pisang kremes pandan,buka blog Mbak Diah kok ada resep ini...hihihi jadi berubah pikiran..."rini-pml"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bikin dua2 nya saja Mba Rini..biar komplet. Iya Mba..kalau di sisipin keju masih oke ya..cuma kalau coklat ya itu takut meleleh di minyaknya..bener bgt..^^. Pisangnya pisang mentah saja Mba..nanti pas di goreng dia akan mateng kok..nggorengnya api kecil saja ya biar nggak cepat gosong dan mateng sampai dalam2nya..cuma masukinnya pas minyak sudah panas.Met coba ya Mba..enak banget ini..^^

      Delete
  6. Waahhh enak iki mbaakkk pas ujan gini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Vitri candra..enak buat nge teh pagi2..ini saja aku buat kemaren..sampai pagi ini..tetep empuk dan lembut..silahkan di coba ya Mba..^^

      Delete
  7. gak ada stok pisang dirumah nie mbak :D
    nanti ke pasar dulu

    ngomong2 webnya baru tambah cuantik kayak yang punya ^_^ hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..ayukk ke pasar dulu..^^

      Ya Mba..makasih ya..lebih adem ya Mba blognya..biar betah yang main2 kesini..^^

      Delete
    2. ujan deres di mojokerto mbak ,,,

      hehe sing penting ndak banyak iklannya itu wis betah banget :D

      Delete
  8. Waaaahh roti goreng pisang mauuu, ijin cobain ya mbak Diah ^^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Elvira..silahkan..selamat mencoba ya...di tunggu ceritanya..:)

      Delete
    2. udah nyobain mbak Diah, enak cuman jadi bentuknya nggak bagus mbak, harus banyak ya minyaknya? akhirnya aku oven wahh jadinya enak juga mbak :)keponakanku suka, makasih ya mbak

      Delete
    3. Iya Mba Elvira..sama2..memang harus terendam minyak Mba pas nggoreng..wah..malah sehat itu di oven ya..tanpa minyak..sipp Mba..^^

      Delete
  9. mbak, saya dah nyoba ;)
    Pas banget tadi pagi beli pisang kepok. Thanks ya mbak resepnya. Enak dan mengenyangkan. Tampilan roti saya masih bagusan punya mbak Diah. Pengalaman yang bicara ya kalau soal tampilan. Hehehe....

    Ditunggu resep selanjutnya ya mbak :D yang ga pakai mixer dan oven. hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Hairi Yanti...yang penting rasanya dulu ya Mba..udah sesuai selera..Alhamdulillah..soal penampilan..pasti akan lebih bagus nanti jika sudah sering buat..Semangat ya....^^

      Delete
  10. Awe Diah, enak bener! Besok aku praktekkan. Ini roti kayak adonan donat ya? Bisa di oven ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp..bener2 enak Mama Obito..super lembut..karena pakai kuning telur saja..sampai besok hari nya juga masih lembut kemaren..selebihnya belum tau..lha mesti langsung bablas..2 hari saja..hihi. Adonannya mirip2 donat tapi hasilnya lebih lembut daripada donat..di oven..hemm..belum tau ya bisa apa nggak..aku belum pernah coba..mungkin bisa ya..tapi menurutku lebih enak di goreng..lebih kres..gitu lebih gurih juga..Selamat mencoba ya..^^

      Delete
  11. Makkk ini salah satu kesukaan saya, sudah agak2 susah nyari yang model kayak bgn, sekalinya ada rasanya kok ya, tidak membelai lidah :)
    #seperti biasa ijin nyontek resep ya Mak Diah Didi (padahal yang kue ku aja belum sempat di buat xixixixi) terima kasih banyak ya Mak :)

    ReplyDelete
  12. Iya Bunda Zahra..beneran..enak ini ..lembut sekali rotinya...membelai lidah..ayo buruan di coba...hihi..

