Monday, June 24, 2013

Kue Kering ..*Ampyang Kacang Coklat Jahe Oven*


Kue kering ini adalah salah satu kue yang bahan2 nya simple, pembuatannya sangat mudah ..tapi rasanya sangat istimewa. Tinggal campur2 semua bahan..lalu di sendokkan ke loyang dan di oven..jadi dech kue kacang coklat jahe yang sangat renyah..enak..manis dan gurih. Beneran..tadi sambil motret ngatur kue ..nggak tau dech berapa kue yang malah ku masukkan mulutku..alias ku makan..hihi. Kue kering ini juga favorit suamiku..nggak membosankan dech pokoknya buat dicemal2 cemil. Nah.mau coba..ini dia resepnya ya...ceritanya nggak usah panjang2 ya..soalnya mau bikin  kue2 kering  yang lain..^^..Selamat mencoba..
Ampyang Kacang Coklat Jahe 

Bahan :
500 gram kacang tanah kupas,oven sampai setengah matang , kemudian cincang kasar ( jika mau praktis, beli saja kacang tanah kupas yang sudah siap pakai , sudah di cincang kasar dan sudah matang di TBK yang memang untuk kue2 kering , jadi nggak perlu repot )
250 gram gula pasir
2 sendok teh coklat bubuk
1/4 sendok teh garam
2 butir telur
1 sachet vanili kecil
1/2 sendok makan jahe parut ( sesuai selera )

Cara membuat :
Aduk rata coklat bubuk, vanili, garam dan telur   ( jangan di kocok ya )
Masukkan gula pasir dan kacang cincang. ( adonan memang terlihat ambyar, tapi jangan kawatir, nanti akan menyatu ketika di oven )
Sendokkan adonan bulat pipih di loyang yang sudah di alasi kertas roti dan di oles sedikit minyak suaya nggak nempel dikertasnya pas matang, atau langsung di loyang yang di oles minyak juga bisa. Lalu panggang selama 30 menit disuhu 150 C. (sesuaikan dengan oven masing2 )
Biarkan dingin , lalu kemas dalam wadah tertutup. Mudah kan..^^


17 comments :

  1. Mb diah.. Sy kira ampyang (gulo kacang:istilah orang malang menyebut kue ini) trbuat dr gula merah mb.. Tnyt dr gula pasir putih yah? Pgn coba deh jadinya?

    ReplyDelete
  2. Kalau yang tradisional memang dari gula merah Mba Luluk..tapi rada susah bikinnya..kalau nggak telaten malah keras..nah ini modifikasinya saja..pakai gula pasir...karena di oven..jadinya renyah..enak banget...ada rasa coklat dan jahenya juga..dan yang jelas..bikinnya lebih mudah..^^..yukk di coba...suamiku aja doyan banget..bikin 1 resep..bablas dech sehari kemaren..hihi

    ReplyDelete
  3. Saya penggemar berat kue2 kayak gini mba.. bisa jd pengisi toples saat Idul Fitri nanti ni mba... kami tunggu resep2 cookiesnya yg lain y mba... makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Zulfa..emang enggak mbosenin ya kue2 yang klasik gini..suamiku aja habis setoples kemaren..hihi..^^

      Delete
  4. Oya mau nanya lg ni mb.. kue ini gak pake tepung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba..ini cuma kacang aja bahan utamanya..sama gula..coklat dan jahe..terus pengikatnya telur..udah..hasilnya ..renyah banget..enak..manis dan gurih banget..^^

      Delete
  5. Thx resepnya, ya.. bookmark dulu ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak..super gampang ini bikinnya..^^

      Delete
  6. gulanya halus ya?
    telurnya kuning saja, atau putih saja, atau keduanya?
    ma'kasih mba' Diah telah berbagi resep yang bermanfaat ini.
    =tiny=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gula pasir biasa Mba Tiny..telurnya juga telur utuh..buat pengikatnya..dan rasanya juga..jadi renyah sekali..^^

      Delete
    2. Trus, bubuk coklatnya yang van houtten atau yang biasa?
      =tiny=

      Delete
    3. Sesuai selera aja Mba Tiny coklat bubuknya..kalau Saya suka nya * Bendsdrop *..^^

      Delete
    4. Oke... siiip lah.....
      Nih langsung aku praktikkan
      Anak2 dan suami ngefans berat 'ama ampyang ini. Mereka ga' berhenti makan kalo ampyangnya belum habis.
      Tengkyu banget telah berbagi resep.
      Sukses selalu buat mba' Diah

      Delete
    5. Ya Mba..silahkan di coba..ini ampyang modifikasi tapi ya.kalau yang tradisional..pakainya gula merah..^^

      Delete
  7. terima kasih banyak sudah share resep ampyang oven, semula saya bingung karena udah lupa & dokumen resep ampyang ini hilang entah kemana. saya pernah produksi ampyang ini beberapa tahun yang lalu.

    sekali lagi terima kasih banyak & maaf kalo saya copy & paste resepnya...karena mau produksi lg nih....

    Many many Thank's a lot's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Hansdoko..sama2..selamat usaha ampyang lagi ya..dan semoga sukses..:)

      Delete
  8. Mba, baru aja bikin ampyang ini, enak bgt rasanya , tp agak kurang berasa jahenya mungkin kurang banyak ya sy nambahinnya. Kalo orang sunda nyebutnya noga... makasih mba resepnya...

    ReplyDelete