Thursday, May 22, 2014

Yukk Nyetok Sambal Terasi Matang Homamade..! ^^


Sebentar lagi puasa ya teman..bagi yang menjalankan. Nah..biasanya..kalau bulan puasa..kan masaknya jadi dua kali lebih banyak ya di banding hari2 biasa..misal ketambahan bikin takjil dll. Nah..buat keluarga besar yang warga di rumahnya banyak..pasti akan ribet sekali ya jika masak berulang2. Nah..sebenernya hal tersebut bisa di siasati..dengan cara mencicil aneka lauk kering..dan di buat stock buat saur..dll. Selain itu untuk menghemat waktu memasak..apalagi di malam hari..akan lebih baik juga jika kita menyetok aneka bumbu dasar..misal bumbu dasar putih, kuning dan merah, dalam keadaan sudah halus dan sudah di tumis matang, lala simpan di botol2 kaca..dan taruh kulkas. Nanti aku buat satu persatu ya bumbu2 dasar tersebut..karena ya akan terpakai setiap harinya..kan menu2 kita ya nggak akan jauh2 dari menu berkuah pedas..atau kuah opor..ayam goreng sambel goreng dll ya sehari2..jadi bumbu yang di pakai ya..ketiga macam bumbu dasar tersebut.

Tapi..selain bumbu2 dasar buat masakan..salah satu yang wajib musti di stock adalah sambal. Pasti repot sekali kan..jika kita musti bolak balik bikin sambal ketika menu buat keluarga itu..ayam goreng..ikan goreng dll..pasti akan selalu butuh yang namanya sambal ya teman2. Nah..bisa kok kita bikin sambal matang dalam jumlah banyak sekalian..di tumis hingga benar2 matang , lalu dinginkan..kemudian di kemas di botol2 kaca. Jadi..kalau mau makan tinggal ambil secukupnya..lalu sisanya simpan lagi di kulkas..di jamin dech..masak jadi lebih santai dan nggak kemrungsung..apalagi kalau buat saur ya..praktis banget ..tinggal di panaskan saja sebentar dan goreng lauk pauknya.

Ada berbagai macam sambal yang bisa kita buat sekaligus dan kita simpan di kulkas teman2...nanti aku buat satu persatu ya..sekarang..kita buat dulu sambal terasi matang yukk..sambal paling umum dan di sukai semua orang ...karena memang cocok di buat cocolan apa saja..mau ikan goreng..ayam goreng..bahkan sekedar tempe dan tahu goreng juga enak pakai sambel ini. Atau bisa juga buat bikin nasi goreng..praktis banget kan. Oke dech..aku buatin resep sambal andalanku dalam jumlah banyak ya teman..yukk di coba. Aku buat jadi satu toples kaca segini..kalau buat keluarga kecil dua tiga orang ya bisa buat setok seminggu lah..jika di makan setiap hari. Selamat mencoba ya..atau mau minta punyaku ini...hihi..boleh..ayukk ambil piring masing2 ya..bawa nasi dan lauk pauk sendiri..karena ayam gorengku belum mateng..masih di ungkep itu. Jika mau buat usaha..sambal ini bisa di jual dalam kemasan cup plastik kecil2 teman2..jadi bisa terjangkau harganya dan pastinya banyak peminatnya..^^

Sambal Terasi Matang

Bahan :
100 gram cabai merah
50 gram cabai rawit
50 gram bawang merah, potong kasar
3 siung bawang putih , potong kasar
1 sendok makan terasi matang
3 buah tomat merah, potong kasar
Garam sesuai selera
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh ( jika suka )
Gula merah 1/2 atau 1 sendok makan ( sesuai selera aja )
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara membuat :
Goreng semua cabai dan bawang hingga layu. Goreng juga tomat hingga matang. Haluskan bersama bumbu2 lain.
Tumis kembali dengan minyak dan masak denga api kecil hingga matang.
Dinginkan. Kemas di toples kaca dan tutup rapat, lalau simpan di kulkas untuk persediaan.


37 comments :

  1. Mba Didi, kalo bahannya dikukus aja terus stlh halus ditumis bisa gak ? Maksudnya biar gak banyak minyaknya wk wk wk

    - ari -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mba Ari..jika suka..tapi menurutku ya bakalan beda ya rasanya..karena tekture dan aroma cabai goreng dan kukus itu ya sangat beda. Kecuali kalau sambel hejo..ya memang di kukus bahan2nya baru di tumis..:)

      Delete
  2. cocokbuat bulan puasa ya mbak, menghemat tenaga bikin stok sambal terasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak Lydia..biar nggak bolak balik bikin sambel..:D

      Delete
  3. Mb Di, aku tak nyodorin piring aja ya, sambil nunggu ayam ungkepnya, hahaha nglunjak.com
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...beres Mba Ida..udah mateng ini ayam bakarnya..:D

      Delete
  4. Mb.Diah....rajin amat ya....hehehe, ok mb.Di...aku segera beli bahan bahan bakunya...saya tunggu resep opor ayamnya ya...hahahha, TQ

    ++ Ara ++

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ara..ini sambel besok pagi pasti udah jadi menu lain lagi juga kok...hihi.

      Delete
  5. Asiiik asiiiik aku tunggu resep bumbu dasarnya ya mba...
    Aulia

    ReplyDelete
  6. Hai mbak didi.. salam kenal... ditunggu resep bumbu dasarnya ya... pasti kpake bgt pas bln puasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diana..ok..nanti aku buat dulu yach..:)

      Delete
  7. q sllu buat sambl trs disimpan bt bbrp hri mbk...lumayan enteng dan g bingung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..tggl goreng lauk aja ya praktisss,..:D

      Delete
  8. asyikkkk... ada resep sambal terasi matang. mau nyoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Mira..met coba ya..biar praktis nggak bolak balik bikin sambel..:)

      Delete
  9. buat stock, boleh juga dicoba secara suami saya doyan sambel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Santi..sipp met coba..punyaku aja masih dari kemaren..hihi..awet kok

      Delete
  10. saya jg suka nyetok sambel ini mbak "buat bumbu nasi goreng" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya..bikin nas gor jadi lebih cepat ya Mak Ri..:)

      Delete
  11. Mbak,misal bikin banyak trs sbagian taruh kulkas ato frezer gt gmn? Pengaruh ke rasa ga?krn klo jelang bln puasa harga pd naek...hehe...mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..taruh di wadah kedap udara, di pack kecil2 sekalian sekali pakai misal pakai wadah2 kecil..tapi harus tertutup rapat lho ya..abis itu taruh di freezer..kalau mau pakai ambil satu pack sambelnya..biarin suhu ruang, panasin lagi bentar. Itu akan lebih aman..daripada di taruh di wadah besar..terus keluar masuk freezer..udara luar..freezer lagi. Bias awet dech kalau di pack terpisah2 gt..ampe sebulan juga asal nggak terkontamisanasi bau2 an lain ya..mknya pastikan tertutup rapat wadahnya.

      Delete
  12. Waaah sadaaap bener mba... kalau saya bikin untuk 2 sampai 3 harian mba,,, ngeliaattt sambal terasiii bikin lapaaaaaarrrr....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mba Tina..aku awet 2 minggu an..tak buat macam2 lauk lain..balado udang..babat gongso..nasi goreng dll..cukup pakai bumbu enak..ueanaak..hihi

      Delete
  13. mbak diah kalo cabe bawang di balbder trus baru di tumis bisa juga gak mba trus berpengaruh di rasa ngak...mkss
    -lani-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..beda rasa dikit ..airnya di uapkan dulu dgn cara di panaskan di wajan ya sebelum di tumis ya..kalau pakai air mblendernya..:)

      Delete
  14. Kalo suka pake daun salam mba, jd lebih wangi... Tp thanks banget ide stok sambalnya. Ga kepikiran lho aq mba, secara suamiku ga boleh ga ada sambel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba sama2..mksh tipsnya...:)..

      Delete
  15. misal mbak klu mau bikin ukuran cabe sekilo...semua takaran bahan kita kali 10...jadi enak gak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kalikan aja resepnya sesuai kebutuhan ya mba..:)

      Delete
  16. Mbak Di,
    Hari Selasa kemarin aku biki sambal ini
    Niatnya buat nyetok
    Pas suami lihat dia sempat ngomel-ngomel, "Ngapain sih bikin sambal banyak-banyak?"
    Ehhh tahunya cuma bertahan 4 hari
    Ludes des des
    Kata suami dan adik ipar, sambalnya endez :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..alhamdulillah jika suami dan adik suka..hihi..jadi gantian mba yang ngomel pasti ya..karena 4 hari udah habis..hihi. Ndak ding..malah suka kok y amba..kalau masakan di rumah cepat habis..:D

      Delete
  17. Mbak diah,
    Kalau resep sambal terasi ini utk usaha sambal terasi homemade, tahan berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Mbak diah,
    Kalau resep sambal terasi ini utk usaha sambal terasi homemade, tahan berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
  19. Mbak diah,
    Kalau resep sambal terasi ini utk usaha sambal terasi homemade, tahan berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
  20. Mbak diah ,
    Kalau kita buat sambal homemade ada gak cara supaya awet tanpa masuk kulkas ?

    ReplyDelete
  21. Bermanfaat sekali artikelnya, semoga dapat menginspirasi yang lainnya. kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete