Sunday, May 4, 2014

Kering Kentang Mustofa


Sudah lama sich mendengar tentang *Kering Kentang Mustofa* ini..yakni kering kentang yang di iris kecil2..di potong korek api atau di serut. Tapi mau bikin ya lupa2 terus..dan aku pikir rasanya kan ya sama aja kayak kering kentang yang usdah biasa ku buat..cuma bedanya di iris kecil2..kalau di sini di iris lebar2 dan tipis. Ternyata dugaanku salah..hihi. ternyata kalau di iris kecil2 gini..lebih renyah dan enak..dan bumbu2nya juga bisa merata dan lebih terasa. Jadi pengen bikin sendiri karena kemaren hari Jumat tuch ada temen Yodha ultah dapat nasi box..eh salah satu lauknya kering kentang mustofa gini..setelah mencoba Yodha kok suka..kriuk2 enak katanya..aku cicipin ya memang enak sich.

Yo wis..langsung bikin aja tadi..dari pagi nguplek dech di dapur bikin kering kentang ini..bikin sekilo aja lumayan lama gorengnya ..tapi sesuai dech hasilnya.enak..kriuk2 renyah..nggak mau berhenti dech kalau udah nyicip. Tadi aku coba dua versi nggorengnya..yang pertama aku serut halus, tapi aku malah kurang suka hasilnya..menggumpal2 kayak bihun goreng..akhirnya aku potong aja manual..bentuk panjang2 korek api..nah ini baru oke..lebih pas kriuk dan bentuknya..^^

Dan tumben2 an tadi pada berebut ngemil kentang kering ini Yodha sama papinya..hihi. Tenang, masih ada separo lagi yang belum di beri bumbu..ndak usah berebut ya..hihi. Tadi memang aku uji coba dulu bumbunya..karena baru pertama ini bikin kering pakai gula pasir, biasanya pakai gula merah..jadi nggak semua aku kasih bumbu..jadi kalau kurang pas kan masih ada bahan yang sudah di goreng..tggl di bumbuin lagi..ternyata tadi udah pas..enak. Tapi tetep bumbuin sisanya besok saja..klu yang ini udah habis.,.biar awet kriuk.

Ya udah dech,..ceritanya dikit aja ya..soalnya Yodha udah teriak2 minta makan siang tuch..hihi..resep ala aku sendiri ya bumbu2nya. Aku pakai resep yang bumbunya minimalis aja..hasilnya enak lho teman2. Cocok nich buat di jual juga soalnya awet gitu kriuknya..:)

Kering Kentang Mustafa Ala Diah Didi's Kitchen

Bahan :
500 gram kentang, serut atau potong korek api kecil, rendam di air kapur sirih secukupnya ( dari 1 sendok teh air kapur sirih di campur air secukupnya sampai kentang terendam, diamkan sekitar 15 menit. Cuci sekali, tiriskan lalu goreng hingga kering dan renyah. *Gunakan minyak banyak dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang irisnya agar cepat kering.

Bumbu :
10 buah cabai merah  ( sesuai selera ), haluskan sampai benar2 halus
4 siung bawang putih, haluskan
50 gram gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam secukupnya
Daun jeruk  4 lembar
Air asam encer Jawa 1 sendok teh

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air asam Jawa, kaldu ayam dan garam, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan juga kentang dan gula pasir, aduk kembali cepat ya hingga benar2 rata. Jika takut gosong matikan atau kecilkan api.

Tips : Gula pasir di blender kering dulu, jadi bubuk halus agar lebih cepat tercampur rata.


58 comments :

  1. Salam kenal mba,saya ina..mba,kapur sirih nya bisa diganti apa ya?soalnya susah carinya d kota pontianak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ina..yang tadi email ya..:)
      Nggak usah pakai nggak pa2 Mba..kalau nggak ada..itu biar tambah renyah saja kok. Di goreng saja pakai minyak banyak dan terendam kentangnya Mba..jika nggak pakai air kapur sirih..:)

      Delete
  2. Aslm.mbak. diah baru tahu klo namanya ada mustafanya ,tahunya kering kentang aja,biasanya ditempatku di tambah kacang tanah mbak ,kenalan dulu ah,aku umi di lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Umi..salam kenal juga Mba..:)
      Iya..kalau di Bandung dan sekitarnya begitu nyebutnya Mba..hihi..aku juga di kasih tau teman ..:)..Kalau di t4 ku ya kering kentang biasa..cuma lebar2 bentuknya..:)

