Tuesday, October 9, 2012

Sate Jamur A la Warung Jejamuran Yogya




Buat yang suka aneka masakan dari  jamur..pasti pernah donk ke Warung Jejamuran di Yogya..yang menyediakan berbagai menu dari jamur. Salah satu menu andalannya adalah sate jamur tiram..rasanya enak banget..lebih enak dari sate ayam lho...jadi makanan sehat dan enak...salah satunya ya sate jamur ini...
Mau buat sendiri...ini dia resepnya...resep nya dari Warung Jejamuran lho..yang di share via tabloid koki....jadi rasanya otentik...sama dengan aslinya..cuma..memang yang paling susah adalah nusukin jamur ke tusukan satenya.....belum bisa rapi kayak aslinya di warung jejamuran..hihi..tapi yang penting rasanya sama dech..yang mau bikin sendiri sate jamur juga.....selamat mencoba...

Sate Jamur Ala Warung Jejamuran Yogya
Bahan :
Jamur tiram 300 gram, cuci , rebus sebentar dan potong2
Kacang tanah 250 gram
Kecap manis 3 sendok makan
Air panas secukupnya
Air jeruk limau 1 sendok the
Tusuk sate
Bumbu :
Bawang merah 4 buah
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Cabai rawit merah 5 buah
Garam secukupnya
Pelangkap:
Kol, tomat dan ketimun, cabai rawit dan bawang merah mentah, di iris2
Cara membuat :
Haluskan bumbu2, masukkan kacang tanah yang sudah di blender halus, aduk rata.Tuang air, kecap dan air jeruk limau.
Ambil tusuk sate, tusukan jamur. Olesi dengan bumbu kacang hingga rata, lalu bakar hingga matang, sambil di oles2 bumbu kacang sesekali.
Sajikan hangat dengan sisa bumbu kacang dan pelengkap lainnya.


6 comments :

  1. mau nanya ni, itu jamurnya sebelum dibakar di godok dulu pakai air, ap nggak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas..itu udah ada keterangannya kan di bahan..jamurnya di rebus dulu sebentar..terus di suwir2..selamat mencoba ya..^^

      Delete
  2. kacang tanahnya digoreng dulu atau lgsg diblender dlm keadaan mentah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di goreng dulu dong atau di sangrai juga bisa, terus di blender kering sampai halus..^^..kayak bikin sambal pecel itu lho..^^

      Delete
  3. Haluskan bumbu2, masukkan kacang tanah yang sudah di blender halus, aduk rata.Tuang air, kecap dan air jeruk limau >> bumbunya mentahan?

    ReplyDelete
  4. Mbak,
    Boleh nanya yaaa...
    Itu bumbunya bener pakai bawang merah mentah dihaluskan?

    ReplyDelete