Sunday, June 1, 2014

Jelajah Pasar..Keunikan Pasar Gang Baru Semarang



Sudah bertahun2 tinggal di Semarang...pasar yang paling sering aku datangi ya pasar di Semarang atas saja atau Ungaran. Kalau di bawah..paling2 pasar Johar beberapa kali pernah ke sana. Bukan apa2 sich..suami dan anak..paling anti kalau di ajak ke pasar bawah yang crowded gitu..hihi. Mendingan ke mall kalau ke bawah kata mereka..padahal..emaknya nich paling suka ngubek2 pasar di banding ke mall. Nah..tadi pagi nich..iseng lagi pengen sarapan ke bawah..akhirnya berhasil merayu suami buat makan mie kopyok Pak Dhuwur yang di bawah..hihi. Nanti aku review terpisah ya teman2. Nah..habis sarapan bingung mau ke mana..iseng..aku usul aja jalan ke Pasar yang selama ini pengen banget aku datangi di Semarang bawah..yaitu pasar Gang Baru..yang katanya banyak makanan unik2 di sana. Dan..yess..akhirnya aku berhasil menjelajahi pasar unik tersebut..walau Yodha dan papinya ngomel2..karena capek menyusuri pasar yang sebenernya nggak terlalu luas..hihi. Ah..dasar pada banyak alasan..kalau di ajak ke pasar2 gini..hihi. Apalagi papinya..cemberut aja..soalnya aku kalap juga beli banyak jajanan dan sayur2 an yang nggak ada di atas..hihi...jadi harus bawa kantong belanjaan banyak..sementara aku asyik melenggang dan memotret makanan2 serta barang2 aneh di pasar tersebut..hihi..maaf ya pi..hihi...sekali2 nggak pa2 dong..jalan ke pasar..seru lagi..^^

Nah..saking semangatnya hunting foto tadi di pasar gang baru Semarang yang unik ini..sampai2 banyak sekali foto dalam postingan ini..hihi..ngeditnya aja sampai berjam2 tadi..akhirnya sampai setegah foto2 nggak ku kasih watermark..udah capek duluan..hihi. Tapi seru..dan puas..bisa pergi ke sana dan memotret aneka makanan unik. Semua aku tampilkan ya hasil buruan foto ku teman2..sebenernya masih banyak lagi sich..cuma karena keburu2 ya sedapetnya aja ini udah lumyan banyak sich. Oh ya..sebelumnya minta maaf juga ya..jika ada foto2 makanan yang mungkin nggak bisa di makan oleh umat muslim..aku cuma potret aja sich buat dokumentasi kekayaan kuliner pasar tradisional di Semarang ini ya..aku nggak beli kok..tadi lebih banyak beli jajan pasar yang unik2 dan tentu saja halal...kayak sayuran, buah, hasil laut, dll.

Pasar Gang Baru di Semarang ini memang unik..karena bukan pasar biasa..tapi cuma pasar yang ada di sepanjang salah satu gang di Semarang..aku pertama ke situ tadi ya kaget..lho mana pasarnya..hihi..ternyata ya cuma sepanjang gang2 tersebut orang berjualan..dan tutupnya juga cepet..cuma sampai jam 11 siang kata orang2 di pasar yang aku ajak ngobrol tadi. Tapi serunya itu..para penjual di pasar tersebut sangat ramah dan banyak yang udah tua2 gitu..senang mereka menjelaskan apa2 saja yang mereka jual. Jadi seru dech tambah banyak ilmu juga. Enaknya lagi pasar ini ndak ada atapnya..jadi pas pagi2 jalan ke sana..malah enak..bisa motret dan ada cahaya matahari alami..hihi...jadi hasil jepretannya lumayan tajem2..beda kalau di pasar yang tertutup dan gelap. Yang paling menarik di pasar ini adalah banyaknya jajan pasar unik2 dan langka..serta enak2 rasanya. Palings eneng tuch ketemu kue moho yang enak banget rasanya tadi..serta gempol pleret yang juga enak. Tapi memang harganya lebih mahal di banding jajan pasar di pasar lain..ya mungkin karena kebanyakan yang belanja di situ adalah orang2 menengah ya..jadi walaupun suasana pasar..tapi bersih lho di dalam..nggak banyak lalat dll..dan yang di jual tuch berkualitas semua kayaknya..misal..jajan pasarnya bersih2 dan enak2 rasanya. Kayak gempol pleret aja sebungkus 5 ribu..tapi bener2 bersih dan enak..kue lapis 3 ribu..dll.