      Delete
  3. jadi inget taun kemarin aq bikin kering kentang buat pelengkap nasi kuning pas acara ultah anak,,, tapi hasilnya malah wassalam mbak,, lengket semua sampai diketawain sama suami,,, kebanyakan gula kayaknya,,, akhirnya gk jadi dipake kering kentangnya aq makan sendiri 2 hari baru habis,,,,, hehehe belum bikin lagi sejak kejadian itu,,,, tapi liat resepnya mbk diah jadi pengin bikin apalagi ada kentang stengah kilo dirumah nganggur,,,, hehehe coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wo alah..jadi trauma ya Mba..hihi..ndak uash kapok..di coba lagi yukk..ntar kalau udah berhasil ketagihan dech..ini udah habis malah punyaku..Yodha sama papinya suka banget..:)

      Tipsnya ya Mba..nggak usah pakai air banyak2..kalau gula pake air malah menggumpal dan jadi lengket, taburkan saja di akhir dan di aduk rata, ntar kan meleleh kena panas gulanya dan langsung nempel di kentang tapi nggak lengket satu sama lain..:)

      Delete
  4. anak saya suka banget sama kentang mustofa ini nih... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama Mba Santi..Yodha ki sampe rebutan sama papinya...hihi..ini masih sedikit tadi pagi bilang..mi simpan ya buat nanti sore aku makan..hihihi..

      Delete
  5. Kentang mustafa tho namanya...lumayan sering bikin sih. Emang enak mba, anak2q jg suka..di gado malahan. proses nya rada lama bikin mustafa ini, tp abisnya wuussh..hihihi :D
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..nggorengnya ya yang lama sampe kering..tp kalau anak2 suka ..wis aku rela..hihi

      Delete
  6. di rendam pakai air garam juga bikin garing n berasa kentangnya gurih loh

    ReplyDelete
  7. Halooo mba diaaah..akhirnya mengulas juga masakan ini,ini kesukaan keluargaku..tapi selalu gagal ngebuatnya.pas goreng kentangnya itu lho mba..mlempes..tips nya apa sih mba biar bisa kriuk2..krn sll gagal akhirnya gapernah bikin lagi.nunggu kiriman ibu mertua hehee...anyway makasih resepnya dan ditunggu smsnya ya..hehe.aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Aulia..oke mBa..sgr ku sms ya..:)

      Mba di serut atau di iris mba kentangnya..aku coba dua kali kemaren..yang di serut memang lama banget keringnya..tapi akhirnya ya tetep bisa kering kalau sabar..cuma jadi terlalu kriuk kayak bihun mentah yang di goreng. Lalu aku uji coba lagi di potong korek api manual..itu lebih mudah kering Mba..ketika di goreng..^^

      Delete
  8. Mba di, aku kok tiap bikin kentang ini selalu menggumpal ya kentangnya pas digoreng huhuhu salah dimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di serut atau di iris korek api Mba..kalau di serut memang cenderung jadi lemes ya kentangnya..jadinya pas di goreng jadi lembek dan menggumpal..tapi kalau sabar ya bisa kering juga. kalau mau bagus dan nggak saling menempel..di potong manual aja bentuk korek api Mba..:)

      Delete
    2. Iya mba padahal aku dipotong korek api dan pake air kapur sirih juga tetep aja mba lembek menggumpal sampe stress bikin berkali2 gak pernah berhasil #lebay hihihihi

      Delete
    3. Hihi..berarti kurang sabar aja itu Mba..nggorengnya..:) Jadi pertama di panaskan dulu minyaknya mba..sampai benar2 panas..masukkan kentang, nah pas di masukin itu minyaknya musti benar2 panas..sampai bunyi berdesis ribut gt minyaknya..hihi..Kan..pas kena minyak panas itu kentang langsung kaku..nah..tggl di keringkan dech ..dengan di kecilkan apinya. Cobain dech..mg2 berhasil ya..:)

      Delete
    4. Oh harus panas bgt ya mba gorengnya, ya wes tak simpen dulu resep dan tipsnya dari mba hihihi masih trauma rama gatot berkali2 makasih banyak ya mba, nanti kalau udh berani nyoba lagi dan berhasil tak kabari ke mba di ya hehehehe

      Delete
    5. Ya mba..jadi begitu kentang masuk.langsung berkulit dech..biar nggak bisa saling nempel..habis itu tinggal kecilin apinya dan goreng terus hingga renyah sambil sesekali di aduk. Tapi ya..jangan panas banget ya minyaknya..ntar malah langsung gosong begitu nyemplung minyak kentangnya..hihi..pokoknya di tes aja ..cemplungi satu dua kentang Mba..kalau udah berbunyi mendesis minyaknya..itu tandanya udah panas minyaknya..:)

      Delete
  9. Barusan bikin malah gak berhasil mbak hiks hiks... gagal lagi gagal lagi kentanyaa lembek salah di mana nya yah mbak diah pdhal udh ikut tip dari mbak diah
    -Lani-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lani..udah pake jurus yang aku kasih ke Mba Dekyang di atas belum..jadi panasin minyaknya..sampe kalau kentangnya di masukin..bunyi..nyooss gt..hihi..jadi nanti kentangnya langsung berkulit..jadi nggak bakal lembek atau nempel2..tggl di kecilin apinya lalu goreng hgg kering. Oh ya..pakainya kentang yang kuning ya Mba..itu lebih kesat dan nggak lembek kalau di goreng..beda sama kentang putih..:)

      Delete
  10. Salam kenal mba,sy widi,mustofa ni makanan fav keluarga di bandung,kmrn sy bikin ini kentang goreng nya berhasil kriuk mba,tp pas disatuin ama bumbu kok jd basah ya?apa krna cabe+bwg putihnya diblender ya?trus gula pasirnya sy blender jg mba,pdhl rasa udh ok tp lembek :( mohon pencerahannya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..numis cabenya sampai airnya habis ndak ?..Harus ampai kering ya jika di blender..air dikit aja..sekedar buat melarutkan bumbu. Gula juga di blender kering kan ya..?

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kalo gula blender kering,,kmrn jg bumbu diblender airnya cuman 1 sdm,tp kyknya pas numis msh basah mba :) brarti gara2 itu kali ya?klo mba diah cabe nya diulek/diblender?jdnya pas mateng kyk sambel goreng kentang haha,,percobaan pertama padahal udh kebayang keringnya mustofa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tak ulek biasa Mba Ratna..tapi sampai halus. terus numisnya sampai bumbu benar2 kering..tandanya.bumbu dan minyaknya misah..:)..Coba lagi ya..semangat...:D

      Delete
  13. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slm kenal mbak ...suka bgt liatn praktek resep2nya...meskipun harus ngulang beberapa kali utk 1 resep dan bela2in bikin tengah mlm bareng maling karena br jam segitu nganggurnya...hihihi...Mbak, air kapur sirih itu bukan dr daun kapur sirih bukan ya? Soalnya susah carinya di kota saya, mama saya ngeyel kl itu dr daun sirih katanya....hehehe... trimakasih (ayu - blitar )

      Delete
    2. Hai Mba Ayu..salam kenal juga ya..:)
      Bukan mba..bukan dari daun..hihi..tapi dari air kapur sirih..tapi itu di Jawa memang buat nginang..atau buat makan daun sirih kalau nenek2..:D

      Delete
  14. wah patut dicoba ya mak Didi..tengkyu atas resep2 kerennya :)

    ReplyDelete
  15. Mbak Diah, ini kesukaanku.
    Keluargaku biasa sebutnya "ben cok".

    ohya, kata mama kalo ga ada air kapur sirih bisa diganti dengan air beras, tapi air berasnya harus yang masih agak kental.

    ah, belum bisa masuk dapur lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih..lucu namanya..ben cok ya Mak..mskh infonya..:)
      Sipp semoga berguna tipsnya buat temen2 lain ya Mak...ayo masuk dapur lagi..hihi

      Delete
  16. mau coba praktek ah hari ini...mudah2an berhasil...udah lama pengen praktek kentang kering..tp takut ga berhasil...lihat postingan mbak didi kok jadi pede :-D...makasih ya mba share ilmunya :-)

