Wednesday, June 18, 2014

Cireng Praktis & Enak

 
Jangan bosan ya teman2..tema kali ini masih seputar aci aci an..hihi. Tadi cilok buatan kemaren..sekarang ganti cireng...hihi. Lha itu lho jagoanku Yodha lagi suka *aci acian* yang di goreng. Kan lagi libur panjang nich di rumah aja..jadinya..kalau pagi suka laperan tuch..jam 10 gitu udah teriak2.."Mi..*snack time*..katanya..hihi...kayak di sekolah aja Kak. Terus pas aku tanya mau makan apa buat snacknya..dia langsung bilang aci goreng..hihi. Walah..dari kemaren aci goreng mulu. Yo wis lah..mumpung mau..ya apa susahnya bikin aci goreng buat boss kecil tersayang..hihi. Sebenernya mau bikin pakai tepung aci berbumbu Aciku..tapi ki udah habis je..kemaren ada temen datang dan setelah baca ulasanku tentang *Aciku* ini..mau coba..yo wis..aku masih ada, tak kasih ke temanku aja..biar di coba. Tapi kalau buat teman2 mau coba buat cireng pakai tepung *Aciku*..bisa lho..kata mba Dewi..tepung aci *Aciku* ini enak di buat cireng juga. Apa itu tepung *Aciku*..liat di SINI ya teman2..ulasanku tentang tepung aci berbumbu asli Tegal ini...sapa tau ada yang ketinggalan infonya..hihi.

Akhirnya untuk cirengnya aku racik tepung sendiri..dan nggak susah2 kok..karena udah suka sama takaran cimol yang aku buat kemaren..aku coba sekarang buat cireng..walah..sama aja enak ternyata...hihi. Yo wis lah..kebetulan ya teman2..jadi ndak perlu repot2 bikin biang dulu..kayak di resep cirengku yang terdahulu...yang resepnya pakai biang ( adonan yang di masak sebagian ).

Jadi..kalau ini resep cirengku kali ini aku pakai cara yang super praktis..aci / tapioka dan sedikit terigu, dan bumbu2 langsung di aduk pakai air panas, bentuk2 sesuai selera, langsung goreng dah..mateng cireng hangat..siap di nikmati Yodha buat *snack time*nya...hihi. Kuncinya memang di air panas ini..karena air panas ini acinya kan jadi udah setengah matang..jadi ketika di goreng bisa mengembang dech. Air panas bisa pakai air yang di didihkan..atau air galon yang panas tuch ..kan bener2 panas juga tuch. Biasanya Yodha suka makan aci di cocol kecap..tapi tadi tumben..aku sodorin kecap kok di singkirin.."Enakan ndak pakai kecap Mi"..katanya. Walah..kok sama kayak Mami..Kak..lebih suka makan cireng enakan di makan gitu aja..sambil nyeplus cabe rawit..itu cara yang paling enak menurutku. Dan biarpun sekarang ini banyak inovasi cireng beragam bentuk dan isi..buatku paling enak yang cireng ori dan polos gini..^^


Oh ya..tips2 menggoreng cireng biar hasilnya woke..masih sama ya kayak tips menggoreng cimol nya teman2..liat di SINI. resep juga sama sich..cuma cireng ini nggak pakai putih telur. Kalau cimol karena butuh mengembang sekali adonannya..jadi aku pakai putih telur. Bentuk cireng juga bebas..suka2 aja. Kalau aku suka bulat2 pipih tuch..enak kayak gorengan..jadi ada kenyal2nya bagian dalamnya. Kalau Yodha..suka yang bentuk tipis2 kecil nggak beraturan..kayak di foto terakhir tuch..jadi lebih renyah dan nggak alot cirengnya ketika masih panas. Wis..suka2 sajalah kalau masalah bentuk ya teman2..ya penting rasanya..enak dan gurih..^^


Cireng Praktis

Bahan :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya. ( Kalisnya itu kalis lembut ya teman2..ketika kita pegang..bukan kalis padat kayak adonan donat..:D, yang penting nggak lengket di tangan ketika di bentuk2..)
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat pipih atau sesuai selera.
Goreng dengan api kecil hingga mengembang dan renyah luarnya.
Sajikan hangat.

