Google Ad

Tuesday, June 24, 2014

Tips Menghemat Waktu Memasak di Bulan Puasa


Wah..nggak kerasa,..minggu besok udah puasa ya teman2..buat yang menjalankannya. Nah..pasti kalau bulan puasa..kerjaan emak2 pasti nambah ya..karena musti nyiapin saur juga dini hari. Apalagi kalau yang kerja juga..wah pasti berlipat2 capeknya. Tapi ya namanya ibadah..kalau kita lakukan dengan ihklas ya jadi ringan aja kok teman2..kan udah kewajiban kita ya..sebagai istri dan ibu..nyiapin menu2 buat buka dan saur keluarga di rumah. Nah..biar rada enteng dikit kerjaan..dan juga biar punya lebih banyak waktu buat beribadah misal..sholat terawih dll..yukk kita siapin aja menu2 yang awet..buat saur..atau buka, dan juga beberapa tips menghemat waktu masak di saat puasa ya teman2..semoga bermanfaat ya..buat ibu2 baru nich..yang lagi seneng belajar masak.

Dari sekarang..ada baiknya mulai bikin lauk2 kering nich. Jenis bisa sesuai selera..misal nich kalau di Jawa ya biasa di stock buat menu2 saur ya..nggak jauh2 dari..kering kentang..kering tempe dll. Kalau di luar Jawa beda lagi mungkin menunya ya. Yang penting..jika buat lauk2 kering ini..supaya awet..goreng bahan hingga bener2 kering..dan sekalian banyak..tinggal taruh di toples..taruh di meja makan dech..beres buat stock lauk dadakan..siapa tau saur bangun kesiangan atau ndak sempat masak..hihi. Jadi nggak perlu lagi masak lauk kering pas puasa..kan menyita banyak waktu ya teman2. Apalagi jika bulan puasa..itu biasanya pengen juga kan menghidangkan menu2 lain..misal buat takjil..aneka minuman dll..yang harus di buat setiap hari. Jadi..nyetok lauk kering buat tambahan lauk ketika saur..itu sangat menghemat waktu. Resep2 lauk kering aku udah beberapa ku posting..antara lain :

Resep Kering Tempe klik SINI

Resep Ketang Mustafa klik SINI

Resep Kering Bihun klik SINI

Resep Serundeng klik SINI

Resep Abon ikan klik SINI


Selain lauk kering..jika suka pedas2..bisa juga bikin sambel terasi matang tuch..awet juga itu di simpan sampai sebulan jika di kulkas. Nah..kalau mau makan..tinggal ambil secukupnya..lalu di panaskan sebentar dech. Beres..ndak perlu capek2 ngulek sambel di saat puasa..misal sore2 gitu..lagi laper2nya..terus musti ngulek sambel..aduch..nggak ku ku kan..hihi. Jadi..setoklah sambel terasi matang ini..di kulkas teman2. Selain buat makan lauk pauk..sambel terasi matang ini..juga sangat enak..untuk bumbu..nasi goreng..balado..oseng2 pedas..menu gongso dll. Tinggal tambah air dikit dan bahan yang di masak ..jadi dech masakan pedas..yang praktis. Selain sambal terasi matang..sambal yang bisa di stock dan awet adalah sambal bawang. tapi buatlah jangan terlalu pedas kali ya..campur cabai rawit merah dengan cabai merah biasa..kan lagi puasa..hihi. Seli\ain itu abon cabe juga bisa di stock tuch..buat sambal pembangkit selera makan..kalau saur pas males buka mata karena masih ngantuk..kalau di taburi abon cabe di makanannya..kan langsung dech..nyam2..berselara makan saurnya.  Tapi jangan terlalu pedas juga kalau bikin abon cabe buat puasa ya..^^

