Friday, June 20, 2014

Brambang Asem Daun Glandir



Ini masakan super praktis dan mudah teman2...tapi uenakk lho.  Gara2 kemaren liat daun glandir muda2 dan seger di tukang sayur..jadi pengen masak ini buat suami..karena masakan ini memang favorit suami. Dulu pas..awal2 nikah..kaget juga..kok suami request daun glandir rebus dan sambel brambang asem ini. Lha..di Yogya daun glandir itu jarang di masak je..biasa buat ramban aja..buat makan *embek*..hihi. Dan ternyata..setelah di semarang aku sekarang jadi doyan daun glandir juga..hihihi. Apa itu daun glandir ?..Daun glandir adalah daun pucuk ubi atau ketela rambat teman2. Pertama makan dulu ya agak aneh..tapi lama2 doyan..hihi. aplagi kalau masih segar dan muda2 daunnya kayak yang aku masak kemaren ini..enak..kres2.

Nah..kalau di Semarang sini..daun glandir ini di masaknya cukup di rebus..terus di makan sama sambel yang super seger dan pedes..yaitu sambal brambang asem. Aku dulu ya heran..sambal kok di campur asem..sama brambang atau bawang merah..tapi setelah mencicipi..ternyata..uenakk..seger dan jika suka pedas..bisa pakai cabai rawit banyak..beneran..enak teman2. Makan daun glandir rebus sambil di cocol sambal brambang asem ini kok ya seger banget..dan bebas minyak lho..karena di rebus semua..baik sayur atau sambalnya. Kalau aku suka tak campurin gitu makan sambelnya..kayak makan rujak..tapi rujak sayur .hihi..enak dech.

Jika tidak ada atau tidak suka daun glandir..sambal brambang asem ini juga enak lho di makan pakai daun bayam rebus teman2. Aku juga suka itu. Sambal brambang asem sendiri mudah buatnya..cuma bawang merah, asem jawa, cabe, garam dan gula merah serta terasi bakar bumbu2nya. Tapi kalau kita bikin sambel ini..dan paduan pedas, manis dan garamnya pas..kok ya enak bingits..eh banget..hihi..sambel sederhana ini. Mau coba teman2..yukk catet ya bahan2nya..^^
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun glandir, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau bisa pakai bayam )
1 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah ( sesuai selera. Cabe 3 ini sangat pedas lho..hihi..jika tidak suka pedas..1 saja cukup rawitnya  )
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis...asam dan segar rasanya ya teman2.
Sajikan dengan daun glandir rebus

24 comments :

  1. owalaah,mb DD trnyta di yk gak pnah msak daun telo ya,pntes aja gak tau daun telo bsa di syur asem,qiqiqi..kalo syur asem daun telo,bumbu'nya yg rajang aja mb,ksih lombok ijo.enak di mkan pnas2.kalo brambang asem enaknya bwg mrahny di bkar sih.pgi2 dah upload brambang asem,ati2 loh mb,bs di tntut sma bumil2 yg lgi ngidam,hehhehe.msakny mb DD hri ini simple,cpet.aku wee td msak orak arik buncis wortel,asem2 buncis wrtel,bacem ceker,tahu tmpe greng.hehhe.(maruk amat yah)."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Elmi..nek di Yogya itu daun glandir jarang di masak..jadi baru kenal daun glandir stlh di sini...itupun cuma di rebus gini..:)
      Wah..dah komplet masaknya pagi Mba Elmi..:D
      Kalau pagi di rumah tuch pada males makan Mba..jadi aku masak yang simple2 aja..apalagi Yodha libur..paling2 ntar jam 10 baru mau makan agak byk dia..kalau pagi suka minum milo dulu atau sereal..:D

      Delete
  2. Brambang asem kalau gak salah itu khas Solo mbak Di... kalau di daerah asalku Madiun "dong telo rambat" biasa dibikin "jangan asem"...dan rasanya sueger apalagi ditemani tempe goreng, lempeng/karak dan sambel trasi wuih maknyus...hihihi. Bahannya simple yaitu daun ketela rambat ditambah kedele hitam, terong dan bumbunya cuma bawang merah iris, laos, salam, asem jawa, gula dan garam. Pokoknya sangking enaknya mertua lewat gak tahu deh mbak Di....hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di Solo juga ada ya Mba Erti..aku makan pertama di Smrg ini tapi..di sini jadi masakan sehari2 Mba..ini..jadi di pasar2 atau di tukang sayur byk di jual daun glandir iketan gt. Malah ndak tau kalau enak di buat sayur asem..sgr di coba ntar mba..kalau nemu daun glandir yang seger lagi..penasaran aku..mksh infonya ya Mba..:)

      Delete
  3. brambang asem makanan favoritkuuuuu....tapi agak langka karena jlegornya (daun ubi) agak susah didapat. Apalagi di Ciledug aku belum nemu juga. Lap iler deh liat picnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sebutannya daun jlegor ya mba..kalau di t4 Mba..di sini daun glandir..hihi. Wah..di tukag sayur aja tiap hari bawa mba..di sini..tak kirim seikat..tangkap ya..muda2 nich lagi musim kayaknya..*tambah mengen mengeni Mba Rina..^^

      Delete
  4. Mba di sambalnya kok nampak berair apakah di beri tambahan air? Btw mba wingko babadnya kl g ad air kelapa diganti ap Чα"̮ mba? Dan ukurannya brp?({})Ʈƕǎƞƙƴǒǘ({}) -inge-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..nggak perlu di tambah air..ntar agak berair sdr kok Mba Inge...pas di ulek semua..:)

      Delete
  5. Waahh iya mba Diah, dikampung saya malah sukanya disayur santan lho mba pucuk daun ubi rambat ini,,, itu sambalnya menggoda iman mba... Lap ileeerrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya mba Tina..harus di coba juga itu..sayur pedas atau gurih mba bumbunya..:)..cobain bikin sambelnya mba..seger banget..buat makan bayam rebus pun enak..:)

      Delete
  6. Dimakan sama nasi anget mbak...wes lupa kalo lg diet mbak...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku banget kalau lupa diet terus tuch mba Diah..hihi

      Delete
  7. klo didemak glandir juga namanya mbak,emang ada yg khusus diambilin daunnya aja,klo aku suka juga dibening,atau kuah pedes asem,sayang..... dilampung gak pernah lihat di tukang sayur.....
    umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh pantes bisa muda2 ya mba Umi..daunnya..soalnya kalau dulu di yk liat daun ini itu tua2..hihi

      Delete
  8. Selesai maksi pakai soto kudus..online je liat sambal ini...iihh jd pingin makan lg pake brambang asem, belum pernah bikin ndiri sih sambal asem ini, paling jg beli rujak sambel asem kalo di t4ku... Mantap pedes manis asem..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Sri..mirip2 sambel rujak..tapi lebih enak dan sedepp karena pakai bawang merah ini..:)

      Delete
  9. Walah ini sih cemilanku kalo lg libur siang2 panas2 pedes2 bikin brambang asem ini sampe gembrobyos mba saking pedesnya hihii...selalu ada di kulkas mba soalnya anakku kadang tak sayurin daun ini...sayur asem godong telo rambat ditambah capar dele (taoge kedelai) makin mantep mba bumbunya jg polos2 aja mba dirajang2...sueger kalo dimakan anget2...kalo lg pengen makan brambang asem ini tp ga ada daun ubi pake daun kangkung yo enak koq mba...hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba..aku juga suka kalau pedes..bikin kapokkk..!! Kapok lombok tapi..hihihi..pengen makan..dan makan lagi..:D
      Sippp Mba Harsini..bsk kalau nemu yang seger dan muda2 lagi langsung tak cobanya buat sayur bening..siapa tau Yodha mau..:)..mksh infonya ya..:)

      Delete
  10. Daun glandir itu daun singkong bukan sih, Mak? Aku baru denger nih daun glandir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun ubi atau ketela rambat Mak Isti..temenya singkong..hihi

      Delete
  11. dijawa dlu suka beli brambang asem/ plencing bgini disamping rumah,,,, uenak sambelnya puedess tpi bkin ketagihan,,,, biasanya pake daun lung( sebutan bwt daun ketela rambat) dan dicampur bihun goreng ndeso lauknya tempe gembus bacem.,,,,, wah bikin ngiler mbk,,,,, berhubung lgi gk dijawa yowis tak bikin sndiri wae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi..bikin sdr aja..mudah kok..wah di makan sama bihun goreng ndeso..uenakk juga kayake ya mba..:)

      Delete
  12. waaah... ngerti brambang asem juga to mbak ?
    aku juga suka banget mbak dan serumah juga suka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..udah 10 taun di Semarang nich ndak terasa..ampe apal jg masakan sini..:)

      Delete