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Salam kenal mbak,kentang mustofa ini termasuk produk andalan ibuku nih buat jualan....hehehe...sekedar info saja biasanya ibu saya selalu memakai kentang tes namanya yg kadar air nya sedikit jd kalo di goreng tanpa harus di rendam air kapur sirih tetap garing, dan satu lagi yg gak boleh di langgar yaitu menggoreng kentangnya harus sedikit demi sedikit supaya hasilnya garing dan cepat kering, demikian sedikit tambahan dari saya, terimakasih

      Delete
    2. Sipp mba.mksh tipsnya..iya kalau goreng emang hrs dikit2..jk byk suhu minyak turun nanti malah menggumpal kentangnya..:)

      Delete
  18. Mba di.. cara membedakan itu kentang kuning apa putih saat beli d pasar gmn ya?? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya biasanya besar dan halus permukaannya mba..jk bingung tanya ke penjualnya ya..:)

      Delete
  19. Yeeeaayyy berhasil !!! Mustofa pertamaku sukses, enak dan renyah.. Bisa banget nih jd masakan andalan buat suami klo udah nikah nanti 😆 ter t makasih bgt loh resep dan tipsnya, berguna bgt

    ReplyDelete
  20. Garamnya berapa mba? Saya srg keasinan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit dulu mba..ntar kan bs di cicipin :)

      Delete
  21. hallo mak... oh mak diah bumbunya di ulek ya?cabe 10 biji sy mah ga kuat ah nguleknya,heee... pernah bkn mak tpi gagal mulu kentang'y jdi basah stlh dibumbuin,skrg mau coba lgi ah ngikutin step by step'y mak di atas mdh2n berhasil,terimakasih resepnya.... ^_^

    ReplyDelete
  22. Mbak Diah , saya Shella dr Bogor . Karena berhasil bikin mustofa ini dan aku upload d fb akhirnya jadi pada pesen ke aku mbak . Xixi makasih ya :)

    Mbak cuma aku mau nanya , knp ya tiap aku goreng kentang ini minyak nya selalu berbusa dan mudal keluar dr kuali . Minyak nya berserakan .. padahal udah langsung aku matiin api . Huhu
    Terkadang aku buat begitu .. terkadang tidak .
    Itu knp ya mbak ? Smoga dapat solusi .
    Makasih mbak Diah , sukses

    ReplyDelete
  23. Mbak, itu bumbunya pake air asam jawa. Nggak bikin kentangnya jadi basah ya? terus cabe merahnya pake cabe yang kriting ato cabe yang besar mbak? satu lagi, kalo masukin kentangnya itu nunggu bumbunya dingin ato begitu masukin kompor langsung dimasukin kentangnya? Makasih ya mbak..

    ReplyDelete
  24. Kl diganti gula halus gmn mbak? Spy ga ush blender gula pasirnya

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Mba... Kentang nya pakai jenis apa ? Kentang tes atau ya biasa buat sayur ? Ada pengaruhnya kah ? Terima kasih

    ReplyDelete
  27. mba mw tanya knp ya goreng kentangnya koq berbusa 😢 jd atut dah

    ReplyDelete
  28. Mba diah,aku uda coba resepnya...berhassiiilll dan anak2 sama tmn bilang enak rasanya ;) makasi mba diah

    ReplyDelete
  29. Dear mba didi.. salam kenal..suka bgt uji coba resep2 mba didi.. tetanggaku bikin kering kentang ini mba didi dan aku bantu jualin.. wihhh laku bgt..penasaran mau bikin sendiri.. ehh buka goggle liat blog mba didi.. langsung coba dan berhasil..ga pake bumbupun anak dan suami aku doyan.. garing bgt..aku ga pake kapur sirih krn ga punya..cm pake garam aja.. makasih ya mba didi..terus berkreasi..aku bagian contek resepnya..xixixi..kiss kiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Dita..mba Sherly..ikut seneng ya dengernya :)

      Delete
  30. Halo Mbak, saya pernah nemu resep kentang mustofa ini di facebook, tapi bumbu halusnya ditambahin bawang merah, itu gimana ya? krn di resep mbak ngga pakai bawang merah, pengaruhnya apa ya?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete