Monday, June 9, 2014

Soto Sholeh..Salah Satu Warung Soto Sapi Legendaris di Yogya


Ini..liputan wiskul terakhir di Yogya ya teman2..sebelum kembali ke dapur dan berkreasi dengan resep2 masakan baru..hihi. Biar ndak lupa..sekalian aku posting saja ya. Nah..pas ke Yogya kemaren aku sempat mampir ke warung soto yang lumayan legendaris..yaitu Warung Soto Sholeh. Sebenernya sich dari dulu pengen nyoba..cuma tutup terus pas Lebaran..atau kalau nggak ya lupa2 terus..hihi. Nah..pas mau ke Dowa itu kan lewat situ deket..pas waktunya makan siang..ya udah dech langsung aja belok ke warungnya.

Sebenernya warung ini udah lama banget sich..terkenal di Yogya..cuma..karena aku kurang suka soto sapi..jadi ya selalu jadi pilihan tempat makan terakhir..hihi. Aku lebih suka dan lebih sering makan soto ayam bening khas Yogya yang versi kayak soto Kadipiro..soto Mirasa..dan soto sawah..wah kapan2 ke sana lagi ah..soto sawah ini enak banget..kangen rasa ndeso asli soto ayam kampung gitu..hihi. Warungnya di tengah sawah di Godean juga sich..dulu deket sama kantor ku yang terakhir waktu kerja di sebuah PMA ekspor furniture di Yogya..jadi sering banget makan di sana.

Kembali ke soto Pak Sholeh ya teman2..dari yang aku baca..soto ini langganan para pejabat dan artis lho.
Soto yang dirintis oleh HM. Sholeh ini, kini telah menjadi usaha turun temurun. Awal merintis usahanya tahun 1950, Sholeh menjajakan sotonya dengan cara berkeliling kampung dan mangkal di Alun-alun. Kemudian pada tahun 1970 Sholeh menyewa kios di Purwadiningratan. Akhir tahun 1982, warung sotonya pindah di Jalan Wirataman hingga sekarang. Keberhasilan usahanya  membuahkan hasil, kini warung sotonya memiliki beberapa cabang, diantaranya di depan Monumen Jogja Kembali, Jalan Magelang, Kridosono, Jalan Adisucipto, Jalan Kaliurang KM. 9,5 , dan Jalan Wates. Warung soto ini terletak di jalan Wirataman nomor 84, Tegal Rejo, Yogyakarta. Awal merintis usahanya tahun 1950, Pak Sholeh menjajakan sotonya dengan cara berkeliling kampung dan mangkal di Alun-alun. Kemudian pada tahun 1970 Pak Sholeh menyewa kios di Purwadiningratan. Akhir tahun 1982, warung sotonya pindah di Jalan Wirataman hingga sekarang. Keberhasilan usahanya  membuahkan hasil, kini warung sotonya memiliki beberapa cabang, diantaranya di depan Monumen Jogja Kembali, Jalan Magelang, Kridosono, Jalan Adisucipto, Jalan Kaliurang KM. 9,5 , dan Jalan Wates.( Sumber info : kotayogya.com )

Rasanya sich menurutku lumayan aja..seger..dan gurih khas soto bening. Tapi kata suamiku yang suka soto sapi sich enak..hihi. Aku kurang suka soto sapi karena biasanya dagingnya sepo alot gitu..tapi kalau soto Pak Sholeh ini ternyata dagingnya empuk..dan ada lemak2nya..jadi memang jadi lebih gurih..jadi aku suka juga dech...hihi. Kuahnya kuah bening..khas soto asli Yogya..dan yang unik sambalnya..bukan sambal rawit rebus kayak soto2 lain..tapi sambal goreng yang berwarna merah..jadi ketika di campurkan ke kuah sotonya..jadi berwarna merah kayak gulai dech sotonya..hihi. Jadi ingat soto kampung yang sering di masak ibuku..sukanya ya pakai sambal goreng merah gini. Rasanya jadi unik dech rasanya teman2.



Tampilan sotonya memang minimalis banget, isinya juga, tapi tenang..banyak lauk lauk kelas berat berukuran lumayan gede2..seperti daging bacem atau babat iso bacem tersedia kok di meja..hihi..jadi bisa ambil sesukanya. Ada juga tahu bacem..dll. Harga sich standart soto ya..ndak terlalu mahal..kemaren makan bertiga kemaren habisnya 70 ribuan.

 




Oke..buat yang mau berwisata ke Yogya..kalau mau mencoba soto bening khas Yogya yang legendaris yang  versi daging sapi..ya Pak Sholeh ini tempat yang pas dech teman2. Warungya ada di  Jl. Wiratama No. 84, Tegal Rejo, Yogyakarta. Selamat berwisata kuliner ya..^^ 





2 comments :

  1. Blm pernah makan soto sapi di Yk, mb. Liat postingan mb Di yg kuahnya dikasih sambel itu koq jd mupeng. Ntar kapan2 kucoba ah kalo ke Yk lagi.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..cobain dech...sekali2 kalau masak soto pakai sambel goreng yang di tumis tuch..jadi unik rasanya. Kalau di rumahku di Yogya..suka gitu juga ibuku masaknya..jadi aku udah terbiasa..:)

      Delete