Wednesday, February 1, 2012

Roti goreng isi kacang hijau

Setelah sukses menemukan resep donat kentang dan ubi yang enak..dan lembut....proyek baking selanjutnya yang harus di taklukkan adalah roti goreng. Aku suka roti goreng jadul yang isi kacang hijau. Sayangnya sekarang udah jarang yang jual ya. Makanya harus bisa bikin sendiri.
Dengan penuh tekad tadi bikin ,walaupun cuaca mendung tak mendukung...untuk ada cara ampuh untuk bikin adonan ngembang sempurna..dan .berhasil..berhasil..bahagianya hatiku melihat adonan yang mengembang sempurna dan mulus..halus..enak banget buat di bentuk bentuk...soalnya kadang kalau bikin donat suka lengket2..hehehe..tapi ini tadi..sempurna..dan begitu mateng hasil rotinya juga memuaskan..lembut dan berserat halus. Pas masih hangat gitu teras kres di luar dan lembut di dalam. 
Recomended dech resep ini..makanya cepat2 ku post..biar tercatat. Ini dia resepnya....

Roti Goreng Isi Kacang Hijau 

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gram
Gula pasir 30 gram ( 2 ½ sendok makan)
Garam ½ sendok teh
Susu cair 125 ml
Ragi instan 2 sendok teh
Margarin 25 gram
Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Bahan Isi : Kumbu kacang hijau secukupnya.

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Buat lubang seperti sumur di tengah adonan.
Masukkan kuning telur di tengah lubang.
Tuangi susu cair sambil di uleni hingga rata.
Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis.
Diamkan adonan selam 45 menit.
Buang gas dalam adonan, bulatkan kecil kecil.
Diamkan kembali 10 -1 5 menit.
Isi dengan kumbu kacang hijau,lalu goreng hingga matang.

Ini dia penampakan adonan sebelum di goreng...


Ini matengnya ...



18 comments :

  1. cara membuat Kumbu kacang hijau secukupnya.

    gimana yahhh

    ReplyDelete
  2. Mba Arin...cara buat kumbu biasa aja..kayak bikin buat isian onde2 itu lho Mba..Bahan isi :

    250 gram kacang hijau kupas (aku pakai kacang hijau kulit..enak juga )

    150 gram gula pasir

    1 lembar daun pandan

    ½ sdk teh garam

    200 ml santan dari ½ kelapa

    Cara membuat :

    Isi : rebus kacang hijau sampai agak lunak dan kering,tambahkan santan,gula pasir,daun pandan,garam. Masak sambil di aduk sampai kalis.Angkat,dinginkan.

    ReplyDelete
  3. Salam Kenal mb Diah...wah roti goreng isi kacang hijaunya sangat menggoda..^^, mb ijin cobain ya resepnya. kangen sekali, dulu sewaktu masih SD aku suka sekali membeli roti goreng ini. terimakasih mb Diah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Room Vi..selamat mencoba ya..semoga sesuai selera..^_^

      Delete
  4. Mak Diah, maksudnya buang gas dalam adonan itu diapain ya? Didiemin aja gitu? Kalo diisi coklat jg bisa kan ya mak? Maaf banyak tanya. Ini lg BW karena anak saya habis typhus kudu bawa camilan dan makan siang sendiri ke sekolah. Makasih ya mak cantik ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah di fermentasi kan adonan rotinya jadi mengembang dua kali lipat Mak Ririn..nah itu karena adanya gas di adonan..nah caranya membuang gasnya..mudah sekali..cukup di tinju pakai tangan..nanti adonan akan mengempis..dan gasnya hilang..:)
      Isian boleh di ganti apa saja Mak..coklat..keju..pisang..selai..dll..:)

      Delete
  5. Salam kenal mbak Diah, aku udah coba bikin tapi isinya aku pakai daging ayam cincang & wortel, tapi ada sedikit masalah nih mbak, beberapa dari adonan roti yang sudah saya isi terdapat semacam retak dibagian sambungannya, seperti tidak mau menyatu adonannya, waktu digoreng rotinya jadi ketawa deh, bagian yang retak jadi tambah besar akhirnya isinya bocor, kira2 solusinya bagaimana yaa? Trims sebelumnya mbak Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Aldo..( Bener mas kan ya..:D )..salam kenal juga ya.
      Kalau adonan lepas ketika di goreng..itu berarti kurang kuat menekan adonan sambungannya Mas. Jadi harus agak di tekan2..di satukan ujung2nya ya..sampai benar2 menyatu.

      Delete
  6. mbak diah...maaf keluar dari tema...ini mbak kalo bolang-baling gimana ya mbak resepnya...kemarin aku nyoba bikin belum berhasil mbak...huhuhu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah coba Mba Lupna..tapi kalau resep donat praktis aku kasih wijen atasnya pernah..rasanya mirip bolang balig juga..:)

      Delete
  7. Mbak diah klo ragi itu kan yg untuk membuat tape itu kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mba..itu ragi tape..kalau ragi instan buat roti itu kayak merk fermipan gt..:)

      Delete
  8. Aku kirain sama mbak hehe:) ,mbak diah klo boleh minta pin BB nya dong,biar bisa sharing ttg roti.hehe

    ReplyDelete
  9. Mbak kl susu cair itu yg gmn ya. Mksdny biasa dijual dmana ya? Apa susu murni gt?

    ReplyDelete
  10. Susu low fat dr susu ultra atau susu bubuk dencow dicampur air sesuai resep.. yang biasa di pake buat roti

    ReplyDelete
  11. Pakai tepung serba guna boleh, buk?

    ReplyDelete
  12. makasih mb..aq dah coba resep ny dan berhasil garing diluar empuk didalm putri kecilq suka bgt

    ReplyDelete