Ikan dan hasil laut di pasar ini juga gede2 dan seger2..produk2 lain kayak sayuran dll aja malah lebih komplet dari supermarket..sayur2 aneh dan unik yang biasa aku beli di supermarket..eh malah ada di situ kayak peterseli , buah bit, dll..hihi..lebih murah tentu saja di banding di supermarket. Aku beli beberapa bahan juga yang unik..misal..ifumi kering..kwetiau basah..jamur2 segar..sayur langka dan aneh2..dll. Memang pasar ini lebih banyak unsur budaya Pecinan ya..karena lokasinya memang berada di daerah Pecinan yang terkenal di pusat Semarang. Oke dech..jadi siapa tahu ada teman2 yang mau main ke Semarang..yukk mampir ke pasar ini..seru lho..sekedar melihat2 keanekaragaman budaya dan kuliner unik yang udah langka. Buat teman2 yang asli Semarang..yang mungkin tinggal di luar Semarang..semoga bisa jadi obat rindu ya..jajanan unik dan khas Semarang yang mungkin pernah di beli juga di pasar yang khas dan unik ini. Yuk..mari kita jelajahi pasar gang baru lewat beberapa foto yang aku abadikan ya..^^
  • Begitu masuk..pasar di sambut aneka jajan pasar yang sungguh menggoda..dan emang enak2 rasanya. Kue lapis pepe ini..wuih..enak banget..dan cantik banget juga.....jadi pengen buat sendiri kapan2..^^
  • Aneka bacang dan bakpao..ada yang boleh di makan..ada yang tidak..tadi suami..coba yang isi ayam..enak katanya..^^



  • Kue moho..ini kue jadul yag udah langka..tadi aku beli..enak banget..beda sama yang pernah aku beli di pasar2 lain..kayak di pasar gede Solo..dll..lebih enak ini banget..^^
  • Ini kesukaanku banget...gempol pleret..biasa di buat es..enak banget dan bersih banget lho walau di jual di pasar..memang harganya mahal..5 ribu satu bungkus..hihi..tapi gempolnay empuk..ngeprul..^^
  • Ini ketan biru..warna birunya cantik banget ya..alami lho pewarnanya kata yang jual..enak banget..sayange mahal..hihi..satu paket kecil ini 4 ribu rupiah..ada yang tau teman2..pewarna biru alami bunga telang ya?..Bisa di beli di mana ya..?

  • Ini nasi jagung dan gudangan,..hemm enak ini perah makan..^^
  • Ini bumbu apa juga aku ndak tau..hihi..asal motret aja..lupa tanya2..ada yang tau kah ?
  • Ini kerang tapi imut2..apa sama dgn kupang ya ?? ^^..aku beli juga sich..hihi
  • Ini bukan tahu bacem lho teman2..tapi tahu coklat..lupa nanya gmn bikinnya tadi..katanya buat masakan spt bakmoi dll..^^
  • Bandengnya gede2 banget..tapi ki bukan presto kata koh yang jual..katanya bandeng pindang..enak dan gurih..^^
  • Ini tak beli juga tadi..lobak kering..tapi mau di masak apa ya..hihi..masih belum py ide ..:D
  • Ini telur asin tapi masih mentah..murah..cuma 2500 sebiji..besok mau tak buat bothok telur asin..^^

  • Ini tauco homamade..aku beli juga tadi..^^

  • Ini mi buat ifumie enak kayaknya ..besok buat ah...^^
  • Kulit lumpia ini murah banget..gede2 cuma 3500 10 lembar..^^
  • Asinan sawi..tadi mau beli kok..lupa..huhu..di atas jarang ini yang jual..^^
  •  Tempe bungkus segitiga..jadi inget jaman cilik..hihi..dulu ibu suka bikin sdr tempe gini..^^
  •  Gula aren asli..gede2..langsung beli..buat stock puasa nanti..^^
  •  Buah Siwalan / lontar..sebiji 1000 rupiah..^^
  • Kecap Mirama..kecape wong Semarang..kata suamiku sich..hihi..tapi enak juga memang..aku sering beli juga..selain kecap lele..^^

