Wednesday, June 25, 2014

Bakso Lombok Ulek...Bakso Khas Temanggung Yang Unik..


Tadi..habis bikin bakso bakar buat suami dan Yodha..eh jadi bingung mau sarapan apa ya buat diri sendiri..hihi. Lha lidah Jowo ki..kalau cuma sarapan susu kok ndak mantep..hihi. Beda sama Yodha dan papinya..kalau pagi tuch sarapannya sekarang pada minta sosis atau bakso bakar aja kahir2 ini..atau telur..dan susu..udah. Walah..pada diet apa ya..hihi. Iya..Yodha udah  bosan sarapan nasi goreng atau mie goreng katanya. Yo wis lah Kak..karena lagi libur ya ndak pa2..suka2 aja sarapannya..paling2 sebentar lagi teriak laper..hihi. Nah,..karena pada makan bakso bakar tadi..aku kok ya jadi pengen makan bakso juga. Tapi..aku kurang suka bakso yang banyak dagingnya kayak bakso yang aku bakar tadi..hihi..lebih suka bakso yang lebih banyak tepungnya..hihi..karena ada kenyal2nya..enak..dan..di buat bakso kuah. Nah..kebetulan aku punya stock bakso pasar juga..jadi dech pengen bikin bakso kuah. Karena pas..kebetulan tadi pesan kupat ke tukang sayur buat bikin kupat sayur..jadilah kepikiran buat bikin Bakso Lombok Ulek Khas Temanggung ya seger itu. Hemm..apa hubungan bakso dan kupat ?..Hihi..aneh kan teman2..tapi ya memang begitu lha..bakso lombok ulek khas Temanggung ini unik sekali..karena bakso kuah..tapi pakai kupat. Masih heran ??..Jangan ke mana2 kalau begitu..Yukk simak cerita selanjutnya..Halah..*Lebay..hihi.

Bakso Lombok Ulek..adalah bakso khas Temanggung. Pertama kali aku coba..di Semarang atas sini dulu ada cabangnya..atau franchise nya lah gitu..bakso ulek pak siapa gitu lupa. Soalnya "Sekarang udah tutup..ganti toko ikan hias..!"..hihi..*kayak iklan*. Nggak tau dech..Semarang nich unik..kalau resto atau warung2 franchise kecil2 dan nanggung..misal cuma nempatin ruko2 gitu..jarang yang bisa bertahan lama..kecuali yang punya modal besar sekalian bikin resto besar gitu baru jalan dech..atau warung yang blusukan gitu pasti malah rame..asal enak. Di Semarang atas sendiri..sudah tak terhitung resto2 franchise dari brad kuliner ternama..yang paling cuma bertahan beberapa bulan..sebut saja..bebek judes..soto Madura Tosoto..nasi goreng bakar..dll. Jadi kadang mikir juga kalau mau usaha kuliner di sini nich..karakter pasarnya unik..hihi. Padahal ya beneran enak2 lhi sebenernya itu resto2 franchise itu..karena kan memang franchise dari pengusaha kuliner yang udah ternama ya. Kayak bakso ulek pak siapa ni..Pak Di..kalau nggak salah dech..tutup juga..dulu warungnya itu bersih dan modern gitu..eh tapi kok ya sepi di sini..sampai akhirnya tutup..hihi. Untung aku udah pernah nyicip sekali..jadi tau dech rasanya. Padahal di luar Temanggung juga udah banyak lho cabang2nya..misal kayak di Yogya..bakso lombok ulek ini juga terkenal dan sukses lho menembus pasar Yogya...dengan beberapa cabang.


Kembali ke masalah bakso ulek yang unik ini ya teman2..pertama nyoba dulu ya berasa aneh gitu..bakso kok pake ketupat..hihi. tapi setelah mencoba..aku suka je..enak dan seger ternyata. Adanya potongan ketupat di dalam kuah bakso..ketika di nikmati bersama dengan isian lain..kok ya enak dan tetep nyambung tuch di lidah..hihi. Pokoke unik gitu lho teman2..dan nggak neg kuah baksonya. Kuahnya itu bening..seger..beda sama kuah bakso Semarang yang buthek dan banyak lemak..karena pakai kaldu jerohan. Nah..aku memang suka sama kuah kaldu bakso yang bening..kayak bakso Malang gitu dech kuah bakso ulek ini teman2. Tapi bedanya ya itu tadi..isinya yang rada aneh..pake ketupat. Oh ya..dan yang paling penting..keunikan bakso kuah ini..adalah...*lombok ulek* nya..karena memang bakso ini nggak di makan pakai sambal yang udah siap pakai dan di taruh di meja gitu..tapi pedasnya berasal dari cabai rawit yang di ulek langsung di mangkuk..menjelang baksonya di sajikan. Jadi terasa seger sekali..*kemepyar* gitu istilah orang Jawa...Tapi buat yang suka pedes lho. Tapi tenang..kalau beli bakso di warung bakso ulek..pasti di tanya dulu kok..cabenya berapa gitu..mau pedas atau tidak..terserah pembeli. Barulah pelayan akan mengulek cabe rawit agak kasar di mangkuk saji..lalu di tambah bahan isian lain, terus di siram  kuah baksonya panas2 dech. Karena kena kuah panas tadi..cabai rawitnya jadi ilang kok bau langunya teman2..dan ketika tercampur di kuah..jadi rasa pedas yang seger dan lebih menggigit gitu pedasnya. Oh ya..selain pedesnya yang seger..yang aku suka dari bakso khas Temanggung ini adalah pake tahu pong atau tahu kulit..hihi. Nggak tau dech..aku suka banget sama bakso yang pakai tahu enak aja itu..bakso kampung ala Yogya juga pake soalnya..jadi udah terbiasa makan bakso kuah pakai tahu pong..hihi.