    ReplyDelete
  13. Hari ini coba buat, lumayan sukses, hanya ketika di goreng kepangannya ada beberapa yang lepas, kenapa ya Mak? trus waktu mengembangnya juga lamaaa bgt, apa karena cuaca agak mendung ya? Halaaahh ini malah curhat ya. Zahra anak saya langsung habis empat loh, padahal waktu digoreng ini roti jadi ndut ya... makasih banyak ya Mak Diah Didi sudah berbagi resep ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak..^^..Berarti kurang di tekan2 Mak..pas ngepang jadi setelah selesai di kepang...sambil di tekan2 dan dirapikan ya kepangangannya..kalau perlu di *kunci*..dengan cara sedikit di cubit sambungannya..jadinya menyatu gt kedua ujung kepangannya Mak. Alhamdulillah ...kalau anaknya suka..Wah..jagoan tuch langsung habis 4..hihi..emang kalau di goreng jadi gendut2..tapi karena tekturenya lembut jadi makan byk juga nggak kerasa ya..beda sama roti yang tekturenya adat..mkn 1 anak2 pasti kenyang..^^

      Delete
    2. Oh iya..kalau mau cepat mengembang adonannya di taruh di tempat yang hangat ya..misal di dekat kompor ketika kita lagi masak yang lain..atau jika kepepet hujan atau mendung..boleh juga kita nyalain oven sebentar..terus matikan..nah..kita rasakan tuch pakai sensor tangan..dalamnya ove udah lumayan hangat belum..awas jgn panas2 tapi suhunya..hihi..tangannnya bisa kepanasan..pokoknya sampai di dalam ruangan oven hangat aja..lalu taruh situ dech adonan..tutup ovennya ..nanti mudah mengembang adonannya..^^

      Delete
  14. Alhmdllh Mak... sudah bikin yang kedua and berhasil, kepangannya bagus,ga lepas2 lagi. Terima kasih untuk resep dan tipsnya....
    #besok2 nyoba lagi ahhh resep Mak Diah Didi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mak ..emang harus gitu..coba lagi dan lagi sampai berhasil..sippp..^^..biar nggak penasaran dan suatu saat pengen bikin lagi hasilnya pasti udah bagus ya..^^..

      Delete
  15. Tepung protein tinggi bisa diganti dgn tepung lain g mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk roti2 an paling bagus tepung terigu protein tinggi Mba Andriany..biar bisa elastis adonannya..karena kandungan glutennya paling tinggi...^^

      Delete
  16. mba...makasih yaa resepnya & step by step fotonya daku jd makin kepengen bikin ni roti deh...hihihi...btw klo tepung protein tinggi itu merknya apa yah mba,bisa disebutin ngga?? truss takaran sendok teh itu sendok yg kecil2 itu kan yah hihihi...*minta pencerahan yaa...makasiiihh & salam kenal - farah -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Farah..salam kenal juga. Tepung protein tinggi itu contohnya..Bogasari Cakra Kembar mba..iya..sendok teh sendok kecil..kalau mau akurat beli aja sendok takar khusus kue yang ada di supermarket atau TBK..murah dari plastik udah 1 set biasanya dari ukuran 1/4 sendok teh sampai dengan 1 sendok makan. Jika kurang jelas...pakai tombol search di kanan atas..tulis aja aneka jenis tepung terigu ya Mba..nanti muncul postinganku tentang tepung komplet..Met coba ya..^^

      Delete
  17. Sy sdh coba resepnya tp disesuaikan dgn bahan yg tersedia di rumah kebetulan tep cakrax sdh habis kemaren wkt bikin kulit risol terpaksa pake tepung biasa aja kebetulan ada pisang raja yg sdh matang skali cocok buat bikin roti pisang... rasanya enaaak mba tp pisangx sy belah 2 takutx pas di goreng pisangx tdk masak... eh ternyata pas di mkn pisangnya emang 1/2 mtg.. lain kali pisangx dikukus sj dan separuh sy oven rotinya wah rasanya enak semua... :-) thx resepnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..silahkan..kalau mau di kukus dulu nggak pa2..pisangnya..tapi kalau gorengnya deep fry sebenernya mateng kok Mba..pisangnya..kan pisang raja yang udah matang cepat klu di goreng yach..takutnya ..kalau di kukus kelembekan..ntar malah susah di bentuk kepang..^^

