Friday, May 31, 2013

Rollade Tahu Daun Singkong


Wua..nggak terasa udah jam segini..baru sempat nengokin dan update resep di blog tercinta..hehehe..dari pagi sibuk bikin cake dan kue..karena ibu2 temen sekolah Yodha pada mau mampir ke rumah. Nah..karena semua kue2 udah siap..jadi tinggal nunggu teman2 datang..masih sempat nich update resep baru..tapi yang simple aja nich resepnya..biar cepat..sapa tau bentar lagi teman2ku pada datang. Kali ini aku kasih resep baru buat lauk bisa..buat cemilan juga bisa..yaitu Rollade Tahu Daun Singkong. Yach..resep simpel dan gampang aja sich..mungkin di supermarket juga banyak yang jual ya..rollade seperti sudah siap goreng..cuma..kalau aku tetep lebih suka bikin sendiri..karena lebih enak dan gurih.

Rollade kali ini memakai campuran daun singkong dan tahu. rasanya unik..enak dan gurih. Daun singkong sebenernya bisa di olah berbagai macam makanan lho teman2..selain di sayur. Enak di buat bakwan..rollade gini atau di buat keripik..nah baru dengar kan tentang keripik daun singkong..nanti aku kasih resepnya juga ya di postingan lain. Kali ini rolladenya dulu ya. Setelah di kukus dan di potong2..rollade tahu dan daun singkong ini bisa di goreng dengan di celup kocokan telur atau di celup adonan tepung seperti mendoan gitu. Semuanya enak..tinggal di sesuaikan selara teman2 aja. Jangan lupa ..pilih tahu yang bagus ya..supaya tidak asam rasanya..tapi jika pakai tahu pasar biasa ya nggak pa2..rebus dengan sedikit garam sampai mendidih..nah itu akan mengurangi aroma asam pada tahu putih . 

Oke..buat yang suka tahu..ayo di coba ya..ini dia resepnya..^^
Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
300 gram tahu putih
100 gram daun singkong rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
Bawang putih 1 siung
Kaldu bubuk rasa ayam 1 sachet kecil / garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Haluskan tahu, campur dengan bawang putih halus dan bumbu2 lain. Tambahkan telur, aduk rata.
Ambil selembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2 dan celupkan ke kocokan telur. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.


16 comments :

  1. ini sih enak banget mb Diah. Dulu aku pernah tinggal di Bawen selama 5 thn, suka beli rollade daun singkong mbak. Enak banget gorengan yang satu ini. Sempat heran ada gorengan dengan nama yang sama tapi beda bentuknya. Buntutnya kok ketagihan ya, hihi...

    ReplyDelete
  2. Wah..deket Semarang tuch Bawen Mba Rina..iya..gorengan Jawa yang enak ini..kadang kalau nggak punya tahu..daun singkongnya aja pun enak lho Mba di buat bakwan..hihi..dasar aku tukang makan..enak semua ya Mba..^^

    ReplyDelete
  3. jadi laparr, pengen coba buat juga aah, makasih resepnya yah Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Sama2 Mbak Diah..met coba ya...hihi..sama ya namanya..toss..^^

    ReplyDelete
  5. kayaknya gampang.. coba ah.makasih ya resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Ade..gampang kok..kalau males nggulung2..di campur semua terus di bentuk kayak lontong dan di kukus gitu juga sama enak..cuma di iris2 dulu daun singkongnya kalau langsung di campur semua..^^..met coba..mksh udah mampir ya..^^

      Delete
  6. mak diah jangan kasih resep aja dong, sekali2 kirimi kita hasil resepnya, lapar nie lihat blognya, hehehhehehe
    makasih ya mak resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Lisa..seandainya KEB ada *kopdar kopdar an*..pasti ku buatin Mak....tapi khusus area Semarang ya..hihi

      Delete
  7. merangsang sekali lihat fotonya mak pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Tizara..enak dan gurih..gorengan kampung ala Jawa Tengah ini..^^..mksh ya udah mampir..

      Delete
  8. huaaa mau coba ah.. nampaknya mudah. hehehe

    ReplyDelete
  9. Ya Mba Quinie..silahkan di coba..jangan lupa pas nggulung rolladenya di alasi plastis ya biar mudah..^^

    ReplyDelete
  10. Hemmm enak buangett kayanya.. Mba klo pke alumunium foil boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang enak Mba..^^..iya..bisa pakai alumunium foil..di ikat / di plintir kuat2 ya ujungnya..biar cantik bentuknya..met coba ya Mba....^^

      Delete
  11. Mbak mau tanya, itu daun singkongnya setelah diperas ditaburi garam? gitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nouru..bener..sambil di remas2 juga..jadi biar ada rasanya juga daun singkongnya..nggak anyep gt lho Mba..:)

      Delete