Thursday, June 19, 2014

Wingko Babat Nangka


Kalau ke pasar..pasti mampir ke tukang kelapa langganan..dan sudah pasti tahu pesananku dia..satu kelapa di parut panjang..jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda. Penjual kelapa tuch sering nanya..buat apa tho Mba..kok sering banget beli kelapa parut panjang. Aku bilang..buat kue2..buat taburan jajan pasar dll. "Oh..mba nya jualan jajan pasar ya..?"..Oh ndak..aku bilang gitu..buat stock di freezer aja. Dan si mas nya jadi gumun..alias heran..kok sering banget bikin kue2 pakai kelapa..hihi. Iya..aku suka nyetok kelapa yang setengah tua ini di freezer. Ya..walaupun pasar deket..kan nggak tiap hari ke pasar. Jadi..kalau mau bikin apa2 yang pakai kelapa..selalu ada stock gitu. Kalau kelapanya baru marut..terus sampai rumah langsung masuk freezer itu bisa awet kok sampai semingguan teman2..jika di buat aneka jajanan dan taburan kue. Beda kalau aku pesan di tukang sayur..kan datang ke rumahku udah jam 11 siang..jadi kelapanya kadang udah kecut dan kalau di kukus jadi kehitaman. Ya wajar sich..tukang sayurnya kan belanja ke pasarnya jam 2 malam ya..jadi udah berapa jam kelapa parutnya kan umurnya..hihi. Jadi..kalau untuk buat kue2 atau taburan..aku lebih suka kelapa yang fresh dan marutin di pasar.

Kayak kemaren..ngintip freezer..stock kelapa parutku yang ku beli sehari sebelumnya kok masih utuh..langsung dech gatel pengen ngolah..hihi. Akhirnya aku buat wingko aja..sekalian menghabiskan sisa tepung ketan yang juga tinggal berap gram di plastik..dari pada keburu kadaluwarsa..dan jadinya wingko babat ini. Biar rasanya beda sama yang original wingko babat..aku tambahin nangka dech. Wah ya..tambah enak dan legit. Wis..pokoknya aku suka jajanan dari kelapa parut begini..mau sagon..unti kelapa..wingko..geplak..dll..suka semua..enak dan gurih soalnya. Memang Semarang pusatnya wingko babat..banyak di jual juga murah2..tapi kok aku ya lebih sreg bikin sendiri teman2..karena selain bisa makan wingko anget2..manisnya juga bisa di sesuaikan selera..jadi lebih enak dan nggak mbosenin gitu. Kalau beli itu suka kemanisan..atau agak keras..jadinya menurutku..wingko buatan sendiri itu lebih enak dan fresh. Kalau Yodha..hemm..belum suka dia jajanan dari kelapa gini..huhu..enak lho Kak..padahal. legit dan lembut rasa wingkonya.


Mau coba teman2,...ayukk..ke pasar dulu..cari kelapa parut yang fresh ya..biar lebih enak dan legit wingkonya..pasti males kan..kalau marut2 kelapa sendiri..hihi.
Wingko Babat

Bahan 
Tepung ketan 150 gram.
Kelapa parut setengah tua , parut panjang 250 gram, nangka matang secukupnya, potong2
Air kelapa  150 ml
Gula Pasir 100 gram ( atau sesuai selera manisnya ya )
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat 
Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Tambahkan nangka, aduk rata.
Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket, panggang di atas kompor sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.
Tips: Waktu memanggang..gunakan api kecil saja ya..supaya matang sempurna wingkonya..
Jika suka wingko yang tektruenya padat,..jumlah air kelapa bisa di kurangi sesuai selera. Kalau sesuai resep hasil wingkonya lembut dalamnya.
  • Jika mau buat suguhan..atau di kemas..wingko sebaiknya di bungkus kertas roti satuan gini agak lebih awet lembutnya dan tidak kering.





28 comments :

  1. Keren emang ibu satu ini.... bikin apa-apa kok selalu bikin ngiler... oia, aku sudah bikin bakpao dr resepmu mba,,,,tp aku skip baking powder nya. Isiannya pk coklat keju, wenaaakkkk, emang mantap bikin sendiri mba, klo beli seribuan enteng bgt texture nya, isinya jg seuprit....hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Yunita..eh maaf kemaren komen bakpaona belum ku bales ya..hihi..aku ingat itu mau bales..terus lemot belum ter publish..aku jawab di sini sisan ya Mba..kalau baut bakpao lebih lembut hasilnya pakai protein rendah mba..atau sedang. Kalau tinggi..terlalu berserat bakpaonya..jadi kayak kering atau seret kayak roti kukus gitu lho mba..menurutku sich..:)

      Delete
    2. Ah bener banget... jadi pengen bikin. Padahal dulu waktu ortu tinggal di Semarang sering bgt bawa buat oleh-oleh. Saking seringnya dulu sampe gak kepengen makan... hihihi...

      Mbak Di, kalo nangkanya diganti misalnya duren gitu gpp kan? Ga bakalan angus atau aneh rasanya?

      Delete
    3. Iya.,.kalau nggak ada baru kangen ya..sama wingko..:D
      Boleh aja di ganti duren jika suka..ayukk di coba..ntar kasih tau ya rasanya gmn enak ndak..masalahe itu aku ndak suka duren..jadi belum pernah nyoba..hihihi

      Delete
  2. aku masih bermasalah dnegan oven listrikku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pakai teflon aja kok Mak Lydia manggangnya..di atas kompor..:)

      Delete
  3. mbk klo minus nangka tetep enak tho???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep Mba Dewi..uenakkk..hihi. Kan aslinya memang tepung ketan dan kelapa aja bahan utama wingko Mba..udah legit dan gurih..:)

      Delete
  4. menggunakan snackmaker bisa toh mb Diah ?? itu loh yang pernah mb Diah kasih liat gambarnya .....mksh

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betullllll Mba Ara..kalau punya itu lebih bagus..karena bisa seragam bentuknya kayak punyaku itu..buat yg nggak punya bisa pakai teflon gitu loh..hihi

      Delete
  5. Ya ampun, selama ini aku cuma bisa makan wingko kalau lagi pulang kampung ke Malang. Lha, ternyata gampang gini bikinnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.iya Mba Amanda..mudah banget lho..yukk cobain..drpd nunggu lama2 pas mudik..:D..

      Delete
  6. Oalah mbak ternyata kelapa parut bisa disempen to...aku tu kadang males bikin jajanan yg ada kelapa parutnya itu (pdhl suka banget...hihi) ya krn itu hrs ke pasar beli kelapa parutnya dan hrs langsung diolah...hehe. Oke deh nambah lg ilmu nih...sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah..bisa..asal dari pasar langsung masuk freezer ya. Kalau aku tak kemas di plastik sekali pakai gitu mba..jadi beli satu butir kelapa terus ku bagi2..biar nggak keluar masuk freezer lagi kalau cuma mau pakai dikit kelapanya..:)

      Delete
  7. Biasanya kalo mudik k.t4 mertua minta dibikinin wingko jg mba.. Bikinnya dipanggang Diatas bara api, pake loyang kecil diameter 10cm.trus diatasnya ditutupi seng, diatas seng itu diksh bara api jg... Traditional bgt pokoke...trus adonannya itu selain tambah nangka bisa ditambahi jahe jg lho mba, biar ada sensasi sriwing sriwing..:) skrg bs coba sendiri dirumah nih...

    Oh iya mba, bisa gak ya pake cetakan tanah liat, yg kemarin aku tunjukin ke mbaDD itu...(pasti lengket ya mba, pd nempel2..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,..mskh idenya mba Sri..kpn2 tak cobanya wingko jahe..belum pernah makan aku itu Mba..:) Wah iya..oven tradisional itu Mba..kalau di rumahku buat bikin sagon bakar..hihi.
      Bisa..di kasih ampas kelapa dulu mba..biar sedikit berminyak cetakannya,biar nggak lengket..:)

      Delete
    2. Oke deh kalau beggitu....tak coba bikin wingko, soalnya semua suka... Satu lagi, biar ga usah mborong wingko di semarang kalo pulang mudik hehehe....(Jurus irit ala mak DD)

      Delete
    3. Tull Mba Sri..bikin sdr lebih enak dan irit.....hihi.

      Delete
  8. Teflonnya dikasi minyak sdkt atau ga ush mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anti lengket sich nggak perlu Mba..:)

      Delete
  9. Mb diah, aku pernah nyoba bikin wingko yg dioven..walah...hasilnya keras buangets ketika udah dingin..ga bs dimakan. Saat itu pake kelapa kering kale yaa...skrg mumpung lg pny persediaan kelapa frozen, aku mo coba resep mb ah..apalagi punya cetakan teflon yg sama pula...tp, btw..pengganti air kelapa itu apa ya mba? Di sini mana ada yg jual kelapa muda? Hihihi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau air kelapa tua ada nggak Mba Eko..itu juga bisa..tapi ndak ada juga kali ya..hihi.
      Nggak pake nggak pa2 Mba..atau kalau suka pakai santan juga bisa..:) Kalau di panggang teflon gini kan matang cepat mba..jadinya empuk lembut dech..api kecil ya buatnya..dan jgn di penyet2..ntar jadi keras kulit luarnya. Biarin aja mateng alami di panggang pelan2..kalau bawah udah matang baru di balik..:)

      Delete
    2. Wokee dech.... siaapp melucur ke dapur.. tengkiuh ya mbak...

      Delete
  10. Mbak, resepnya mantap2 dan inspiratif. Pas banget buat yg lagi belajar masak kayak saya. Kurangnya cuma satu (hihihi udah dapat ilmu gratis, masih protes aja ya), gak disebut berapa banyak produk jadinya.
    Kebetulan saya mau ngisi takjil di masjid dekat rumah, liat resep2 mbak jadi semangat pengen bikin sendiri. Kalo utk kira2 80 potong, berapa kali ngadonin ya mbak dari resep ini. Makasih banyak lho sharing ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..maklum cuma di makan sdr kdg nggak sempat ngitung2..coba bikin 4 resep ya mba..tergantung mau besar atau kecil jug asich..:)

      Delete
  11. Mbak Diah, wah saya gak baca lg tnyata ada komen2 lg, baru tau gak boleh dipenyet2 gitu ya .. pantesan punyaku kok kulitnya rada keras dikit tapi tetap enak sih .. soalnya takut gak mateng trus gak sabar jg sih nungguin matengnya he.. he.. Tp saya cocok bgt nih sama resepnya mbak krn takarannya pas semua. Soalnya pernah coba resep lain, tp yg dari mbak lbh praktis & enak. Makasih ya mbak resepnya .. -irene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Irene..kalau mau lembut kulitnya..di biarin aja matang alami. coba ya next time..pasti beda hasilnya..lebih enak lagi.

      Delete
  12. Mba Diah, Mau Tanya dong..krn bahan utamanya berdasar kelapa, berapa lama ya kue ini bertahan tanpa basi? kalo di buat malem..besok paginya masih ok ga ya? Makasih - Lia

    ReplyDelete