      Delete
  18. Baru ingat mba tadi stok minyak goreng tinggal dikit pantasan pisangnya g mateng semua -:)

    ReplyDelete
  19. Pertama nyoba..hasilnya amburadul :)
    nyoba kedua tetep amburadul juga, selidik2 ee ternyata uleninnya kurang kalis :D
    mixer murah2an kira nyampai berapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm..kayaknya kurang lama aja nguleninya itu Mas..di coba lagi..sampai adonan halus..dan kalis..kalau di tarik dengan dua tangan kayak ada serat2nya gt. Kalau mixer roti..kayaknya nggak ada yang murah dech Mas..:)

      Delete
  20. Habis baca resep ini langsung saya coba, namun hasilnya kurang puas mungkin karena baru pertama kali, tapi dimakan tetap enak, 1 jam langsung habis di serbu sama anak-anak. makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba..sama2..coba lagi ya..pasti lebih bagus nanti hasilnya..:) Semangat...:)

      Delete
  21. hahaha favorit suamiku ini mbak,,,, pertama nemu resepny di blog mbk diah seneng buanget,,,, skrg bisa 3 kali dlm seminggu bikin roti ini,,,,, anehny suamiku gk bosan2,,,,padal sekali bikin lgsung 2 resep krna buat bekal ket4 kerja sekalian,,,,,,mksih buanget lho mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp itu Mba Dewi..aku juga suka nich roti jadul...hihi..sayange klu di rumahku cuma aku yang suka roti pisang..jadi nggak sering2 bikin...:D

      Delete
  22. Yuhuu...senengnya hati, pertama bikin langsung sukses, saat melihat adonan mengembang itu rasanya seneenng banget. Isiannya saya tambah keju slice 1/2 mbak, rasanya makin nendang.gurih kulitnya,lembut seperti yg mbak bilang, manis pisangnya dan asin keju. Kurang pedasnya,wkwkwk..ditaburin abon cabe aja ya mbak biar rasanya komplit.makasihhhh banget resepnya. Suka..suka..suka..moga mbak Di selalu sehat&sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba.....:) ikut seneng..hihi..kasih abon cabe seru ya..nano2 rasanya..:D

      Delete
  23. Mba sy cuma berdua sm suami drumah..bisa ga ya adonan rotinya dsimpan sebagian di kulkas..buat dgoreng esok harinya?
    Ќªl☺ dbikin smw takutny kebanyakan gitu mba..
    Ada tips nyimpen adonan roti dkulkas ga mba?

    ReplyDelete
  24. Lebih baik di goreng semua mba..terus jika udah dingin taruh wadah tertutup..simpan kulkas..kalau mau makan lagi di angetin bentar di oven..:)

    ReplyDelete
  25. Permisi mbak,, saya baru nyoba resep ny mbak Diah, tapi kok adonan ny g' mau ngembang y mbak? Apa kbanyakan margarin? Margarin ny d encerin atau yg padat aja mbak,, makasi ya mbak,, hehehe

    ReplyDelete
  26. lmyn suksess mb bkin roti kepang ini,,rotinya lmbut enak,,kenyang pokoknya mkan 1 aj,,cmn knp ya mb,,roti yg digoreng terakhir kepangannya pd lepas gtu, ga spt yg digoreng pertama,,bisa cakep2..lain kali mau dicoba di oven ajah.... thx + sukses sll mb DD -- bunda chera

    ReplyDelete