Google Ad

Tuesday, June 10, 2014

Geplak Bantul Yogya..Dkk...^^



Kalau pulang mudik..pasti bawaannya banyak..hihi..bagasi sampai penuh kardus berisi macam2 makanan dan bahan2 makanan khas Yogya..lha apa2 di bawa..yang nggak ada di Semarang. Juga membelikan pesanan teman2..bahan2 yang aneh2..kayak abu merang..tepung garut...tepung gaplek..dll..hihi. Lama2 bisa buka warung bahan2 online aku nich..hihi..lha berawal dari bantuin temen2 aja cari bahan2 atau makanan khas Jawa yang nggak ada di tempat lain..kok ya banyak sekali yang pesan macam2 via email..ya oke dech ndak pa2..siapa tau jadi bisnis sampingan ya teman2..hihi. Tapi aku kok terkendala pengiriman yang agak mahal ya teman2..kalau ke luar Jawa..jadi kadang nggak enak gitu sama teman2 yang pesan...harga ongkirnya jadi mahal sekali. Ada yang tau nggak ya teman2..kurir yang murah yang melayani pengiriman ke luar Jawa..selain Jn* tentu saja..kadang2 kalau barangnya berat..misal kayak tepung2 gitu..jadi mahal banget je kurir tersebut..pernah aku kirim ke Kalimantan..sampai sama harga barangnya ongkirnya..hihi..ndak enak sama teman yag pesan..tapi untungnya ya tetep mau..tapi memang berat sich paketnya. Tapi jika ada yang lebih murah..kan lebih enak ya. Kayak sekarang nich lagi bingung..mau kirim abu merang ke Bengkulu..berat 5 kg..ada yang tau nggak ya..dari Jawa ke Bengkulu paling murah pakai jasa pengiriman apa ya teman2..kemaren nanya ke Jn* itu mahal sekali..huhu..kalau paket pos..kapok juga aku..masak kemaren kirim beras merah 5 kg ke Jakarta aja mahal sekali ongkirnya..^^

Walah..malah ngomongin kurir..hihi...siapa tau teman2 yang udah biasa bisnis online tau..let me know ya..kurir yang paling murah dari Jawa ke kota2 di luar Jawa..colek mba Aulia..hihi. Oke back to makanan ya teman..kali ini aku mau kasih oleh2..dari Yogya nich selain bakpia. Biasanya kalau dari Yogya..yang paling banyak di buru adalah bakpia ya teman2..buat oleh2..atau gudeg kendil dll. Nah..coba dech sekali beli geplak ini. Unik dan khas juga lho..udah banyak kok yang jual di setiap toko oleh2 dari yang besar sampai kecil..atau di pasar tradisional..ada juga. Tapi..kalau mau beli di tempat asalnya di Bantul..daerah Yogya selatan..ke Mbok Tumpuk aja..di sana masih murah harganya...dan selau fresh..baru terus geplaknya..beda sama kalau beli di toko oleh2 kan udah stock lama ya..paling nggak udah berhari2. Harganya juga lebih murah..karena beli di tempat produksinya langsung. Satu besek geplak ini cuma 13 ribu. Memang Mbok Tumpuk ini salah satu pioner pembuat geplak di Bantul Yogya...anaknya temen sekolahku pas SMP sama SMA..yang sekarang nangani usaha geplak ini..sayangnya kemaren pas aku ke sana..lagi pergi dia..jadi nggak ketemu..hihi. Tokonya ada di jalan Bantul ya teman2..kalau dari Kasongan masih lurus lagi terus..mudah kok carinya...tanya ke warga sekitar juga pasti tau. Nah..kalau lagi di Bantul..bisa wisata kuliner sekalian..makan gudeg manggar..enak juga itu. Aku kemaren ndak sempat makan karena udah makan di Mbah Cemplung Kasongan..akhirnya minta di beliin manggar mentah aja..tak gudeg sendiri di Semarang..uenak sekali teman2..hihi..lebih enak dari gudeg nangka dech..unik sekali rasanya. Nanti aku ceritain terpisah ya tentang gudeg manggar ini. 

Nah..kita bahas geplak dulu ya..geplak ini adalah jajanan yang terbuat dari kelapa yang di campur gula, kemudian di masak lama sekali hingga berambut dan keset, lalu di bentuk bulat2 ketika masih panas. Kalau dahulu waktu aku masih kecil..bentuk geplak sebenernya lonjong2..tapi sekarang ini kok lebih banyak bulat2 ndak beraturan. Geplak selain warn aoriginal putih dan coklat dari gula merah..ada juga yang di beri warna merah, ijo, kuning..tapi aku paling suka yang warna alami coklat dan putih kalau beli..lebih natural rasanya. Dulu ibuku sering sekali bikin geplak sendiri di rumah..misal mau pergi ke luar kota ke tempat saudara dll..pasti bikin geplak dulu sendiri buat oleh2..tapi ki aku cuma suka bentuk2 pas kecil dulu jadi lupa2 ingat buatnya. Kata ibu sich yang penting di masak sampai tanak dan kesat..pasti bisa jadi..kalau kurang tanak..nanti nggak bisa mengeras geplaknya. Ok dech..kapan2 tak praktek sendiri. Tapi ya kalau di Yogya beli aja murah sich..cuma kok sekarang kalau beli yang super sekali manisnya..hihi..perasaan kalau ibuku dulu bikin nggak manis banget kayak kalau beli..mungkin kelapanya lebih banyak sich..jadi rasanya enak.kreyes2 gurih kalau buatan ibuku dulu. Nah..kalau geplak beli di toko oleh2 ini..karena rasanya sangat manis..cocoknya memang di makan dikit2 aja..sambil minum teh atau kopi pahit..gantinya gula..hihi..enak lho teman2.

Selain geplak..banyak oleh2 khas Bantul lain..kayak Sagon..Kue Yangko..Bolu emprit dll..pengen borong semua sich..tapi siapa yang makan.hihi..akhirnya beli aja satu2 yang aku suka buat oleh2 keluarga di rumah sini. Eh..akhirnya kau nemu juga kemaren kethak manis..yaitu blondo dari santan kelapa yang di buat kayak dodol kering..ini makanan jadul banget dari jaman aku kecil..tapi sekarang sudah di kemas modern di bungkus kayak madu mongso gitu..kalau dulu ya cuma di bentuk bulat2 di bungkus plastik bening. Kayak gini nich kethak manis itu teman2..eh dalemnya belum sempat ke foto kemaren sampai Semarang langsung di bawa suami ke tempat tenis..di bagi ke temen2nya. Ya udah dech..dari luar aja ya fotonya teman2..hihi.


  •  Geplak kayak gini ya teman..jika ada yang belum pernah makan..^^

  • Bolu emprit..ini bolu jadul..unik rasanya terbuat dari tepung gaplek..jadi rasanya khas sekali jadulnya..hihi..pas di makan manis2 lumer di mulut..kapan2 tak buat sendiri dech teman2..aku ada kok tepung gapleknya..^^
  • Yang ini juga snack jadul waktu aku kecil..tapi aku lupa namanya..hihi..ini enak..renyah..dalamnya di kasih tahu plempung yang ikut renyah juga setelah di goreng. Tapi kalau jaman aku kecil dulu..bentuknya lebih besar lilitanya..karena dulu di jual satuan di warung2 gitu..bersandings ama kue kacang jadul..dll..di taruh toples..jadi kita bisa beli..satu..atau dua biji aja. Paling seneng kalau di suruh ibu ke warung..beli bumbu2 dll, jadi bisa dapet hadiah boleh beli cemilan satu atau dua kayak gini..seneng banget dech pas kecil gitu..hihi. Dulu rasanya malah lebih jadul dari ini tapi..ada alot2nya dikit gitu. Sekarang ini cemilan ini kok rasanya renyah banget..mirip sama keripik bawang sich sebenernya.
  • Kalau ini nich yang namanya sagon basah yang sering ku ceritakan dulu teman2..terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut. Bentuknya unik..bulat dua tangkup gitu karena di panggang dengan cetakan dari besi..khusus untuk sagon, bentuknya kayak loyang tapi langsung di panggang di atas bara api dalam anglo tanah liat..terus atasnya di kasih anglo yang berisi bara juga..jadi..oven tradisional Yogya..hihi. Sagon ini rasanya gurih legit chewy dalamnya..krispi luarnya..rasanya sedikit manis juga..karena bagian tengahnya di taburi gula pasir..enak banget dech pokoknya teman2..^^ 
 
  • Nah..yang ini wedang Uwuh khas Imogiri Bantul Yogya..wedang dari rempah2..lokal khas Imogiri...sekarang ini sudah banyak juga di jual di toko oleh2 di Yogya..bisa dalam bentuk original kayak di foto ini yang berupa daun2 dan rempah2 yang siap seduh..atau udah ada juga yang di celup..atau bentuk bubuk...tapi kalau mau murah ya beli aja langsung ke Imogiri teman2..bisa sekalian wisata ke makan raja2 Yogya..atau ke makam seniman di sana.

24 comments :

  1. sekedar masukan, mbak diah. kalau mau kirim barang keluar jawa dititipin aja sama bis. kmrn kirim barang dr denpasar ke semarang 7kg lbh sedikit cuma kena 48rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya Mba..mksh infonya ya..tapi berarti si penerima harus ambil di agen bis nya ya..?..Oh ya..aman nggak itu ya..takutnya barangnya ilang..:D..aku belum pernah di titip di bis gt..nanti tak coba tanya2 dech ..:)

      Delete
    2. Alhamdulillah smp saat ini aman. nitipnya di agen bisnya, mbak. ada resi bukti pengirimannya.

      Delete
    3. Sipp Mba..kapan2 tak cari2 info agen2 bisa yang keluar Jawa..tadi akhirnya yang ke Bengkulu 5 kg pakai cobra 90 ribu mau yang pesan..ya udah sementara hari ini pakai itu dulu karena cobra bisa lebih murah jika minimal beratnya 5 kg..:)..mksh infonya ya Mba..:)

      Delete
  2. Aku udah pernah makan geplak mba pas di magelang geplaknya dibeliin sm kakak iparku dia belinya langsung dari jogja sepulang krja, aku pikir geplak ini kayak getuk goreng gitu gk taunya cm gula campur kelapa rasanya manis sekali giung gitu aku gk terlalu suka mba wktu dibeliin aku cm makan 2 buah tp klo getuk goreng sih aku suka rasanya kenyel2 enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli memang manis sekali Mba Nadia..tapi kalau ibuku yang bikin..nggak terlalu..hihi. Makanya memang makannya itu lebih enak sama teh pahit atau kopi pahit..jadi gantinya gula gitu..hihihi.

      Delete
  3. q dlu pernah beli online mbk, pngiriman dr surabaya, dia pke platinum logistik. cuma 8 rb, biasanya jn* 17 rb..
    kyaknya dy kirim kseluruh jatim sama ongkirnya 8 rb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mba Atika..byk yang murah2..tapi kadang2 nggak melayani pengiriman ke luar Jawa..ada jalur khusus gitu lho..di Semarag juga ada yang gitu..misal..putra sakti..aku kmrn kirim tepung 5 kg ke pati..cuma 25 ribu..nah tapi ya itu..rutenya cuma ke daerah2 tertentu..hihi.

