Wednesday, June 11, 2014

Kue Ongol Ongol..Yang Jadul Yang Paling Enak..Ternyata Memakai Tepung Garut...^^



Ongol ongol..adalah salah satu jajan pasar favoritku. rasanya itu lho..enak banget..lembut dan mak nyess gitu kalau di makan..di tambah taburan kelapa parut yang gurih..jadinya enak banget jaman kecil dulu kalau makan ongol ongol ini. Nah..sudah lama aku mencari resep ongol ongol yang otentik..berbagai resep udah ku coba..dari yang pakai tepung tapioka..tepung sagu..tepung hungkwe..semuanya tidak ada yang sesuai dengan rasa ongol ongol jaman aku kecil dulu..beda jauh. Nah..pas pulang ke Yogya kemaren..kakakku beliin aku ongol ongol dari pasar karena tau aku memang suka. Ya ampun enak banget..rasa itulah yang sudah lama ku rindukan..hihi..*lebay..*

Ternyata masih ada yang jual di pasar tradisional ongol ongol jadul ini. Setelah cerita sama kakakku kalau aku sering coba bikin ongol2 tapi rasanya kok beda dengan yang dia belikan..kakakku bilang..yang pasti beda..wong ongol ongol itu yang asli jadul dan otentik itu pakia tepung garut..atau pati kerut..kalau di tempatku di sebutnya. Wah..aku senang sekali akhirnya tau resep ongol2 yang otentik jadul..apalagi ketika lagsung di beliin tepung garutnya sama kakakku di tetangganya yang kadang bikin tepung garut ini.

Wah..senengnya..serasa dapat harta karun bahan makanan langka..hihi. Kok ya ndak dari dulu2 bilang ya kakakku..hihi..padahal ya dulu sering bawa tepung garut ke Semarang..cuma biasanya tak buat bikin cookies aja atau cendol. Kalau di buat cendol..rasa dawetnya itu kayak rasa dawet ayu Purbalingga gitu lho teman2.
Setelah aku coba di Semarang..hemm..memang betul kata Kakakku..ongol ongol yang aku buat dari tepung garut ini memang enak sekali..persis sama kayak yang di jual2 dulu di pasar. Akhirnya..pencarian resep ongol ongol ku..berakhir..!. Ternyata aku salah bahan selama ini. Hemmm..senengnya..sekarang bisa sering buat ongol2 sendiri dech..nggak penasaran lagi..hihi. Dan bakalan bisa sering buat..nanti kalau tepungku habis tinggal minta di kirim lagi sama kakak..hihi.


Garut mbidro atau kerut di sebutnya di tempatku..dan ada juga yang nyebut ganyong..memang bisa di buat tepung..dan enak di buat aneka kue2 atau jajanan tradisional. Bukan garut yang warnanya putih lho teman2..tapi garut yang kemerahan yang kayak lengkuas ruas2nya. Kalau yang paling aku suka yang buat ya kue2 kering jadul atau semprit atau dawet. Umbi ini aslinya enak di rebus gitu aja..rasanya manis..ada yang mempur.ada juga yang kenyoh2..hihi..bahasa indonesianya *kenyoh2* apa ya..?..hihi. Pokoke ada juga yang magel gitu rasanya. Jadi dulu kalau di rumah merebus umbi garut..pasti seru dech pas makan..berburu atau rebutan sama saudara2..supaya bisa nemu yang rasanya enak ..manis dan mempur.
Garut ini juga bagus lho buat ngademin perut...kata orang2 tua jaman dulu. Biasanya dulu di buat bubur gitu aja sich paling gampang. Garut juga sangat aman buat pencernaan, bagus di makan orang yang baru sakit..dan nggak boleh makan yang keras2. Garut ini juga gluten free..rendah kalori..sumber folat yang baik..jadi bagus buat bumil nich teman2..ayo sering makan ongol2 garut ya..kalau lagi hamil..hihi. Selain  itu juga garut lebih banyak protein di banding umbi2 an lain, mengandung mineral, dan vitamin B kompleks. Gitu sich dari yang aku baca..karena banyak kok ahli2 atau mahasiswa2 yang melakukan penelitian tentang umbi ini..dan di share di internet hasilnya.