30 comments :

  1. maaf mb diah yg cantik, mohon pencerahan, di bhn tdk ada putih telur, tp di cara ada, klo saya baca di atas cireng tdk pakai pth telur tp klo cimol pakai, maaf mohon pencerahannya, trims dr atiek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..lupa menghapus putelnya mba Atiek..aku copi paste aja soalnya resepnya dari resep cimol..udah ku edit ya..mskh koreksinya..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Mak Astin....enyakk sich ya..:D

      Delete
  3. mba dd, mnt resep cakue nya donk...aq pengen buat cakue sendiri nih....hehehehehe....
    vero

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah buat sekali mba aku..tp belum maksimal..hihi..kpn2 tak cobanya lagi..soalnya katanya mesti pakai bahan apa gt biar ngembang..amoniak gt kayakya..jadi aku ndak pake..dan nggak terlalu oke hasilnya..:)

      Delete
  4. wah yaa ini nunggu resep mba Diah yg praktis bener. tempo hari saya bikin agak alot gitu. ky nya kebanyakan sagu dan ga pakai terigu. untung hari ini dapet resep yg bener dr mba Diah. ijin praktekin resepnya ya mba Diah :)

    salam,
    dodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Dodi..tepung terigu berfungsi agar cirengnya nggak melawan banget ketika di makan..hihi. Cobain dech..mudah2 an cocok ya..:)..baca tips2nya juga ya..di resep cimol...biar makin sipp hasilnya..^^

      Delete
  5. Cireng ini satu dua ama cimol...favorit anak2ku..siap2 nyetok aci banyak2 deh..oh iya, dikasih sedikit kacang kedela ato kcg tholo jg enak mba...biar ada sensasi kriuukk nya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Sri...cireng..cimol..cilok..ndak pernah bosan ya..hihi..eh kapan2 perlu di coba itu..tambah kriuk2 pasti ya..:)

      Delete
  6. trims mb dd, pagi2 di daerahku sudah hujan lebat, langsung bkn cireng, klo pakai FP cuma bth air kurleb 50ml aja, kering diluar bsh di dlm nyak2 klo msh panas crispy, klo dingin sedikit melawan tp suamiku suka, trims ya salam dr atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..Atik..sama2..mksh infonya ya..iya kalau pakai FP kan jadi cepet kalisnya ya..kalau aku suka tak uleni tangan aja..:)

      Delete
  7. Mba Diah, cireng juga selalu jadi cemilan fav dirumah lho... Walaupun sekarang banyak yang jual cireng isian aneka rasa, tapi ya cireng ori emang lebih enak ya mba. Ohiya apalagi kalau cirengnya dibumbu rujak,, waaaww makin enak mba Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya lagi nge trend tuch ya mba..cireng bumbu rujak ya..oke..kpn2 tak cobanya. Aku pakai cabe rawit tuch juga udah enak bgt mba..hihi

      Delete
  8. FP apaa ya mb. Diah....hehehhe, maklum pemula, singkatan2 ga paham...hahaha
    makasih sudah ada resepnya....libur nanti di praktekin....

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ara..no worry..FP..itu adalah food processor...alat yang buat ngaduk2 adonan Mba..:)

      Delete
  9. lagi in banget yang jualan cireng sekarang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..beragam versi dan isian..:)

      Delete
  10. Wah makasih bgt resep cirengnya mba Didi...sy pernah bikin.dan gagal total.ternyata caranya salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Kania..sama2 ya..met coba..pokoknya adonannya jangan terlalu padat kalisnya ya mba..biar nggak alot cirengnya. Kalis..tapi masih lembut ketika di sentuh dan di bentuk2..:)

      Delete
  11. wau sedapnyer makan kat sini........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir ya..Ridzuan..:)

      Delete
  12. Huaaahh nggak brenti2 deh nih ngenceeees terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..di coba Mak..ada tepung tapioka kan di sana ya..:)

      Delete
  13. hi mba mau tanya ,,saya uda sering buat cireng ori ,cuma yg buat saya penasaran kenapa cireng abang2 gorengan itu bisa garing n kerak2 gt,,sampai mlm aja msh garing,,campur tepung apa yaa..malah abang gorengan nya jutek lagi,,kalau nga saya uda tanya pake campuran tepung apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kurang tau aku mba..tapi bukannya malah mencurigakan ya jk renyah terus..soalnya alaminya cireng kan jika dingin rada alot gt..kan dari tepung tapioka atau aci..hihi

      Delete
  14. iya juga yac,,,,ga kepikir ke sana,,:)

    ReplyDelete
  15. Udah liburan sekarang, berarti cireng dkk time :) biar anak2 gak bosen di rumah. Makasih mb Didi resepnya :)

    ReplyDelete
  16. Sipp Mba......selamat masak cireng dkk ya..:)

    ReplyDelete
  17. Bunda aku buat kok keras ya? Pdahal udh persis resepnya bunda didi, apa kebanyakan air ya? Apa hrus pkek telur

    ReplyDelete