 
  • Kekian ^^
  • Terasi udangnya juga mantep2..^^
  • Ini telur kukus..^^
  • Ikan asinnya gede2 dan bersih2..^^
  • Rebung segar..buat lumpia..^^
  • Aneka bakso homamade..^^


  • Paprika juga murah lho..^^

 

  • Ini aneka bakso homamade..^^

  • Ini kekian..yag terkenal dari Semarang..biasa buat masak tumis, campuran mie goreng atau nasi goreng..cap cay..dll..aku sich udah sering bikin..jd nggak beli..hihi
  • Ini timun krei ya..taua pa tadi ya..katanya buat campuran mangut..enak..^^
  • Ini terong apa tadi ya ..lupa..kata mbah yang jual buat sayur bening..besok tak cobanya dulu..tadi aku beli soalnya..belum pernah makan ini..:D
  • Yang ini bukan makanan lho ya..tapi spon alami buat mandi..terbuat dari gambas kalau nggak salah ya..:D
  • Ini buah bit..murah juga di banding beli di sp..hihi
  • Ikan tenggirinya gede2 banget..sekilo 45 ribu...murah juga sich..:)
  • Ini jamur merang seger..murah lho..^^

  • Ini ikan asap panggang yang sering aku masak buat mangut..biasa dari ikan pari atau ikan manyung. Kalua kepalanya di sebut ndas manyung,..malah nggak ada tadi..:)
  • Yang ini nggak boleh di beli ya..:D..di foto aja..






71 comments :

  1. waaahhh...keren liputannya ya mba! aku juga lebih suka di pasar tradisional, kalo udah kenal bakule malah seringnya dapet lebih, mana bisa kalo di mall ya mbaaa hehehehe........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Mba Esti..kalau kenal bakule..ndak usah nawar pun suka di kasih bonus ya mba..hihi

      Delete
  2. Aku suka nih liputan kyk gini. Ada yg kurang tuh foto sayur sawi asinya. Besok ps. Peterongan, johar, bulu, karang ayu sama ps. Jati yaaa mbak. ( auli -semarang )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Auli...tapi musti merayu suami dan Yodh adulu nich...hihi..biar ada assisten yang bawa belanjaan..:D

      Delete
  3. Wah sama ky suamiku mbak, klo d'ajak k'pasar mukanya cemberut, soalnya banyak bawa belanjaan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Johanna..kalau aku minta tolong beliin apa gt yang kurang di pasar deket rumah..di beliinnya malah di superindo..hihi.

      Delete
  4. Berasa langsung seret begitu lihat Moho hehehee...kesukaanku waktu kecil itu Mba. Cuman ya itu, klo makan pasti nempel semua di gusi dan bikin sereten :D

    Rekues Mba, kapan2 ganti Pasar Prembaen yg diliput. Aku mau foto sawarma dan roti maryamnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ini yang di gang baru kue mohonya enak banget lho Mak Uniek..masih berasa seret dikit sich tapi enak dan wangi..suka dech beda sama kue2 moho yang pernah aku makan..:D

      Delete
  5. Kue moho? Wow...jd teringat waktu ospek pas mo masuk FE Undip dulu. Suruh bawa kue moho, mana tau aku yg jual kue moho malam2, di Semarang pula, hadddeeehhh, aku kan pendatang yg jarang ke Smg.
    Tp jd terkesan bgt ma kue moho Smg, pdhal di Mgl jg banyak, inget pas disuruh makan kue moho tp gak boleh minum, serrreeetttt, hahaha...
    Makasih mb Di, postingannya. Pasti msi banyak gambar2 lain ya? Ayo dunk tampilin di cerita gang baru jilid 2.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah iya..ini kue memang jadul dan antik ya Mba Ida..makanya di suruh cari pas ospek..biar susah di carinya ya..hihi.
      Eh tapi yang ini enak banget lho mba..di makan nggak pake minum dulu juga enak..yang aku beli id pasar gang baru ini..^^

      Delete
  6. suka banget liputan ini, jadi pengen makan nasi jagung+gudangan+ikan asin. btw pewarna biru alami itu bukannya bunga telang ya? klo disini sih suka tumbuh liar dipinggir jlanan. klo bunga lawang itu setauku pekak ya?

    Mey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bunga telang ya Mba Mey..hihi..aku salah denger kmrn berarti..kirain bunga lawang..lol..terus itu biasa di beli di mana mba..bunga telangnya ? ..ada yang jual nggak ya ?

      Delete
  7. thank you for the pictures, mba Diah .. I really miss 'a traditional' market .. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom Nisa..sama2..ayukk kapan mudik..jelajah pasar sepuasnya..:)

      Delete
  8. Wahhh... ternyata mba diah sering ke pasar ungaran tooh.. lumayan deket kalo mau nyegat mba diah.. hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Wiwid..aku sering ke Ungaran..kalau sore ke alun2 makan nasi goreng..sering juga..:D

      Delete
  9. Salam kenal mbak Di, saya pengunjung setia blognya...liputannya seru..berasa excitementnya, di jogja ada pasar unik kayak gitu nggak Mbak? Saya tinggal di Jogja nih. Jd pengen ke semarang, tour kuliner (n pasarnya juga, liat foto sawi asin langsung kebayang asinan bogor yg seger) hihihi (Any-Jogja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Any..mskh mba..di Yogya byk juga ya Mba..nanti tak ubek2nya pas mudik weekend bsk...hihi

      Delete
  10. uwaaaaaaas jd pgnnn bgt ke semarang q mbk...jajannya unik2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hannaa..ayukkk sini yukkk tak ajak ke pasar..hihi

      Delete
  11. Tepatnya dmana mb pasar gang baru? Aq pernah denger pasar gang baru.. Kirain pasar banyumanik pas pindah ke lapangan waktu itu, ˆ⌣ˆ✗¡✗¡✗¡ ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di daerah Pecinan Mba..di belakang gang yang biasa buat festival jajanan Semawis tuch lho mba..:)..hihi...pasarnya sich bagusan pasar Jati yang sekarang..tapi unik gt kalau pasar gag baru ini..soalnya ya memang cuma di sepanjang gang hihi.

      Delete
  12. Mbak Di.... Moho, gempol...jajanan kesukaanku semasa kecil. Kalau kerang yg imut itu dulu ibuku nyebutinnya "bukur", dibumbuin lada & bawang putih trus dikasih telur dan digoreng deh seperti perkedel...enak banget buat lauk, gurih. Itu siwalan murah banget sih mbak, trus terongnya ndud2...aku baru lihat. Pantesan mbak Di kalap...semua diborong...hihihi. Cover majalahnya oke....langsung laris tuh nanti, kalau royaltinya keluar bagi2 yo....hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ertiana..sama..aku suka banget gempol..wis nanti tak cobanya itu kerangnya di rebus dulu ndak mba ?..Iya..siwalannya murah ya..enak itu sege rbnagte ya Mba..:)

      Delete
    2. Ga usah direbus mbak, cukup dicuci di bawah air mengalir biar pasir2nya ilang. Habis itu kalau mau direbus ya gak pa2 mbak cukup sekali mendidih langsung angkat. Itu bakso homemadenya bikin nafsu dan yg lainnya jg bikin ngiler, pasti kalau aku ada di situ bisa kalap juga...hehehe

      Delete
  13. Suka yang murah2 dan bagus kualitasnya hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Kania..bahan2 makanannya murah2 dan bagus2..cuma jajan pasarnya yang mahal2..hihi

      Delete
  14. wah keren, kekian itu apaan sih mbak di? terbuat dari apa n rasanya gimana? hihihihi.. maap gak pernah makan soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba Nouru..kekian itu kayak bakso gt dech mba.,.di buat dari udang dan ayam..biasa di buat untuk campuran cap cay..nasi goreng..mie goreng..dll..aku udah pernah posting resepnya kok Mba..klu mau coba..:) http://www.diahdidi.com/2013/05/kekian-kukusyang-iniasli.html

      Delete
  15. Mbak Di Bunga Teleng yang buat pewarna alami makanan itu mesti tanam sendiri biasanya. Nggak ada yang jualan . Sepertinya gampang numbuh kok pohonnya. Minta akarnya aja sama yang jualan ketan biru siapa tahu dikasih..he2.@ Fenny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu..nangis dech..:D..ndak ada yang jual ya Mba Fenny..pdhl penasaran bgt pgn bisa buat sdr..iya dech kpn2 tak merayu yang jual minta bibitnya..hihihi

