Saturday, June 21, 2014

Bubur Pati Kerut


Setelah banyak makan pedas..salah satu cara untuk mendinginkan perut yang paling enak..ya makan bubur pati kerut ini..hihi. Kemaren tuch lagi menimbang2 untuk mengolah tepung garutku yang tinggal sekilo..jadi di eman2..mau di buat apa..di pikir beneran..hihi. Soalnya udah janji juga mau bikin cookies garut buat teman2. Padahal selalu ingin buat ongol ongol lagi..hihi..mumpung ada tepung garut gitu..tapi sik ahh..bikin cookies dulu sama buat dawet ayu...soalnya kan tepungnya susah carinya..musti ke Yogya..hihi. Nah..pas lagi mengayak tepung garut kemaren mba art ku nanya.."Itu tepung apa Bu..?" "Aku bilang tepung pati kerut.."..Terus mba art ku bilang..wah..enak itu Bu..di buat bubur..dan cerita kalau di tetangganya ada yang buat pati kerut juga..tapi numbuk sendiri..katanya jadi rebutan di beli tetangga kiri kanan soalnya mau puasa ini pada nyetok di buat bubur.

Wah..lha..aku yo langsung ingat bubur pati kerut yang sering ku makan waktu kecil..setelah di ingatkan mba art ku. Akhirnya..aku putuskan buat..kan kalau bubur..nggak perlu banyak2 tepungnya. Tepung garut ini kan daya kentalnya tinggi banget..jadi tepung dikit aja di jadiin bubur udah bisa kental. Akhirnya kemaren aku langsung bikin bubur ini..demi nostalgia waktu kecil..hihihi. Dan juga untuk mengademkan perut nich karena keseringan makan pedas. Dan hasilnya memang selain bubur ini enak sekali rasanya..juga bermanfaat untuk meredakan panas di perut. Wah..kalau obat tradisional bisa seenak ini semua..ndak usah lagi minum2 obat modern ya teman2..hihi.

Jenang pati kerut atau bubur tepung garut ini memang enak sekali rasanya. Dalam bahasa Jawa jenang itu artinya bubur manis. Dan di antara berbagai macam resep jenang atau bubur manis ini..menurutku jenang pati kerut ini masuk kategori yang paling enak. Rasanya legit dan khas sekali..dan sangat spesial dech..mungkin juga karena bahannya susah juga di cari..jadi berasa spesial. Oh ya..bubur ini juga bagus lho buat anak2..bahkan bayi..makanya memang banyak di pakai buat campuran tepung bubur bayi ya tepung garut ini. Buat bumil bumil juga bagus lho..banyak kandungan folatnya..ayo..yang lagi hamil..sering2 makan hidangan dari tepung ini ya teman2..^^

Oke..ini dia ya..resep bubur pati kerutnya ya teman2..^^
Bubur Pati Kerut / Tepung Garut

Bahan :
50 gram pati kerut / tepung garut, ayak hingga halus
400 - 450 ml air
1/2 sendok teh garam
75 - 100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera manisnya )
2 lembar daun lembar

Pelengkap : 100 ml santan di rebus dengan sedikit garam dan 1 lembar daun pandan

Cara membuat :
Aduk rata tepung garut dan air hingga licin , lalu masak dengan bahan2 lain, sambil di aduk terus hingga mengental. Dinginkan sebentar. Sajikan dengan kuah santan. Yummy...^^


22 comments :

  1. Naaa ini dia resep yg kutunggu2..jd musti diayak dl ya mba...pake saringan bubur apa saringan santan mba..hihihiii...btw itu maksudnya 2 laembar daun pandan ya... :)
    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Aulia..salah tulis ya..daun pandan maksudku..:)
      Kan itu tepung rada bergerindil Mba..kalau males langsung ngayak susah..di halusin dulu pakai blender halus, abis itu baru di ayak..lebih mudah..:)
      Met coba ya Mba..:)...Kalau versi agak padat di buat ongol2 enak juga mba..kmrn resepnya jg udah ku share..:)