Karena gluten free inilah tepung garut banyak di tambahkan untuk bahan pembuat makanan bayi atau anak2 ya teman2..karena memang mudah di cerna. Bentuk tepung garut sendiri..kalau yang asli pengolahan dengan cara tradisional kayak punyaku..agak bergerindil2..tapi bisa di ayak atau kalau mau cepat ya di haluskan lagi pakai blender kering. Baru siap di olah jadi aneka makanan. Oh ya..kalau jadi kue kering..tekture kue dari tepung garut ini mirip2 sama dari tepung tapioka..rasanya juga lembut dan lumer di mulut. tapi tentu saja kandungan gizinya lebih banyak tepung garut. Aku di beliin di tempat kakakku ini bagus kualitasnya..bersih dan nggak bau apek, karena baru memang ya tepungnya..dan yummy dech buat ongol2. Oh ya beda ongol2 garut dengan  bahan lain..itu tuch liat fotonya teman2..bisa bening kan tekturenya ongol ongolnya..dan rasanya enak sekali..lembut dan nyess gitu ketika di makan.


Mau coba..yukk mari..jika punya tepung garut di rumah..cobain dech di buat ongol2 begini teman2..enyakkk..^^
Ongol Ongol Tepung Garut 

Bahan 1 :
150 gram tepung garut, ayak atau blender halus pakai blender kering jika masih bergerindil
100 - 150 ml air ( Sesuai selera ya tingkat kekentalannya...jika masih agak terlalu kental boleh di tambah lagi airnya )
Campur tepung garut dan air, aduk hingga larut, sisihkan

Bahan 2 :
125 gram gula aren atau gula merah yang warnanya coklat tua.( boleh di tambah jika suka manis )
400 ml air
2 lembar daun pandan
Masak air , gula dan daun pandan hingga gula larut, saring.

Bahan 3 :
50 gram kelapa parut kasar dan sedikit garam, aduk rata lalu kukus untuk  lapisan.

Didihkan kembali air gula, masukkan larutan tepung garut, lalu masak sambil di aduk hingga menajdi adonan yang kental dan bening. Awalnya memang adonan keliatan menggumpal2..tapi jangan khawatir..aduk terus saja di api kecil hingga adonan bening dan halus. Lalu tuang di loyang yang di alas plastik. Padatkan. Biarkan hingga benar2 dingin..baru di potong2. Ketika masih panas..adonan ongol ongol ini seperti lengket2..tapi ketika sudah dingin akan mudah di potong. Alasi pisau dengan plastik agar potongan ongol ongol rapi dan halus. Gulingkan di kelapa parut. Sajikan.
Note : Jika teman2 susah cari tepung garut.....aku jual lho...jika butuh email aja di bundadidi@gmail.com atau lewat contact form di atas blog ini ya. Asli impor dari Yogya lho tepung garutku..hihi. Jadi masih yang tradisional ya..warnanya krem kekuningan...bukan yang putih bersih kayak buatan pabrik...atau produksi mesin penepung modern. Setelah bergelut dengan berbagai macam tepung..akhirnya aku tau..bahwa semakin cangiih proses penepungan atau mesinnya makan hasil tepung apapun akan semakin putih warnanya. beda dengan proses penepungan secara tradisional..itu hasil tepungnya nggak bisa cerah atau putih bersih. Jadi harganya lebih terjangkau dech..di banding dengan yang di pasaran..yang udah mahal ya tepung garutnya.







51 comments :

  1. Wah, ini juga kesukaan saya. Kadang kalo pengen beli, tapi kelapanya ketuaan. Coba bikin sendiri, browsing resep dan tanya sana sini, dg berbagai bhn tapi hasilnya tdk sesuai, kadang terlalu molor atau malah keras. Persis pengalaman mbak Diah. Akhirnya saya lupakan! Sekarang pengen lagi, tapi susah dapat tepung garutnya mbak. Di tbk pasti gak ada. O ya jangan lupa resep gemponya, mbak, tapi .... juga susah tuh cari tepung gapleknya. He..he... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..aku udah cari resep gempo..tapi kok ndak pake gaplek ya mba..pakenya tepung beras..di internet..kalau tepung gaplek aku punya banyak padahal..hihi

      Delete
    2. Gak paham juga mbak. Wkt itu saya tanya penjual jajan pasar ada gempo gak, dan dijawab dibikin tiwul, soalnya bikin gempo itu susah. Tiwul dari gaplek kan? Lalu saya tanya rekan kerja katanya juga dari gaplek. Wkt saya browsing internet, ada resep tapi dari ubi jalar. Gak banyak yg posting gempo, yg keluar malah gempa. Ha...ha... Kalo nemu resep yg cocok mbak, kalo gak ada ya gak papa. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Iya Mba Sisca,.memang jarang ya yang posting...ada satu katanya dr Jaw Timur ya memang..tapi terbuat dari kacang tholo dan tepung beras..hihi. Iya..kpn2 klu pas nemu resepnya ya Mba..sipa tau di koleksi tabloid atau majalahku ada..:)

      Delete
    4. Mbak, Bantu jawab ya? Klo di sidoarjo gempo itu emang terbuat dari tepung beras yg baru digiling,terus dikukus. Kacang tolonya juga dikukus terus diulek /tumbuk kasar, nanti dicampur ma kelapa parut dan gula,di aduk Jadi 1. Dikukus lagi.setelah matang di padatkan.untuk komposisinya nanti coba saya tanyakan yg biasanya bikin.saya tahu prosesnya pas yg bikin itu rewang di rumah dan bikin kue gempo.Klo mbak sisca di Surabaya mungkin yg dimaksud gempo yang sama dengan yang di sidoarjo. Secara kita kan tetanggaan..

      Delete
  2. Apakah tepung garut sama dg tepung larut? Kalau tepung larut ada di tbk. Biasanya saya pakai tepung larut (dg campuran tepung terigu sedikit) kalau buat semprit. Samakah? Terima kasih.
    Sisca -Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sama mba..beda sebutan aja..kalau di tempatku biasa di sebut tepuing garut..kalau di resep2 memang aku sering baca di tulis tepung larut gitu ya..:)

      Delete
    2. Sip deh kalo gitu! Kapan2 saya coba bikin lagi dg resep di atas. Terima kasih konfirmasi dan resepnya. Jajan tradisional harus dilestarikan.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  3. Mbak Diah Didi Tepung Garut itu sama tidak dengan tepung Arrawroot ?

    Makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sama ya Mba..beda nama aja..:)..kalau baca2 di internet kayake sama..:)

      Delete
  4. mbak didi, senang sekali baca blognya mbak.... tiap hari tiap mau pulang kantor tak sempetin buka. beberapa resep saya praktekkan, salah satunya kreni. Enak mbak....

    btw soal ongol-ongol, saya sukaaaaa sekali. saya kenal ongol2 ini justru sejak di tinggal di makassar, saya asli purworejo. tahunya makanan ini asli palopo karena hanya warung palopo yg jual. bedanya, ongol2 disini disajikan panas dan dibentuk bulat-bulat. masih panas2 gitu dimakan, hmmmm lezaaatt. kapan2 tak coba resepnya mbak diah deh. makasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru itu..di sajikan hangat2..bahannya apa mba di sana..jadi pengen bikin..?

      Delete
  5. ingat akan masa kecil dikampung halaman

    ReplyDelete
  6. idem dengan diriku kalo bawa tepung garut dari Solo sering tak bikin kukis aja. Ngeprul dan renyah. Lumer di mulut. Trus suka latah tepung garutnya dibikin sagu keju, semprit, nastar atau kukis lain, pokoknya pake tepung garut, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya memang bisa jadi ganti tepung terigu dan berat ya Mba..:)

      Delete
  7. Tepung garut itu ganyong toh mba? Zaman duluuuu bgt ada kebunnya di sebelah rumahku, sering makanin juga, skrg mah ga prnah nemuin lg...

    Ongol2 emang enak, kenyal manis lembut... aku c biasanya ya pake tepung sagu/kanji biasa ajah mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di t4 ku di sebut garut Mba Lina..mungkin di t4 lain di sebutnya ganyong..yang umbinya kemerah2 an..dan kalau di rebus rasanya manis Mba..:)

      Delete
  8. Mba diah maaf ya,ongol2 ini pakai tep. garut apa ganyong ya? setahuku alm. si mbahku dulu pakai tep . ganyong. (bikinan sendiri)klo bikin ongol2,bubur .klo gganyongkan merahvkeunguan sedangkan garut putih setahuku lho......mba
    Umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang merah manis tuch Mba..kalau di rebus..kalau di tempatku di sebut garut..hihi..ya itu sama mungkin ya di t4 lain di sebut ganyong..:)

      Delete
  9. Makasih sharenya Mba Di,,tar aku praktek akhh..hee ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Eka..kalau ada..pakai gula aren yang asli Mba..jadi aromanya bener harum ongol2 jadul..hihi. Aku dua kali bikin yang pertama pakai gula aren/ gula jawa yang asli..yang kedua pakai versi gula merah beli di pasar..wah warna dan rasanya jadi beda..hihi..soalnya yang di pasar2 itu udah byk campuran kali ya gulanya. Kalau foto di atas aku pakai gula aren asli..jadi cakepp..hihi.

      Delete
  10. Mbak..boleh titip tepung garutnya? Sy di solo mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..mau berapa kilo ?..hihi..Nanti tak telp Mba Ku bisa di kirim pake travel / bis ke sini..baru kirim ke mba...:) Atau email aja di bundadidi@gmail.com ya.:)

      Delete
  11. Ngilerrrr banget ongol2 nyaaa mba Diah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..enak ini..asli jadul kayak jama aku kecil rasanya..:)

      Delete
  12. inget masa kecil, iya kalo ganyong warnanya agak kemerahan dan manis rasanya, tapi kalo garut itu warnanya putih dan cenderung pendek,,,hehehe, tapi kalo soal rasa menurutku enak Ganyong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di tempatku yang dari umbi yang merah2 manis itu sich ini tepungnya..apa orang di rumahku pada salah sebut ya..hihi..tapi dari dulu kok ya makan umbi rebus atau tepungnya ini di di bilang garut atau kerut..hihi.

      Delete
  13. Mbak diah,minta resep cokies dr tepung garutnya dong...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Ifa..nanti aku buat dulu ya..:)

      Delete
  14. Ok sipp kutunggu resep cokies garutnya..klo bs yg dkasih keju itu lho mbak...mksh mbak diah

    ReplyDelete
  15. Waaah asiiiiiikk aku udh pny tepung garut niiih dr mba diah..hihihii maaciih ya mbaa...nti kl aku mau mesen byk boleh yaa...oiya mbaa minta resep buburnya yg dr tep garut ini..maaciih sblmnya mbaa :) sekrg lg masak malbi ayam niii mbaa..wanginee nyribiiitt hihihi
    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aulia..met coba ya..pakai gula aren mba..lebih wangi ongol2nya..:)

      Delete
  16. Mbak Diah, semalem saya bikin ongol2 dg tepung garut dari mbak, Jadinya enak, kenyil2, cuma saya pake gula Jawa. Lain kali saya coba pake gula aren. Memang warnanya coklat kusam, gak spt dlm foto.
    O ya, wkt bikin saya cukup capek ngaduknya krn adonan cukup pekat dan lamaaaa gak bening2. Jadi wkt dituang ke loyang, adonan gak mau nurut gitu, Gak rata memenuhi loyang, permukaannya juga agak bergelombang. Apa memang begitu, atau perlu ditambah air? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyamba Sisca..klu mau warnanya coklat cantik..pakai gula aren yang bagus ya..lebih ahrum juga ongol2 nya nanti. Terus itu air boleh bingits di tambahkan ketika masih terlalu kental. Jika bablas di banyakin airnya lagi kan jadi bubur mba..itu enak juga. Pokoknya sesuai selera aja tingkat kelembutan ongol2nya ya. Tapi kalau air di tambahin agak byk gula di sesuaikan ya..jmlhnya.

      Delete
    2. Ok deh, selanjutnya pasti lebih sip. Atau pakai gula putih, lalu dikasih warna merah dan hijau, cantik juga mungkin ya. Saya tunggu resep2 lain dg bhn baku tepung garut. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  17. Mba diah seneng deh baca2 blog mba akukan tinggal di linggau kmrn dpt kiriman tepung garut ini dr bude bingung mau di apain,selain ongol2 buat apalg enaknya? Masa 5 kg buat ongol2 semua,udah browsing kebanyakan kok kue kering ya? ana

    ReplyDelete
  18. Mba diah seneng deh baca2 blog mba akukan tinggal di linggau kmrn dpt kiriman tepung garut ini dr bude bingung mau di apain,selain ongol2 buat apalg enaknya? Masa 5 kg buat ongol2 semua,udah browsing kebanyakan kok kue kering ya? ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iy amba..di simpan aja..memang terbatasbuat kue ongol2, bubur dan kue2 kering mba..kalau tepung garut,.:)

      Delete
  19. Terimakasih ibu atas informasi resepnya,jadi semakin tertarik dengan tepung ini setelah melihat tanamannya.

    ReplyDelete
  20. Bu minta nomor hpnya,saya mau mesen bahan2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aku ya..di bundadidi@gmail.com..Tq

      Delete
  21. Mba.....setelah muter" nyari resep ongol", akhirnya bisa sukses baca blog mba Diah...makasih banyak resepnya yaaa *loncat" :D
    Cuma bermasalah sama nyetaknya nii tipsnya dong mba kapan pas nya itu ongol" dituang ke cetakan. Punyaku jd ga beraturan bentuknya hihihi
    Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cairan boleh di tambah dikit mba..jk terllau kental susah di cetaknya..atau di sendokin aja langsung guling2 ke kelapa ..:)

      Delete
    2. Iya mba, jadinya tadi abis dituang ke pyrex dikasi plastik trus diplenet pelan" hehe

      Oia mba gula aren itu maksudnya palm sugar ato brown sugar ya?

      Delete
  22. Hai Mb Diah, saya dari Banjarnegara. Dari kemarin ubek2 resep di blognya Mb Diah nyari menu buka puasa, eh! Kayaknya nemu yg pas nih, kebetulan ibu saya punya maag jg. Permisi saya praktekin ia Mb ia. He
    Oh ia Mb, btw soal dawet, Dawet Ayu, saya ralat boleh? Jadi bukan Purbalingga, tp dari kota saya Mb. Hehe

    ReplyDelete
  23. Hai mbak Dyah, saya mau tanya nii kalau aornya diganti santan bisa tidak yaa?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Hai mbak Dyah, saya mau tanya nii kalau aornya diganti santan bisa tidak yaa?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  25. hi mbak Diah, aku mau donk pesan tepung garutnya, dengan gula arennya juga kalau boleh hehe, aku udah kirim email ya, thanks...

    ReplyDelete
  26. Garut dan ganyong sama, ya...?? Wahhh..bapakku masih nanam tuhh...ternyata bagus yaa gizinya. Lihat tampilannya kayak lengkuas..(maaf ga bantu :-d

    ReplyDelete