Resep Sambal Terasi Matang klik SINI

Resep Sambal Bawang klik  SINI

Resep Abon Cabe..klik SINI

Bumbu urap Megono Kering klik SINI
 
Jika keluarga di rumah suka daging dagingan..bsia juga masak daging sekalian banyak..terus di stock dech di freezer..misal bikin daging ungkep..atau empal gepuk..ayam ungkep dll..bisa sekalian itu ngungkepnya banyak..berapa kilo gitu..hihi. Terus..di pack dech pakai wadah kecil2 atau plastik..setiap pack sekali makan gitu..jadi ketika mau manasin nggak perlu di keluarin semua stocknya..cukup ambil sepaket..terus di panasin dech..pas saur tuch..jadi nggak perlu buru2 bangun jam 2 buat masak kan teman2..kalau cuma manasin lauk kan cuma sebentar aja. Kalau manasin lauk juga males..bisa juga di taruh di wadah tahan panas..taruh magic jar dech..sebelum tidur..jadi bangun2 saur..udah anget kan lauknya..sama nasinya..bangun..tinggal makan dech..hihi...*jurus praktis ala anak kost..* Lauk2 basah yang bisa di stock dan di buat banyak sekalian banyak sich..di search aja di pojok kiri atas blog ini ya teman2..ketik kata kuncinya misal mau masak apa gitu..ayam..daging..dll. Berlaku juga buat yang suka olahan tahu tempe..bisa dech di stock itu tahu tempe ungkep atau bacem sekalian..jadi sewaktu2 butuh tinggal goreng aja. Contoh masakan Jawa lain yang semakin di simpan semakin enak..misal gudeg..dll..bisa juga kalau mau di buat sekalian banyak teman2. Kalau dari luar Jawa..misal rendang juga bisa ya..dll .

Oke...apa lagi ya..oh..buat yang suka bikin2 minuman..jangan lupa juga nyetok..misal..gula merah cair..resep liat di SINI..atau sirup gula pasir..nich pasti berguna buat pemanis minuman kan..jadi lebih cepat dech buat bikin minuman kayak es gitu kan lebih mudah larut. Males bikin gula cair sendiri..sekarang udah ada lho..gula cair dari pabrik..klik SINI dech ada infonya..^^

Yang suka masak2 opor..terik..atau buat bumbu ayam goreng..sayur gurih dll..bisa nyetok juga bumbu dasar putih. Jadi kalau mau masak nggak perlu ngulek2 bumbu lagi dech..tinggal cemplang cemplung..mateng. Resep bumbu dasar putih..liat di SINI ya. Mudah2 an ntar bumbu dasar kuning segera ku buat resepnya..jika sempat sich..hihi. Tapi ya hampir mirip2 aja sich teman2..itu tinggal tambahin kunyit..jadi dech bumbu dasar kuning..buat opor kuning..sayur kuah kuning..ika masak bumbu kuning..ayam goreng kuning..dll.

Oh ya..yang suka manis2..bisa juga buat aneka manisan dari sekarang nich..kan awet tuch di simpan..ada manisan kolang kaling..yang pasti lagi musim nich di pasar. resep bisa di liat resepnya di SINI ya. Manisan kedondong juga enak..ada resepnya di SINI. Atau minuman lain ..misal..sari kedelai..ada juga resepnya di sini : SINI . Terus..apa lagi ya..oh ya..jika punya belimbing wuluh di rumah..bisa juga di buat sirup lho..enak itu pasti seger buat buka puasa juga..resepnya di SINI. Ada lagi yang suka kacang hijau..bisa juga nyetok sari kacang hijau..seger..sehat dan bergizi dech buat minuman buka puasa ya teman2..resepnya udah ada juga di SINI.

Apalagi ya..banyak sich yang lain..tinggal di search aja ya teman2..mau masak apa..di pojok kanan atas blog ini..komplet dech..menu2 cemilan buat takjil juga banyak. Tinggal ketik aja menu apa gitu..misal : *Mendoan*...*Kolak*..dll..terus klik tulisan GO..ntar muncul kok resep2nya. Nah..selain itu bulan puasa tahun lalu aku juga berhasil menyemangati diri sendiri untuk nulis 30 menu buka puasa atau saur..30 hari non stop lho..bisa di intip di SINI resepnya2...jika ada yang ketinggalan ngintip postingannya dulu.  Di klik aja judulnya. Jika mentok abis postingannya..di bawah..klik tulisan *next post* gitu..nanti akan muncul menu2 selanjutnya...atau di kolom bawahnya yang ada tulisan : *Anda mungkin meminati * biasanya muncul menu2 lain yang sejenis..tinggal di klik judulnya ya. Semoga memberi sedikit inspirasi ya teman2..buat menu2 buka puasa atau saur nanti..plus menu2 baru nanti ya..Insyallah aku posting juga setiap hari jika tidak ada halangan..^^

Selamat menyambut datangnya bulan puasa ya teman2..^^



29 comments :

  1. makasih buat idenya mbak didi.jadi tambah ilmu nie buat nyiapin menu sahur and buka.rizma

    ReplyDelete
  2. Wuuuaahh bener banget mba Diah, saya ntar kalau saur pengen yang simple2 aja, biar dimenu berbukanya aja yang agak rempong gpp,,, Idenya sungguh cemerlang mba... (G kerasa bentar lagi puasa ya.....)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..kalau saur tuch biar ndak capek masak ya..nanti pas buka aja yang rada spesial..:)

      Delete
  3. aku mauuu,wadah lauknya aja tuh,qiqi.trnyta mb DD dah pny tah.syang,nyari gituan jauh2.mb,dah pnah mkan bothok sembukan blm?
    Tnah kosong dpn lap tnes eyang'e yodha ada tuh mb.enak loh.aku dah lama gak buat,kngen,tpiii,malu di'liatin org2,di kira rambanan X yah,kalo pas sbur di babat abis.pdhal syang,susah cari'nya."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.iya mba..itu beli di Yk.cuma 4 ribu..:)
      Wah..beum pernah mba..kayak ap aya ntar tak liatnya..di kebun orang ya berarti..hihi..dpn lap tenis itu ..:)

      Delete
  4. harus mulai dari sekarnag ya mbak, aduh mana aku lagi gak semangat masak

    ReplyDelete
  5. Wahh...makasih ya mba udah"membuka mata" ku, mungkn jg mata teman2 yg lain. Kadang suka ngga kepikiran nyetok makanan atau masakan "selama puasa". Semangat di awalnya aja.. kalo udah ngerasa lemes duluan biasanya aku suka beli aja mbaD..
    mulai sekarang dah bisa siap2 nih menu apa aja yg perlu disiapkan...siap siap catatannya.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba ..ayoo lebih smgt dong kan biar keluarga di rumah tambah semangat puasanya..apalagi kalau di masakin enak2 terus...hihi..apalagi anak2 tuch ya Mba..pasti mereka jadi rajin dech puasanya..:)

      Delete
  6. Walaupun tidak ikut menjalankan puasa tapi aku juga sering nyetok lauk di kulkas..soalnya angin2an sih kalo masak :-D dan juga magicom itu bermanfaat bgt loh buatku...klo mau manasin lauk dikit tinggal taruh d mangkok stailess masukin magicom, anget deh drpd masuk kukusan..hemat gas juga...buat lelehin coklat masak n margarin juga bisa loh..hemat gas juga #tips mak irit# :-D -fany-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking semangatnya sampe nulis hemat gas 2x...hahahaha..maaf mbak DD....

      Delete
    2. Hihi..iya mba..jadi ingat kalau kost kan ya gt Mba ..nyiapin menu saur..di magic com..bangun2 tggl makan..:)..Wah..ternyata berlaku jg buat emak2 rt ya Mba..biar irit gas..mksh tipsnya..:)

      Delete
  7. Ertianna nugrahaniJune 25, 2014 at 10:30 AM

    Suwun mbak...tips2nya sangat bermanfaat...apalagi pas sahur, kadang suka males kalau masih harus ngulek, ngrajang bawang dsb...heheh.Ikut nimbrung apa yg dibilang mbak Elmi ya mbak Di...yaitu bothok daun sembukan. Uenak tenan lho mbak Di.. Daun sembukan dibikin bothok pake kelapa muda. Setahuku sekarang itu daun sdh langka dan kalau di tempat mbak Di ada perlu dilestarikan tuh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu Mba Erti..wis..besok tak carinya kalau libur..blusukan ke kebon di depan lapangan tenis Eyangnya Yodha..hihi. Aku malah belum pernah nyoba itu mba..sik tak tanya mbah google dulu bentuk daune kayak apa..takut keliru ambil ramban lain ntar...hihi

      Delete
    2. Ertianna nugrahaniJune 25, 2014 at 11:43 AM

      Hyaa mbak Di... coba tanya ibu2 yg sdh sepuh, pasti mereka pada tahu apa itu daun sembukan. Tumbuhnya merambat dan bentuk daunnya seperti "lope", warnanya hijau tua. Bothoknya dibungkus seperti pepes, setelah dikukus bisa dipanggang sebentar sebelum disantap...hmmmm tambah harum & uenak mbak Di. Maaf mbak Di lha kok jadi ngalor ngidul ngomongin sembukan...hihihi.

      Delete
    3. Wokw..mksh infonya Mba Erti..ntar tak hunting..hihi.
      Eh..kalau bothok yang di bentuk pepes itu di Yogya ada juga..namanya *Gembrot..hihi..*

      Delete
    4. Ertianna nugrahaniJune 26, 2014 at 9:28 AM

      Eh iya mbak Di.... di tempatku pepes sembukan namanya "gembrot"...hihihi lucu ya namanya :)

      Delete
    5. Hihi..sama berarti Mba..:D..aneh bin lucu memang..tapi kalau di t4 ku ndak pakai daun sembukan ini..cum akelapa sama tempe semangit..besok tak cobanya pakai daun ini ya..penasaran..:)

      Delete
  8. You save my life Mba..*lebay* Curhat dikit, nggak tau kenapa mau puasa kali ini kayaknya aku gamang banget,pusing milih mau masak apa buat buka dan sahur..Masalahnya aku kerja dan lagi hamil 7 bulan..Alhamdulillah setelah baca trik dan tipsnya disini, apalagi setelah liat inspirasi masakan buka dan sahurnya, ak udah ada pegangan mau masak apa aja nanti, jadi galaunya udah berkurang deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rizka..syukurlah jika udah semangat ya Mba,,.buat masak ntar pas puasa..biar keluarga di rumah makin semangat gitu puasanya mba..kalau menikmati menu2 rumahan yang sedikit beda..eh tapi jangan capek2 juga ya..bumil..pilih2 menu2 yang simple aja ya..atau siapin bumbu2 dasarnya sekalian biar praktis..hihi

      Delete
  9. Makasiih, mak Diah Didi. Ini resep yg ku cari :*

    ReplyDelete
  10. waaah keren banget nih,,,2 hari ga buka blog ketinggalan deh. makasih mbak di, jadi semangat mu puasa. abis persiapannya ok. menu2 dari mbak diah ini lengkap BGT...makasih lagi dan lagi mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Marni....sm2..mba..:)
      Selamat mencoba ya mba..:)

      Delete
  11. Postingan ini jadi buka wawasan saya, mbak. Saya suka males masak jadi makan di luar tapi kan boros kalo sering-sering. Hehe. Kalau makanan kering gith sama ayam ungkep di freezer bisa tahan berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Karina..lebih murah dan enak masak sdr lho..:)
      Kalau di freezer di wadah tertutup..sebulan ndak pa2 kok Mba..:)

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel