Saturday, June 8, 2013

Sepiring Nasi Goreng Dhok Dhok Ala Abang Abang..di Nikmati Saat Hujan..Yummy..^^




Sore ini Semarang hujan deras..pas banget ya…kalau lagi santai di rumah sambil pesan Nasi Goreng dhok dhok ala abang2 yang sering lewat depan rumah..ada sebagian yang lumayan enak sich nasi gorengnya. Hemm..membayangkan harumnya bumbu nasi goreng yang di tumis di wok jadul, terus ada aroma telur yang di orak arik dan bumbu2 lain...sungguh menggugah selera..^^ Tapi..itu cuma hayalanku saja..lha wong abang2 nasi gorengnya ya mana mungkin lewat di hujan deras gini ya..hihi. Jadi..daripada berkhayal…lebih baik masuk dapur..racik2 sebentar..srang sreng goreng nasi bentar..jadilah..nasi goreng ala nasi goreng abang2 yang hangat. ..^^

Nasi goreng ala abang2 ini..ciri khasnya adalah ada potongan2 gandumnya, yaitu sejenis gorengan seperti bakwan tapi kosongan. Di potong2 kecil2..dan di campur ke nasi gorengnya. Kalau di Semarang ini di sebut gandum..kalau aku tahunya dari dulu ya kekian palsu..kayak kalau di buat cap jae ndeso gitu. Nah..biar otentik kayak abang2..masaknya juga musti pakai wok besi jadul gitu nasi gorengnya..karena da bau2 khasnya yang beda kalau kita masak pakai wajan biasa..^^..Sudah..akhirnya sebentar aja udah siap dech sepiring nasi goreng ala abang2 nya.

Oh ya..gandum campurannya juga aku buat special..karena ku campur udang halus di dalamnya..jadi rasanya tambah gurih. Memang enak sich nasi goreng ala abang2 ini..dalam setiap suap nasi goreng yang hangat berpadu gurih dan kenyal gandum / kekian palsu..atau irisan daging ayam..terasa pas menggoyang lidah. Yodha saja lahap sekali kalau makan nasi goreng yang ada gandumnya gini. Oke…teman2 mau coba nasi goreng ala abang2 teman2..yukks..segera ke dapur ya..masak bentar..jadi dech...nggak usah nunggu abang2 lewat...ini dia..aku kasih resepnya ya..ilmu terawangan sich..cuma sering merhatiin abang2 gitu kalau pas masak nasi goreng di gerobaknya gitu..tapi..hasilnya uenakk kok..tak kalah sama punya abang2 beneran..hehehe..Selamat mencoba.

Nasi Goreng Dhok Dhok Ala Abang Abang

Bahan :
1 piring nasi putih yang ambyar ya..jangan yang pulen
50 gram gandum / kekian palsu ( resepnya nanti ku posting terpisah )
Paha ayam goreng 1 buah, suwir ( atau sisa ayam goreng bagian lain )
1 butir telur
½ sendok teh bumbu kaldu bubuk ayam / garam sesuai selera
Merica bubuk ¼ sendok teh
Kecap manis 1 – 2 sendok makan ( sesuai selera )
Bawang goreng secukupnya untuk taburan.

Bumbu Halus :
Bawang putih 1 siung
Bawang merah 2 butir
Terasi ¼ sendok teh
Cabai merah atau rawit 2 buah
Pelengkap : Kol, Tomat dan acar ketimun

Cara membuat :
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum, dan benar2 matang, sisihkan di pinggir wajan..lalau masukkan telur, aduk seperti bikin orak arik sampai matang, lalu masukkan ayam suwir, gandum/kekian dan nasi putih. Masukan kaldu bubuk, merica dan kecap manis, aduk rata dan masak sampai matang semua dan bumbu meresap. Taburi bawang goreng .Sajikan hangat dengan irisan kol, tomat dan acar ketimun. 




10 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..ayo silahkan di cicipi Mba..Yanti..^^

      Delete
  2. Ciledug juga hujan ni. Paling enak memang makan nasgor panas-panas, hmmmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ya Mba..di sini juga sampai sekarang hujan..nas gor panas2 dan pedes..minum teh manis...Olala..indahnya dunia kita ya Mba..*dunia tukang makan..kayak aku ini..hihi*

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Halo mb diah....tinggal di semarang mana mb....aku di semarang jg.......

    ReplyDelete
  5. Mba Diah, menika taburanipun ngagem bawang menapa brambang nggih??

    ReplyDelete
  6. Mba diah salam kenal ya, enak bgt Aku Udah coba barusan mirip buatan Mami Ku xixi..sukses trus ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jk suka ya..san slm kenal juga..:)

      Delete