Friday, September 6, 2013

Sirup Belimbing Wuluh



Sirup Belimbing Wuluh??..Hemm..pasti belum pada pernah nyoba ya teman2..hihi. Aku juga baru kemaren nyoba..bikin sendiri. Seperti biasa..memanfaatkan apa yang ada di pekarangan. Pohon belimbing wuluhku..kalau lagi berbuah ..banyak sekali buahnya..sampai kadang pada jatuh2..berserakan. Sebenernya udah ku persilahkan buat tetangga atau orang lewat yang mau silahkan ambil..cuma karena di dalam pagar..jadi pada sungkan juga ngambilnya..akhirnya lebih sering mubazir dech kalau pas panen belimbing wuluh. Kalau aku walupun sering masak asem2..dll..tapi kan tetep..paling cuma sedikit aja pakainya. Makanya kemaren mikir..di bikin apa gitu ya..biar bisa memanfaatkan belimbing wuluh ini. Aku ingat sich..belimbing wuluh ini enak di buat manisan..pernah liat di toko oleh2 gitu..cuma..aku dan suami kurang suka manisan. Jadi aku berpikir..kalau di buat manisan enak..berarti di buat sirup juga enak dong..! Apalagi aku juga ingat dulu suami sempat cerita.pas bertamu di rumah temannya..di kasih suguhan minuman dari belimbing wuluh buatan istrinya temannya..yang katanya enak dan seger. Aku jadi penasaran..akhirnya kemaren acoba bikin sendiri juga sirup belimbing wuluh ini..dan..memang enak dan seger ..sirupnya..^^

Akhirnya..pagi2 aku ambil sedikit dulu buat uji coba..dan aku timbang sich sekilo kurang..ya udah dikit aja dulu..kalau enak..ntar bikin lagi ya banyak. Akhirnya aku ambil sari buah belimbing wuluhnya..dan aku rebus pakai gula sampai mendidih. Abis itu aku coba..aku ambil beberapa sendok sirupnya ku tambahin air hangat...wah..ternyata enak lho..seger banget gitu rasanya...asem manis..seger..nggak asem banget kayak kalau buat sayur..ya iyalah ..kan di jadiin sirup ya..hihi. Tapi aku juga nggak banyak2 lho..kasih gulanya..jadi cuma sekitar 250 gram saja..udah manis kok.

Ketika suamiku pulang sore hari..aku suruh coba sirupnya..dan ternyata..sama..suamiku juga suka..enak dan seger katanya. Wah..asyik..jadi punya resep untuk memanfaatkan belimbing wuluh yang melimpah nich sekarang. Akhirnya sirup yang aku buat kemaren ..udah habis ..karen asuamiku suka minuman yang asem2 seger gini emang,...jadi nanti bisa bikin lagi dech. Daripada beli sirup dari pabrik yang nggak tau bahan2nya di tambahin apa aja..lebih baik kan bikin sirup homemade..plus..bahannya juga gratis..memanfaatkan  buah yang ada di pekarangan..enak dan irit kan..hihi.

Jadi..jika punya tanaman belimbing wuluh di rumah..ayukk di manfaatkan teman2..jadi sirup yang segar dan enak..apalagi belimbing wuluh ini..banyak sekali lho..manfaatnya , selain buat campuran aneka masakan, juga berkhasiat sebagai obat batuk, sebagai obat pegal linu, gondongan, rematik, sariawan, jerawat, panu, darah tinggi, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang dan sakit gigi, dan masih banyak lagi.

Oke..langsung saja..ini dia resep sirup belimbing wuluh ala aku ya teman2..selamat mencoba...^^


Resep Sirup Belimbing Wuluh
Bahan :
( Sesuai uji cobaku aja dulu kemaren ya jumlahnya..silahkan di gandakan sendiri, jika mau bikin  banyak teman2..^^ )
800 gram belimbing wuluh, ambil sari air buahnya dengan juicer. Jika tidak ada bisa di parut , terus di peras airnya. Belimbing wuluh  ini kandungan airnya banyak kok..jadi nggak perlu di tambahkan air.
250 gram gula pasir

Cara Membuat :
Taruh sari air belimbing wuluh di panci, masukkan gula pasir.
Masak hingga mendidih.
Dinginkan. Kemas di botol atau di wadah tertutup.
Cara pemakaian :
Ambil beberapa sendok ( 5 sendok ) sirup belimbing wuluh, lalu tuangi air matang, sampai tingkat kekentalan  rasa  sesuai selera ( kayak bikin minuman sirup biasanya )
Sajikan hangat atau dingin dengan es batu.
Sisanya..kemas di botol dan simpan di kulkas untuk persediaan.


30 comments :

  1. seger bangettt..disamping rumah juga ada pohon belimbing wuluh,dari saya kecil dulu mpe sekarang masih saja tiap hari panen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..pohon belimbing wuluh ini termasuk tahan banting ya Mak Hanna..dulu saking sering cuma rontok dan daunnya bikin kotor..sempat aku tebang..eh..numbuh lagi lho..dan tetep rimbun sampai skrg..hihi...sampai merasa bersalah sama tuch pohon..skrg di sayang dech..hihi. Buahnya sampai di dahan2 bawah bekas tebangan malah banyak banget..skrg..

      Delete
  2. Sippp... Maturnuwun Mbak udah share info yg bagus..
    Dibelakang rumah juga punya pohon belimbing wuluh dan klo udah berbuah kompak banget sampe akhirnya jatuh berserakan dibawah, padahal juga sering dikasih2 ke orang..

    Nanti pasti kucoba, kyaknya memang seger :)
    Masaknya berapa lama ya Mbak..?
    Setelah mendidih apa langsung matikan api atau dibiarkan dulu sampe berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Teatin..sm2..emang seger kok Mba..masaknya ya sampaimendidih..terus di masak bentar lagi mba..kan sarinya ya.nggak pake air..jadi yang penting udah matang mendidih dan tercampur gula..^^

      Delete
    2. oke2... maturtengkyu mbak Diah yg cantik lan baik hati... :)

      Delete
  3. Wahh bisa untuk gondongan juga ya mbak? baru tau nih pas banget keponakan lagi gondongan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Elvira..byk manfaat ternyata..jadi nyesel dulu buahnya sering ku telantarkan..hihi..aku mau coba bunganya bsk buat obat batuk Mba..^^

      Delete
  4. boleh dong icip2... Hihihi... Penassaran bgt deh... Pasti syeger bgt'pulang2 ngajar d sodorin minuman yg asem seger gini... Hihihi...
    *ngayal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Lina..boleh2..masih banyak itu buahnya belimbing wuluh...tak panenin dulu ya..ntar ta k buatin lagi sirupnya..hihi

      Delete
  5. waaah...suka..suka
    Biasanya cuma aq buat asem2 atau sayur asem aja haha
    thx ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..kalau buat sayur kan cuma dikit ya pakainya..nggak habis2 itu di pohon..klu di buat sirup kan bisa lebih byk pakai belimbing wuluhnya..^^ Eh..di buat manisan juga enak lho Makk..^^

      Delete
  6. sy tuh pengen bgt punya poon belimbing wuluh di rumah. Krn buat masakan juga enak. Sayang lahan di ruma terbatas heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tanam di pot aja Mak...belimbing wuluh ini mudah kok tumbuhnya..lha punyaku..udah ku tebang habis dahannya..saja..numbuh lagi hihi..

      Delete
  7. Pengen nyoba bikin Mbak. Seger kayaknya.

    Saya suka manisan Mbak. Pernah 11 tahun lalu (he he sudah lama banget) buat manisan belimbing wuluh, gula putihnya 1 kg. Tapi tetap kecut. Akhirnya itu manisan enggak termakan. Terus tanya-tanya, katanya belimbing wuluhnya harus ditusuk-tusuk garpu dulu. Kalau ada, ditunggu resep manisan belimbing wuluhnya ya Mbak Di. Supaya enak dan enggak kecut.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Devy...ntar tak cobain dulu ya manisan belimbing wuluhnya..kemaren aku liat di pameran..mahal lho manisan belimbing wuluh..satu toples kecil 25 ribu...hihi. Tapi ya emang gulanya musti byk ya..kalau sirupkan dikit aja..udah manis..^^

      Delete
  8. Replies
    1. Nggak Mba Noni..kan pakai gula..dan yang di ambil sarinya aja..manis asem seger kok..^^

      Delete
  9. barusan aku buat mbak sirup belimbing wuluh, kemaren anter londri ke langganan eh punya pohon yang buahnya lagi luebaaatt banget, katanya ambil aja semua kalo mau hahahha lha go apa ya mba buatku, aku ambil kurleb sekilo, tadi tak bikin sirup, kata art ku enak mba seger-seger kecut gimanaa gitu, emang seger ya mbaa, aku minum pake air anget, mbakku pake es.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..seger kok..di ambil semu aja itu belimbing wuluh di t4 laundrynya..di bikin manisan juga enak..kmrn aku liat di pameran..1 toples..cuma isi berapa biji gt..25 rb lho mba..harganya..:D

      Delete
    2. tunggu postingan selanjutnya dari bahan dasar belimbing wuluh ala diah didi yaaa hihihi.....

      Delete
  10. trimaksih ya resep minumannya...aku emang lg bingung nih mau ngolah nya gimana..ternyata ada yg bagi resep minuman belimbing wuluh...sekali lg trimakasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..di buat manisan juga enak..tapi rada ribet..paling simple ya di buat minuman aja belimbing wuluhnya..:)

      Delete
  11. Mbak diaaah, sy udah cobain td siang. Enaaagh....sayang cari blimbing wuluh di pasar deket rumah susaaah banget, udah bolak balik muteri pasar cuman nemu 250 gr, akhirnya sy ber2 dg suami cuman dpt 1/2 gelas 1/2 gelas :/ Koq ga ada ya yg nawari sy utk ambil blimbing wuluh dr pohon sepuasnya kayak cerita di atas yach...hiks :'( Berbahagialah kalian semua yg punya pohon sendiri huaaahuaa :'( Btw mbak, tp kalo menurut lidah sy koq lebih enak langsung diminum biangnya gitu yach? Asem siy, tp mantepp. Sy coba ditambah air jd kurang nendang. Apa lidah sy yg nyleneh yak??? Btw tengkyu banget ya mbak diah yg baik hati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..klu deket tak bagiin mba..di rumahku klu lagi berbuah suka jatuh2..:)..iya..jika suka asem ya enak aja ya Mba..seger..:)

      Delete
  12. Wuaaahh...kalo deket mbak diah sy bakal minta tandatangan n foto bareng, serasa ketemu artis mbak, dan phon blimbingnya mbak diah pasti gundul tiapari ehee... Btw mbak, mau nanya lupa; kalo sirupnya dibiarkan agak lama warnanya jd coklat buthek kayak apel setelah dikupas kelamaan, jd teroksidasi. Tp punya mbak diah koq bening banget ya yg di jar itu? Ada tips ga mbak spy bening? Coz tar kalo nemu blimbing setumpuk sy mau bagi sirupnya utk beberapa org. Sirup ini enak sekali & layak utk dikasih ke org. Thanks sebelumnya ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah..artis opo Mba..hihihi.
      Itu punyaku bening..kan karena di tambahin air mba..pas minumnya..jadi kayak sirup gt lho..cuma ambil beberapa sendok..lalu tambahin air matang secukupnya...kalau yang pekat warnanya ya ada kehijau2 an gt..:)

      Delete
  13. Artis chef hehehe... Maksudku yg di jar / toples mbak, bukan yg di gelas. Koq coklat beniiing banget, sedangken punyaku koq buthek, jg permukaannya agak spt berbuih. Tp yo wis ora po po, masio elek sing penting payu :D Suami jg doyan banget. Habis makan oseng peda daun so nya mbak diah yg asin & pedas, lalu minum sirup blimbing ini sambil cengar cengir keaseman, merem melek deh...ehee.... Trims ya mbak sharingnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..itu..di saring Mba..hihi

      Delete
    2. Alhamdulillah akhirnya menemukan resep utk belimbing wuluh. Saya punya 3 pohon, smoga resep2nya sukses saya cobain.

      Delete
    3. Alhamdulillah akhirnya menemukan resep utk belimbing wuluh. Saya punya 3 pohon, smoga resep2nya sukses saya cobain.

      Delete