Friday, June 20, 2014

Udang Goreng Krispi


Udang goreng..salah satu makanan favoritku. Udang goreng tepung model apa aja..sukaaa...hihi. Mau udang goreng tepung kering pakai tepung beras, atau udang goreng tepung yang di celup adonan adonan basah..udang goreng panir..udang goreng mentega..wis..pokoke udang goreng..aku mau. Kecuali udang goreng di acara kondangan gitu..aku ndak suka..kenapa..karena keras udang gorengnya..hihi. Kadang2 kalau kita kondangan..ada kan nemu udang goreng tepung ya teman2..nah tapi kadang udangnya tuch jadi keras banget..baik udang atau tepungnya juga..wah..beneran dech..alot dan keras..hihi. Karena memang udang ini nggak boleh di goreng terlalu lama ya teman....kalau nggak malah jadi alot dan ilang rasa manis alaminya. Jadi..prinsip goreng udang..api justru jangan terlalu kecil..biar udang cepet matengnya.

Nah..biar nggak bosan menu udang gorengya..kali ini aku buat pakai tepung lapisan krispi..kayak ayam goreng krispi itu lho teman2. Dan biar lapisan tepungnya nempel banyak..aku pakai tehnik yang di celup adonan tepung basah dulu..baru di guling ke tepung pelapis kering..jadinya bisa nempel banyak dech tepungnya..dan bisa keriting lapisan tepungnya. enak.dech..kriuk2 gurih banget udang gorengnya. Dan bisa irit lho..karena udang gorengnya bisa jadi banyak kan keliatannya teman2..karen ada lapisan tepungnya ini..pasti lebih menarik buat warga di rumah untuk mencicipinya ya..di banding cuma udang goreng polosan. 

Makan udang goreng ini..jika suka boleh di cocol sama saus sesuai selera. tapi kalau aku ya tetep..paling enak..pakai sambel..hihi. Sambel yang cocok sama udang itu menurutku sambel bawang cabai rawit yang puedess gitu..wis..pokoke pakai udang goreg aja dan sambel itu..udah enak banget tuch makannya. Mau coba teman2..yukk mari..belanja dulu ya..cari udang yang seger,..biar bisa cantik merah2 menantang tuch kalau di jadiin udang goreng warnanya ya. Kalau udang seger itu cicinya kepala sama badan masih nyambung ya teman2..badannya masih kenyal, aromanya ndak amis..tapi aroma laut atau aroma udang aja kalau udang suangai gitu..kalau udang putus2 tuch..wah..udah nggak seger itu udangnya..dan biasanya bau amis jika di masak.

Udang Goreng Krispi

Bahan :
250 gram udang ukuran sedang, cuci bersih, beri sedikit garam
150 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( * jika suka )
Garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung maizena , baking powder, dan semua bumbu kering lain..ayak dan aduk rata.
Ambil 25 gram adona tepung, campur dengan 100 ml air, aduk sampai licin.
Ambil udangs atu persatu, celup ke larutan tepung cair, lalu gulingkan ke tepung bumbu kering sambil di angkat2 dan di cubit biar keriting. Ketok ketokan udang yang sudah bertepung..agar tepung yang menempel berlebihan jatuh kembali dan hasilnya bisa jadi keriting. Goreng di minyak panas sedang hingga matang .



9 comments :

  1. Mba Diah pas banget mbaaa... Ini anakku si Ail dari tadi nagih minta dibikinin udang crispyy, ini lagi ditinggal kemasjid sholat jumat sama Ayahnya, pas banget aku online liat resep ini, Langsung mau tak eksekusi mba... Anakku juga syuukaa banget mba udang goreng crispy cuma biasanya aku bikin pakai tepung bumbu serba guna belum pernah coba bikin pakai tepung sendiri... weess thengkyuu ya mba. Aku tak masak dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..met coba ya..sekali2 meracik bumbu tepung sdr mba..lebih soft dan ringan gurihnya..:)

      Delete
  2. sama mba...kesenenganku juga ini...hihihi....minta resep sambel bawangnya dong mba DD...tengkiyu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Mba..:)
      Ini resep sambel bawangnya ya : http://www.diahdidi.com/2014/04/sambal-bawang-gurih.html

      Delete
  3. Aku jg seneng semua jenis mskn udang hihihihi... Kalo udangnya fresh lebih enak lg..jd pingin cepet2 mudik nih, biar langsung dpt dari lautnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba..kalau udang seger itu manis..di bumbuin garam aja udah gurih banget ya..:)..ikuuut mba..ke lauttt...hihi..pengen ikut nangkep udangnya..:D

      Delete
  4. Mba, bukannya mb diah sudah pernah posting resep udang crispi y, tp yg pk bawang putih..aku udh coba itu 3X enak sekali..suami aku suka...kl sama ini enak mana mba?makasi banyak y mba u/ resep2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.iya mba..memang aku tuch suka banget bereksperimen macam2 resep..misal sama udang krispi ini..uska ku ganti misal bumbu atau tepung pelapisnya dll..biar beda2 rasa gt mba..dan nggak bosan..rasanya..enak semua..cobain aja Mba..ntar tggl pilih yang di suka..:)

      Delete
  5. ohh, jadi mba Diah spesialis pemasak udang krispi nih, pantesan enak .mamah uda coba yang satunya, dan yg satu ini pantes di coba juga nihh sm mamah ,hhe :D ...
    makasih mba Diah buat resepnya, sukses selalu :)

    ReplyDelete