      Delete
  4. Mbak Di..aku gak terlalu suka sama makanan yang terlalu manis tapi entah kenapa kalo makan Geplak bisa abis banyak ya..hihihihi..pertama kali kenal geplak pas kuliah di Solo, itu juga oleh2 dari temen yang tinggal di Jogja..nah, dari situ aku langsung jatuh cinta sama makanan ini, jadi kalo ke Jogja atau ada temen yg kesana aku pasti nitip geplak.. ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Shinta..memang ndak cuma manis aja ya rasanya kalau suka..ada rasa gurih2 kelapa kreyes2 gitu..aku sendiri dari kecil ya pemakan geplak mba..sampai sekarang ya ndak pernah bosan..paling suka tapi pakai teh pahit gitu makannya..yummy..:)..Apalagi kalau buatan ibuku..kelapanya lebih byk..jd nggak terlalu manis..hihi

      Delete
  5. kalau makanan manis seperti ini paling aku makan 1 atau 2 mbak :)

    ReplyDelete
  6. Waaah senangnya dicolek sm mba Diah..hehehe....selama ini aku baru kirim pake jn* atau ti** mba...krn makanan jd aku pilih yg 24jam.memang mahal mba..bisa 45 ribuan.kalau reguler sekitar 15 sampai 19 ribu perkilo nya sampainy 2 harian..pernh juga nitip pakai travel..sesama p jawa 50ribu..kiloannya tp gadibatasi..asal ngga menuh2i bagasi dia hehehee

    Boleh juga info nya mb...dititip via agen bis..blh tau agen bis nya apa ya?trimksh infonya mb anonymous..dan mba atika :)

    Tau gt aku juga nitip jajanannya ya mba hehehe...*mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.di deket rumahku Jn* juga bertebaran agen2nya..cuma ya itu kadang nggak konsisten sesuai keterangan tarif di internet..kalau di bawah satu kilo memang bisa masih sesuai tarif..tapi giliran rada berat dikit..atau kita makingnya rapi pakai box gitu..tarifnya kok beda jauh..di ukur2 volumenya juga..hihi..kayak tadi mau kirim punya mba..tak tanya dulu ke Jn*..we..lha kok mahal..hihihi..akhirnya ganti cobra itu..^^

      Delete
  7. Duh maaf aku luipa cantumin nama di atas.Aulia

    ReplyDelete
  8. aku dulu kalo ke jogja malah nggak pernah beli geplak. Lha nggak ada yang makan saking manisnya. Perasaan gigit sekali kayak mau mrothol nih gigi hihi....Paling demen ya bakpia Pathuk. Bakpia Pathuk merk apa aja pasti habis sama orang rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau beli memang manis bgt Mba Rina..kpn2 tak buat sdr versi ibuku yang enak..ndak terlalu manis..:)

      Bakpia..deket rumahku jug ada yang bikin mba..jadi kalau mau oleh2 bakpia.aku jarang beli yang di t42 bakpia besar yang di pusat kota..cukup ke deket rumah..lebih murah..masih anget..hihi..karena langsung ke pembuatnya..yang di setor ke toko2 oleh2 di YK..kpn2 tak liputnya dech klu ke Yk lagi..:)

      Delete
  9. Coba pakai Elteha mbak kalau ngirimnya diatas 5kilo....kapan hari pas pindahan dr bali ke jatim barang2ku aku paketin pakai itu...lumayan murah mbak... atau kalau bis biasanya yg terkenal ESL dr Lorena itu murah juga, pahala kencana, dll... :-) fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Fany..mksh infonya..ini beberapa hari ini lagi nge cek macam2 kurir juga harganya..:)..Besok tak ceknya yang agen2 bis tersebut..:)

      Delete
  10. Banyak banget maknannya mbak.. Sini aq bantu ngabisin.. Hehe.. Klo mau kirim barang agak banyak & murah bisa lewat cargo, bis atau cargo bandara mbak.. Suamiku bisnisnya ya kirim2 seafood k'luar kota gt, tp ya mesti d'ambil d'perhentian bis atau d'bandara.. Ntar aq tanya lbh jelas ama suamiku gimana cara ngirimnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayukk sini Mba..:) Varian oleh2 Yogya selain bakpia Mba..:)
      Wah..mksh infonya Mba.iya kalau lewat Bandara cepet ya..tapi pembeli musti ambil sdr ya di Bandara juga..:)

      Delete
  11. Mb Diah asli Jogja? manakah...? salam dari Jogja.. lebaran mudik tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mba..mudik kmrn dua hari aja..lebaran..:)

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel