Monday, June 17, 2013

Beda Tepung Gandum Utuh dan Tepung Terigu

Tepung gandum..dan tepung terigu..bisa di bilang sama..tapi tidak serupa ya teman2. Kedua jenis tepung ini terbuat dari biji gandum, yang membedakan hanya proses pembuatannya saja.Nah..tapi2 di satu daerah kayak di tempatku di Yogya..tepung terigu itu sebutannya lainnya ya tepung gandum..hihi..salah kaprah sich sebenernya..karena tepung gandum itu berbeda dengan tepung terigu. Tapi tak apalah..kan itu cuma sebutan di suatu daerah ya. Nah..yang akan kita bahas sekarang adalah jenis tepung gandum utuh ( Whole Wheat Flour )

Tanaman gandum ( Triticum spp / wheat ) adalah salah satu jenis tanaman seperti padi yang biasa tumbuh di daerah beriklim subtropis. Gandum di gunakan untuk membuat tepung, pakan ternak, maupun di fermentasi untuk menghasilkan alkohol. Gandum merupakan salah satu serelia yang populer untuk bahan dasar pembuatan tepung. Sampai sekarang belum ada bahan pengganti gandum untuk membuat roti, dan makanan lain yang butuh pengembangan , karena dengan bantuan ragi, karena gandum adalah satu2nya biji2an yang mengandung gluten. Gluten adalah protein gandum yang tidak larut dalam air, mempunyai sifat elastis dan kuat seperti karet. Gluten inilah yang akan menjadi kerangka dari roti2 dan makanan lain yang beragi. Dan gluten ini syarat mutlak yang harus ada dalam pembuatan roti atau produk olahan lain yang memerlukan pengembangan adonan.

Gandum ada dua macam, gandum lunak ( soft wheat ) dan gandum keras ( hard wheat ). Gandum lunak proteinnya sedikit dan mutunya kurang baik, bersifat kurang elastis dan mudah pecah, sedangkan gandum keras sebaliknya mengandung protein yang lebih bayak dan mutu yang lebih baik, mempunyai sifat elastis dan tidak mudah  pecah. Melalui proses penggilingan akan di hasilkan dua jenis tepung, yaitu tepung gandum utuh yang hanya di buang kulit luarnya saja sehingga mengandung serat yang lebih banyak di banding tepung terigu. Sedangkan tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum bagian paling dalam yaitu bagian kecil dari inti biji gandum yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Tekture tepung gandum utuh kasar dan berwarna kecoklatan. Mengandung gluten kira2 13 %, kandungan seratnya 3 - 4 kali lebih tinggi daripada tepung terigu dan kandungan gizinya juga lebih unggul . Tepung gandum utuh ini sangat di anjurkan untuk diet..karena kandungan seratnya tinggi..jadi makan sedkit saja..menjadi cepat kenyang dan awet kenyangnya. Tepung gandum utuh ini juga bagus untuk penderita diabetes dan sakit jantung. Jadi..musti sering2 makan gandum utuh nich ya kita..biar lebih sehat ya teman2..selama ini kita belum terbiasa ya teman2..dengan olahan tepung gandum utuh..kapan2 aku mau bikin beberapa resep dengan tepung gandum utuh ini..^^..

Semoga bermanfaat ya..sedikit  info tentang tepung gandum utuh ini..yang aku rangkum dari berbagai sumber dan ahi gizi..^^

1 comment :

  1. mbak diah, ak mau tanya nih
    ak rencana mau bikin roti tawar gandum, eh ternyata ak salah beli tepung nya yg tang mien.
    apa masih bisa dipake buat bikin roti tawar gandum?
    kalo ngga, kira2 buat bikin apa ya mba? biar gak mubazir. he he hee ..
    makasih sebelumnya dan ditunggu balasannya mbak diah ^^

    ReplyDelete