      Delete
  2. mbak...aku pernah beli tepung garut di tbk...aku pakai buat bikin sagu keju(pengganti tepung sagu)....eh ternyata rasa/baunya kok agak2 apek gitu...apakah memang baunya khas begitu?punya mbak diah gimana baunya?kalo teksturnya ya emang hampir kayak sagu...ngeprul n lumer di mulut gitu....^emma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Emma..mungkin udah lama ya tepungnya di TBK..kalau punyaku baunya ya bau fresh tepung itu mba..ndak ada apek2nya. Apalagi kalau di buat jenang atau jajan pasar ya..kan aromannya kentara sekali jika apek..kalau punya ku nggak sich mba..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Pati garut Mak Astin,..memang kurang nge top sich tepung ini..krn ajarang jg yang jual..:)

      Delete
    2. Salam kenal Mbak Didi & semua aja,

      Namaku Wati dari Jakarta
      Aku mau berbagi info, buat yang mau beli pati kerut/garut/erut dll (nama lainnya banyak), Alhamdulillah, sekarang bisa di pesan di TOKOPEDIA. Di sana bisa kita pilih yang terdekat dgn tempat tinggal kita dsb. Beberapa daerah ada yang menyediakan spt Jakarta, Yogyakarta, Batam, Malang, Solo, Surabaya, dll, tinggal pilih mana suka.

      Untuk wilayah Jabotabek mungkin bisa pesan ke Aku lewat Tokopedia
      ini alamatnya : https://www.tokopedia.com/rachmatcomputer/tepung-pati-garutkerutlarutrarutjelarutsalarutwaeruterut

      Happy shopping

      Delete
  4. enak,.. mba ,langsung lewat tenggorokan ,gak usah ngunyah ,jadi inget alm. simbah ,dulu sering di bikinin,numbuk sendiri,lha sekarang tepungnya langka
    umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Umi..kalau ibuku dulu ya suka bikin sdr tepungnya..Ini jenang paling enak di antara jenang manis lain menurutku Mba..:)

      Delete
  5. Mba Di, tanya tempat jual tepung ini kalo di Yogya di mana kah? Mini market biasa banyak kah? Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Lina..aku pesan ke Kakakku..kakakku pesan ke tetangganya yang suka bikin tepungnya..jadi memang fresh dan baru di bikinin ketika ada yang mesan..hihi.

      Delete
    2. Owh gtu, kalo saya sampe di Yogya ... Boleh ikut pesan ga? Berapa lama biasanya klo mesan? Di daerah Bantul jg tempatnya? Skalian nyari bakso goreng nya. Xixixixi.

      Delete
    3. Wah.ndak berai janji Mba..soalnya garutnya juga ndak selalu ada kata Mba Ku..kpn2 aja kalau aku ke Yogya ya jika ada aku bawain..:)

      Delete
  6. Woo gtu ya, ya gpp klo gtu Mba Di. Nanti saya cb cari mungkin ada di skitaran Yogya. Takutnya nanti klo nunggu Mba Di, saya nya pas ga di Indo. Berat di ongkos kirim naaa. Hehehehe. Makasih ya Mba sebelumnya. Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..tggl di luar ya Mba Lina..hihi. Iya..coba cari di pasar2 tradisional Mba..kdg malah ada..:)

      Delete
  7. Assalamuallaikum... Saya jualan macem" jenang d madiun yg laris salah satuny ya jenangq garut in... Udah 3 hr sih cm jenangq ttp kaya lem gak kaya simbahq yg asal bikin gt tp jadiny bags n halus... In aq bikin 600g tpng airny 2000ml

    ReplyDelete
  8. Assalamuallaikum... Saya jualan macem" jenang d madiun yg laris salah satuny ya jenangq garut in... Udah 3 hr sih cm jenangq ttp kaya lem gak kaya simbahq yg asal bikin gt tp jadiny bags n halus... In aq bikin 600g tpng airny 2000ml

    ReplyDelete
  9. waaa.. ada resep nya.. aku lagi suka jajan jenang pati nih mba.. katanya emang bisa buat ngeredain perut sakit karena kebanyakan makan pedes, tapi aku belum pernah coba sih, makan jenang pati nya pas belum makan pedes2 dulu.. hehe

    ReplyDelete
  10. Pati kerut aman gk mba...wat bumil..?

    ReplyDelete
  11. Pati kerut aman gk mba...wat bumil..?

    ReplyDelete
  12. Pati kerut aman gk mba...wat bumil..?

    ReplyDelete
  13. Pati kerut aman gk mba...wat bumil..?

    ReplyDelete