      Delete
  16. mba..yang bumbu kayak kemiri itu namanya kacang lakci. biasanya dipakai untuk isian bakcang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu Mba Febry..makasih infonya ya Mba..ntar tak beli dech kalau ke sana lagi..aku pgn bikin bakcang ayamnya..hihi

      Delete
  17. wuihh asiknyaaa.. aku juga suka jalan-jalan wisata kuliner enak dan unik2.. nanti kalau ke semarang pengen deh ke pasar gang baru.. ntar jalan bareng ya Mbak Di... hihihi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Intan..main sini ya..nanti tak ajak keliling pasar di Semarang..:D

      Delete
  18. Salam kenal mbak didi, sy sering nyontek resep2nya buat dipraktekin dirumah. Alhamdulillah cucok...Makasih mbak. Klo di pasar gang baru banyak yg label g halal ya..trus gimana nemu yg halal mbak. Pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba..:)
      Kalau aku ya beli yang pasti2 halal saja Mba..misal..hasil seafood..sayur mayur dan buah2 annya..jajan pasar yang jela stau bahan2nya.dll..selebihnya jalan2 saja..liat2 makanan unik2 dan aneh2..yang nggak ada di tempat lain..:)

      Delete
  19. Pasar gang baru emang woke mbk kalau dilihat dr kwalitasnya tp hrgnya selangiiit bo... tp ya gpp sebanding kog sm rasanya aku jg seneng ke psr gg baru. Psr prembaen recomended jg lho mbkkkk pst tmbh seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba..tapi memang enak lho jajan pasarnya..beda ya sama di pasar2 tradisional lain yang terkesan asal jadi dan asal jualan..hihi.
      Oh iya..pasar Prembaen di mana tuch mba?..Maklum aku bukan asli Semarang..dan suami ya nggak hobby ke pasar sich...hihi

      Delete
  20. Waaah ini tho mba liputan hasil jalan2 ke pecinan kemrn...kereeeeeen...seruuuu uniiiiiik...tauconya masi ada mbaa..mau doong..hihihi..trs itu ketan birunya unyuuuu bangeeeeet...bandengnya juga menggodaaaaa....nasi gudangannya bikin napsuuuu....gula merahnya...minta doong hihihi....jd pingin main ke semarang
    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aulia...seru dan kalap belanjanya..hihi..iya mba sini tak ajak ke sana wis..:)

      Delete
  21. Daerah kranggan mbk tp yg plg ujung dkt jl tamrin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..mksh infonya mba..kpn2 tak ke sana..:)

      Delete
  22. kalo yg kyk timun krai tuh di tempatku di Ngawi namanya buah bligo (tp koq ga ada bedaknya ya...hihiii...)bener ga yaaaa....enak dibuat manisan...dulu wktu msh di kampung sering bikin manisan buah bligo...bnyk tumbuh di kebun belakang rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Harsini..ini ndak ada bedaknya mba..jd sama apa beda ya Mba..hihi..di buat manisan kayak setup gt ya mba..wah seger kayaknya..:)

      Delete
  23. haloo mba diaahh.. salam kenal.. wah kebetulan banget bisa tau pasar ini dari liputannya mba diah, mau tanya mba kalo daun2an seperti daun ketumbar dll yg susah dicari ada ga mba kira2 di situ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Evi..slm kenal juga ya :)
      Ada mba..kayaknya lho..di bagian tengah2 ..macam2 sayur2 aneh dan yang biasa di jual di spm ada..:)

      Delete
  24. mba dd, lau maw k ps.prembaen lewatnya di jln.depok, mba...nanti ujung jl.depok sebelum lampu bangjo, apa sebelum RM.padang plus, ada gg.namanya prembaen, nha ps.prembaen tu hampir kaya ps.gg.baru...1 jln tu aja...ttp lbh lengkap d ps.gg.baru sih mba...hehehehehhe...cm mba dd nti lau k ps.gg.baru hati2 pilih seafoodnya mba...krn dsitu ada yg nakal pjualnya...hehhehehe...*skedar info aja...hbs aq sebel bgt sm penjual yg g mikirin konsumen...cm msh bnyk kok yg gak nakal..*
    enaknya d ps.gg.baru tu lengkap bgt yg maw d beli, mba...pedagangnya klo untk d tny ttg halal pa tidaknya jujur kok & klo beli ikan pa ayam, biasanya mrk maw bersihin / motong2in... hehehe...jd g repot pas maw ngolah..hehehe...

    vero

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba vero..makasih infonya..:)...bener kok..memang jujur ..aku pas masuk toko kelontong yang bergaya Chinese jadul gitu kan banyak nemu bahan unik2 yang aku ndak tau..aku iseng tanya2 aja..ya mereka bilang dari bahan apa..misal halal atau tidak gitu..setelah banyak tanya2 karena aku belum tau mau di buat apa jika beli bahan2 tersebut.. akhirnya aku cuma beli kulit kembang tahu kering..hihi..besok mau tak buat kekian ahh. nanti kapan2 mau yang ke pasar gang satunya itu Mba..hihi.

      Delete
  25. komplit liputannya bunda yodha ini.....ada satu yang belum penjual nasi pecel pake pincuk si penjual sudah sepuh tapi bumbu pecel nya mantab banget, sampe sebelum berangkat ke Abu Dhabi aku sempet beli 1 kg bumbu pecel untuk tombo kangen kalo pengen makan pecel, letak nya ditengah deket penjual ayam potong trus di depannya ada yang jualan jajan pasar kaya kue cucur, apem, nagasari dll muraaaahhh banget harganya dibanding jajan pasar yang di pasar Jati banyumanik masih murah ini juga kualitas rasa enak. Aku sering mbak belanja ke pasar gang baru semuanya ada kualitas oke juga. Jadi inget pernah belanja bareng emak2 Semesta denga bunda Glenys n bunda Rafanel seruuuu deh hehee, pulang dapet macem2 bandeng pindang yang super jumbo, tauco homemade itu khusus dateng dari kota Tegal kalau dibikin soto tauoto nyamleng enak tenan, trus biasanya aku kalau beli sayur yang penjualnya lapak jual di bawah di letakin di tanah lebih murah harga nya dibanding yang punya kios2 harga selisih lah. Dan disitu aku punya tukang gendong langganan juga lho bund....hehee.....sekarang cuma bisa ngiler liat postingan ini, kalau mudik mau blusukan ahhh....o iya satu lagi pasar yang mirip ini pasar depok di jalan depok di situ juga lumayan lengkap, aku suka beli es dawet dan kue gandos anget2 selain bahan belanja harga relatif sama tapi lebih banyak pilihan di gang baru. Btw ini bunda nya Hafizh bund....salam kangen ya...keep posting yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Bun..udah aktif nge blog lagi ya...:)..semangat..:)
      Wah..iya..seru bun..kalau ke sana rame2 pasti ya..kalau sm Yodha dan papinya mah cemberut semua di ajak ke pasar gt..hihi.
      Kmrn ndak liat akau penjual pecelnya..kpn2 tak baleni lagi ah..:)
      Gima Hafizh betah Bun..sekolahnya baik2 juga kan..salam ya dari Yodha..:)

      Delete
    2. wa'alaikum salam...Hafizh lagi exam sebelum puasa langsung summer holiday lumayan lama 2 bulan bund...Yodha sudah holiday ya, semangat belajar dear Yodha...iya ini blog untuk menghilangkan kejenuhan salah satunya ya terinspirasi blog nya bunda Yodha ini ada aja ide hihiiii...kalau aku sudah no idea paling gampang telor dadar kecap sama mi rebus selalu sedia setiap saat heheee.....iya bund, hunting ke gang baru itu asik apalagi kalau belanja sudah agak siang harga bisa di goyang seperti daging sapi, ayam bahkan udang yang jumbo super fresh lumayan murah karena penjual di situ setauku juga sebagai suplier resto2 ternama seperti simsix di Ngesrep, juga resto seafood pada belanja bahan ke situ

      Delete
    3. Sippp Bun..ini Yodha baru mau ambil rapor besok Sabtu..abis itu libur 1 bulan..terus udah kelas 3..hihi..ndak terasa..:)

      Delete
  26. Mba Di .. salam kenal saya Lia dari Tangerang, aku suka banget baca & liat foto" liputan kuliner kayak gini mba di share pula, 2 jempol deh buat mba Diah ;-), oia mba .. ibuku pengen banget tuh terasi kayak gitu, lebaran tahun lalu dikasih teman yang mudik dari Pati asli enak dipake buat nyambel dsb, pernah beli model bungkusan daun kayak gitu di supermarket tapi rasanya lain, kalau Mba Diah ga keberatan boleh ga aku titip nanti aku transfer uangnya hihihi ngarep.com .. sukses terus sama blognya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Lia..tapi mungkin minggu depan ya..baru bisa ke sana lagi..hihi..saple weekend besok ada acara..:) mba tinggalin alamat email aja..nanti tak hubungi..jika udah ada..terasinya.

      Delete
    2. Senangnya comment ku dibalas sama ibu cantik ini (jingkrak jingkrak girang banget, hehehe ... ), aku kagum banget, mba sempet sempetin reply comment satu-satu, aku sama temen kantor sebelah aku pencinta blog nya mba Didi, setiap hari kuikutin update nya ku contek resepnya & praktek pastinya, pokoknya so inspiring mba. ini alamat emailku mba : lia.marliana83@gmail.com, sekali lagi maksih ya mba Di, # dari yang lagi kegirangan dapet reply dari ibu master ;-)

      Delete
    3. Ya mba..nanti di kabari ya..:)

      Delete
  27. Huwaaa..unik2 yaa mba jajanan nya,keliatannya enak2 semua..oy,itu spon mandi yg terbuat dari gambas klo disana namanya ap mba??klo orang kalimantan sini bilangnya jabau..hhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ..enak2 ini..hihi.
      Wah..aku malah ndak nanya namanya..itu memang buat mandi ya?..hihi..aku belum eprnah make Mba..:)

      Delete
  28. mbak didi, nanya dong.. bisa jelasin lokasi persis ny pasar gang baru itu di mana? hehe
    kebetulan saya suka masak dan tertarik bgt ke sana stlh baca tulisan mbak :D
    makasih lho mbak :)
    salam kenal, saya Nora dari Jakarta (tapi pernah ke semarang) ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nora..ada di Pecinan belakang pasar Johar Semarang ..belakang komplek pertokoan Jornatan..:)

      Delete
  29. belanja bu.... ada yang abis ngeborong nih. hihihi..
    pasarnya lengkap ya.. kalo deket gitu, aku bakalan tiap hari blanja mba, sayangnya jauuuh....>.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..kalap kalau ke pasar..:)
      Bareng ya Mba..ke situ kalau deket..pasti seruuuu:)

      Delete
  30. yg bikin paling ngiler itu jamur merangnya mba,,,hiikksss di denpasar susah bgt nyarinya. Oiya mb diah,sy sering beli jamur merang yg dikalengin,tp kok rasanya asem ya?gimana cara ngilanginya?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Husnul..iya aku ya baru nemu di situ mba..jamur merang segarnya..:)
      Kalau beli yang kemasan itu di cuci pakai air hangat Mba..kalua aku..biasa..kan udah di rendam air lama ya Mba..jadi ya asem..hihi

      Delete
  31. Salam kenal mbak Diah, seru lihat postingan mbak tentang pasar.menarik banget. Kebetulan sy orang Jogja yang tinggalnya di Ungaran dan bekerja di Semarang hehehe....jd kl mau wisata kuliner sy sering ngunjungin bloknya mbak..sekali lagi salam kenal mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Arsita..salam kenal juga Mba..wah..sama mba..dari Yogya ya..hihi. Say malah sering ke Ungaran juga mba..klu jajan..lewat tol...cuma 15 menit ya skrg..:)

      Delete
  32. wah, jadi ingat masa kecil dulu suka diajak ibuku ke pasar gang baru. Masih becek ga, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp :)
      Nggak becek bgt sich..skrg udah mendingan..:)

      Delete
  33. Mbak Di, gbr yg diapit nasi jagung & kupang yg ditanyain namanya Lakci, utk isian bakcang komplit, sejenis kenari gitu / kemiri mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..mskh infonya ya Mba..jd nambah ilmu..:)

      Delete