Sunday, June 29, 2014

Menu Takjil..Nagasari Hungkwe Pandan


Masak apa hari ini....?..Wah..aku tadi seharian masih melanjutkan bikin stock lauk..jadi baru bisa update blog dech..biar besok2 bisa segera ujicoba berbagai macam kue kering ya..sesuai request beberapa teman yang minta resep2 kuker baru. Oke dech...mumpung udah kelaaaar semua kerjaan aku updat resep baru utuk menu takjil puasa ya teman2. Ini adalah jajan pasar favoritku kalau buat takjil buka puasa..yaitu kue Nagasari hungkwe. Rasanya itu lho..lembut banget..apalagi kalau pakai pisang raja yang benar2 matang dan harum..hemm..enak sekali. Makin nikmat lagi jika sebelum di sajikan..masukin kulkas sebentar saja..jadi di makan..nyess gitu dech.


Kue ini selain mudah sekali cara membuatnya..juga murah meriah lho teman2..dan hasilnya juga jadi banyak lho..jadi bisa di bagi2 atau cocok buat usaha jualan takjil sore2 gitu..pasti menguntungkan dech. Yukk catet dulu resepnya ya..siapa tau bisa jadi salah satu ide menu buat takjil besok. Oh ya..nagasari hungkwe ini tingkat kelembutannya sesuaikan selera aja ya teman2..mau lembut banget kayak yang aku buat..ya sesuai resep..mau agak padat sedikit..ya kurangi aja sedikit jumlah cairannya..atau tambahin dikit tepung hungkwenya. Selamat mencoba ya..^^
Nagasari Hungkwe Pandan

Bahan:
8-10 buah pisang raja yang udah tua, kukus sebentar
1 25 gram tepung hunkwe ( harus di timbang ya..soalnya ada tepung hungkwe yang pas 1 bungkus beratnya 125 gram..seperti merk layang2..tapi ada juga ya cuma 100 gram..nah kalau yang 100 gram ini nanti keenceran adonannya..jadi musti lebih dari 1 bungkus, jika mau tekturenya lebih padat ..tambahin aja jadi 150 gram sekalian tepung hunkwenya )
200 gram gula pasir
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
Pasta pandan secukupnya
1250 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
Daun pisang untuk membungkus

Cara: 
Kupas pisang, potong menyerong kira2 1 cm, sisihkan
Cairkan tepung hunkwe, pasta pandan dengan sebagian santan, sisihkan
Didihkan sisa santan, gula, garam, dan vanili
Masukkan cairan tepung hungkwe, aduk sampai kental dan matang
Ambil selembar daun pisang, beri 1 sendok makan  adonan  selagi panas
tumpangkan 1 potong pisang, tutup dengan 1 sendok makan adonan lagi. Lipat dan rapikan. Biarkan dingin dan mengeras . taruh di kulkas sebentar..semakin enak rasanya.

8 comments :

  1. Mba menu berbuka ku hari ini juga pakai bungkus daun pisang dan ada pisangnya juga mba hehehe... (emang paling nikmat menu ringan2 gini ya mba untuk berbuka, enak dan lumayan kenyang) btw nagasari hungkwe ini aku belum pernah coba,,, kebayang deh lembuuutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kompakan kita mba Tina..hihi. Cobain dech hungkwe ini mba..lembut bingits..hihi

      Delete
  2. Hmmm... wanginya sampai kesini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Santi..harum pandan dan legit aroma pisang..hemm..eh puasa..hihi

      Delete
  3. Mbak kalau pakai tepung hunkwe 1 bungkus 125g itu hasilnya bs jadi berapa biji ya? Kebetulan masih ada tepung hunkwe kacang hijau sisa bikin cendolnya ala mbak Di kmrn. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Byk Mba..20 bungkus lebih...hihi..bis adi bagi2 dech..:)

      Delete
  4. Klo susah cari daun pisang,
    Cetak di wadah kaca, merubah rasa ga ya mb?

    Simpen di kulkas bisa tahan berapa hari misal belum abis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..atau pakai cetakan talam kecil2 itu juga bs. Tapi jangan di simpan lam2..paling 1 2 hari ya di kulkas..:)

      Delete