Saturday, June 28, 2014

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Dan Bubur Ketan Hitam Yang Enak


Bubur kacang hijau...hemmm..menu gampang sekali ya teman2..kayaknya. Tinggal di rebus..kasih gula..santan dll..sesuai selera. Beli juga banyak..di mana2 ada. Namun kadang2 kalau beli itu ya kurang sesuai selera ya teman2..kadang terlalu manis..kadang terlalu encer..kadang kurang empuk dll..dech. Jadi intinya kalau bubur kacang hijau itu..aku lebih suka bikin sendiri di rumah. Bubur kacang ijo yang enak menurutku itu yang empuk dan medok gitu..hihi. Jadi beneran seperti makan bubur..bukan kayak makan wedang kacang hijau yang masih keras kacang hijaunya.

Buat yang mau belajar masak..kadang2 bikin kacang ijo ini lumayan tricky ya..karena kacang hijau itu lama merebusnya..dan juga ada tehniknya agar hasilnya bisa enak dan empuk. Oke dech sebentar lagi puasa..mungkin juga bisa jadi ide salah satu menu pembuka ya..bubur kacang hijau ini teman2..aku kasih sedikit tips ya buat teman2 yang baru belajar masak..semoga bermanfaat.

Tips membuat bubur kacang hijau yang enak :
  • Agar lebih cepat matang dan empuk ketika merebus kacang hijau, rendam kacang hijau semalaman ya teman2..tapi airnya harus banyak ya..agar semua kacang hijau terendam dan nggak ada bagian yang kurang airnya..soalnya..ntar jadi kecambah kalau ada bagian yang basah tapi ndak terendam air..hihi.
  • Rebus kacang hijau dengan air saja terlebih dahulu sampai empuk, jangan langsung di masukkan gula dll. Jika di rebus bareng gula, kacang akan mejadi lebih lama mekar / empuk..dan rasanya juga jadi kurang enak. Jadi..selalu masukkan gula, santan, daun pandan dll..ketika kacang sudah merekah dan empuk. Setelah itu baru di aduk2 hingga bubur jadi kental. Jika kurang kental..bisa di tambahkan sedikit tepung beras / ketan yang di cairkan.
  • Jika suka lebih beraroma..bisa di tambahkan sedikit jahe geprek, makan bubur kacang hijau akan semakin enak.
  • Membuat bubur kacang hijau itu air..tidak harus pasti takarannya..pokoknya sesuaikan saja dengan jumlah kacangnya,..jika kurang ketika kacang belum  matang tapi air menyusut  bisa di tambah air panas lagi.
  • Santan untuk makan bubur kacang hijau..sebaiknya di rebus juga dahulu dengan sedikit garam dan daun pandan sehingga tambah wangi dan gurih.
  • Cara menikmati bubur kacang hijau..bisa di campur dengan sedikit bubur ketan hitam. Atau jika versi bubur kacang hijau Madura, bisa juga di jadiin es bubur kacang hijau lho..seger dech kayaknya buat buka puasa, yaitu dengan di tambah bubur ketan hitam, santan, susu kental manis, sirup merah, potongan roti tawar, es batu. Rasanya jadi seger dan unik
Nah..itu tips2 untuk membuat bubur kacang hijau ya teman..selanjutnya tips untuk membuat bubur KTI..apa itu..bubur KeTan Item..hihi. Biasanya kan bubur kacang hijau identik di tambah bubur ini ya. Nah..buat bubur ketan hitam ini juga lumayan lama merebusnya..karena sifatnya yang memang keras beras ketan hitam itu. Jadi perlu waktu lama merebusnya. Untuk sedikit menghemat waktu..kita bisa kukus dulu beras ketan hitamnya sampai matang, baru dech di buat bubur. Gula..santan dll..juga di masukin ketika bubur sudah hampir matang. Lalu aduk hingga mengental. Siap dech di sajikan terpisah atau bareng bubur kacang hijau. 

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya ya teman2..dan selamat menyambut datangnya bulan puasa..^^


18 comments :

  1. Mbak, mertuaku ngajarin klo mau cepat empuk kacang ijonya d'sangrai d ulu.. Tp skrg aq lbh suka pake panci presto, 10mnt udah mekar.. Klo tll lama malah kelembekan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Johanna..kapan2 tak praktekin tips dari mertua Mba...mksh infonya..:)

      Delete
  2. Mba Diah Didi, maaf mau tanya, air bekas ngerendam kacang ijonya dibuang aja tau dipakai langsung untuk ngerebus kacang ijonya?Kan ngerendamnya semalaman ya.. Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  3. maaf mbak diah ,tolong dishare resep bubur kacang hijau dan bubur ketan hitamnya ya mbak, biar bisa saya praktekin, makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..nanti di update dulu ya postingannya..di tgg..:)

      Delete
  4. Mba.....bagi tips rebus santannya supaa ga pecah donk...

    ReplyDelete
  5. Mba biar kacang hijaunya jadi empuk cara merebusnya gimana?

    ReplyDelete
  6. Boleh dibahas analisa usaha nya mbk

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Ya atas tips dan ilmunya semoga menjadi pahala ya buat yang menulis, dan bermanfaat juga buat saya yang baru belajar membuat bubur kacang hijau

    ReplyDelete
  8. Mbak maaf bubur kacang kalo disimpan dikulkas berapa lama tahannya ? :)

    ReplyDelete