Friday, January 20, 2012

Donat Kampung

Biarpun sekarang lagi marak dan tren donat2 empuk A la Jco dengan berbagai toping warna warni dan isian yang menggoda..tapi donat kampung tetep paling enak sedunia..menurutku lho....hehehe. 
Rasanya ..Indonesia banget, dengan penyajian yang minimalis, cuma dengan di selimuti gula halus..udah enak banget. Tidak membosankan seperti donat2 yang bertoping coklat yang cantik2. Sangat Indonesia juga karena terbuat dari campuran terigu dan kentang kukus , sehingga rasa donatnya empuk , tapi tetep ada  tekture khas donat atau roti goreng yang padat gitu , beda dengan donat donat a la bakery yang cenderung seperti  roti biasa.
 

Buatnya..gampang saja , ini dia resepnya :

Donat Kampung
bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram kentang kukus, haluskan
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
100 gram gula donut, untuk taburan
minyak padat untuk menggoreng

Cara Pengolahan :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan kentang. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
  5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Dinginkan. Masukkan ke kantong plastik. Tambahkan gula donat. Kocok-kocok sampai teraduk rata.

16 comments :

  1. mba, kalo pake mixer kira2 bagus n kalis ga ya adonannya? soalnya saya lagi hamil ga kuat banting2 adonan lama2, hihihi tapi kepingin bgt bikin donat... saya ada nya mixer phillips biasa, kalo sekiranya bisa, pake pengocok yg spiral apa yg biasa itu mba? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sayang mixernya Mba Elsa..kalau hand mixer di buat adonan donat kadang bisa jebol ntar Mba..knp nggak buat donat yang mudah aja..yang nggak perlu di uleni..rasanay enak juga..liat resepnya di sini ya : http://www.diahdidi.com/2013/11/resep-donat-mudah-enak-praktis-dan.html

      Delete
  2. Yesss,,, besok saya mau bikin ini mbak,,, sudah beberapa hari ini di tagih janji sama Ail untuk bikin donat,,, soalnya dia doyan banget sama donat,,, hehehe... makasih mba resepnya,,, bahan2nya gampang ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..moga sukses ya..awas..jangan di tggl jalan2 lagi ya pas fermentasi..hihi..biar nggak over proofing :)

      Delete
    2. Iya mba... ini saya dah ingat2 lagi waktunya... didiamkan berapa menit2nya hehehe... mba tapi aku g punya susu bubuk... nekat aja bikin. Semoga tetap enak rasanya...

      Delete
  3. Halo mba diah, salam kenal.
    adonan donat ini bs di inapkan ga 1 malam di kulkas? Dan 15 gram susu bubuk itu setaraa dgnbrapa sendok ya ?
    trrima ksh sebrlumnya , safitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa mba..nanti asem..:)
      15 gram kira2 ya 1 sendok makan munjung..:)

      Delete
  4. Mbak ada tips nggak gimana caranya mengangkat adonan donat yg siap digoreng biar tetep bulat cantik walaupun hrs diangkat pake tangan. Soalnya aku liat donatnya mbak diah tetep bulat cantik gtu,klo aku pasti deh bentuknya gak karuan.

    --Emma,Ntb--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..kuncinya harus cepat mba..membentuk donatnya..jadi nggak terllau lama antri di goreng. Kalau kelamaan kan dia ngembang terus karena fermentasi jalan terus..jadi suka pneyok2..hihi

      Delete
  5. mbak kalau donatnya ga pake kentang gimana yah?

    ReplyDelete
  6. Hay mba DD.. aq sellu aj nyontek resep2 yg mba tulis loh.. hhi
    Aq jga dah nyobain resep donatnya.. Alhmdllah berhasil. Dan rasanya g usah diragukan lgi. Sampe nagih mw makan trus klo donatnya blum di umpetin hhe. Thx y mba..

    ReplyDelete
  7. Kentang tdk bisa dicskip karena yang membuat donat empuk ya kentang

    ReplyDelete
  8. Kentang tdk bisa dicskip karena yang membuat donat empuk ya kentang

    ReplyDelete
  9. sudah beberapa hari ini di tagih janji sama Ail untuk bikin donat,,, soalnya dia doyan banget sama donat,,, hehehe

    ReplyDelete
  10. ada tips nggak gimana caranya mengangkat adonan donat yg siap digoreng biar tetep bulat cantik walaupun hrs diangkat pake tangan

    ReplyDelete
  11. Waktu itu pernah lihat di youtube, donatnya ditaro diatas kertas roti, digorengnya sekalian masukin sama kertas rotinya, nanti kertas rotinya klo sudah masuk minyak lepas sendiri....jd donat nggak penyok2 deh....

    ReplyDelete