Nah..penasaran mau coba bakso lombok ulek ala Temanggung ini..silahkan di cari di cabang2nya ya di kota teman2..jika ada. Kalau nggak ada..ya buat sendiri aja di rumah..mudah kok. Resep nich aku adaptasi dari sebuah tabloid yang meliput tentang bakso ini di Temanggung..tapi ini versi aku sendiri..soale aku pakai bakso siap pakai..hihi. Dan juga karena kuahnya cuma buat dikit aja..jadi aku nggak pake kaldu asli dari tulang sapi..tapi pakai kaldu bakso instan..hihi..ada kok di supermarket tuch..jika suka sich..jika nggak ya..ke pasar dulu ya teman2..cari tulang sapi yang bagus..terus di buat kaldu buat kuah bakso dech..jika mau sekalian bikin banyak...^^
Bakso Lombok Ulek ( untuk 1 porsi ajah..tapi kuahnya masih banyak tadi..hihi..)

Bahan :
5 buah bakso
1/2 buah ketupat potong2
2 buah tahu kulit, potong2
1 tangkai sledri, iris halus
Bawang goreng secukupnya

Bahan kuah :
600 ml air
2 siung bawang putih, goreng, memarkan
1 batang aun bawang, ikat
1/2 sendok teh kaldu instan khusus bakso
Garam sesuai selera
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Kecap manis sesuai selera

Cara membuat :
Rebus air, daun bawang, bawang putih geprek, dan bumbu2 lain . Masak hingga mendidih, koreksi rasa.
Siapakan mangkuk. Ulek beberapa buah cabai rawit ( sesuai selera ) agak kasar, lalu susun bahan2 lain di mangkuk, bakso, ketupat dan pelengkap lain, lalu siram dengan kuah panas dan kecap secukupnya. Sajikan hangat. Note : ini kuah baksonya kecoklatan..karena udah ku kasih kecap dikit sekalian ya teman2..jadi habis di foto..langsung santappp..!! hihi.

26 comments :

  1. Kalo di jatim biasanya banyak yg jual bakso lontong mbak :) fany...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...pake lontong juga enak ya mba Fany..hihi..mksh infonya..:)
      Wis kpn2 tak cobanya..kalau pakai kupat ini aku suka..kan tekture kupat kenyal kokoh ya..:)..jadi kena kuah bakso tetep enak..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Ada Mak Astin..byk lho warung2 bakso bakar skrg nich..:)

      Delete
  3. Kalo di Temanggung yang terkenal Bakso Lombok Uleg Pak Di, ah jadi kangen Temanggung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu juga kayaknya yang buka cabang dulu di Semarang sini Mba..tapi dah tutup..:D

      Delete
  4. Wuaaaa, ga sabar mau mudik. Haduh. Tp pas puasa je, smoga malam nya buka ya warung2 makan di Yk. Soale aq mudik, smiggu sblon hari Idul Fitri. Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminggu sebelum..biasanya masih pada buka Mba LIna..moga2 ya..hihi

      Delete
  5. mb D,cari sembukan di pagar dpn tuh loh mb.jng blusukan ke dlm.mtor parkir,tgl petik2 aja.bwa pisau tpi yah.yg kaku2 jng.hbs di petik,rajang alus,rendem air pnas biar layu,cuci,tgl cmpur ama bumbu.enaknya bumbunya ksh tmpe bsuk.trus cabenya gak usah pelit2,blm 100rb hrga cabe sekilo.hehhe.bim salabim,daun sembukan yg tdinya ijo tua,brubah jdi item nantinya.tpi enak.untk tmbhan bsa ksh tempe."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalau yang pk tempe busuk itu di Yk di sebut gembrot Mba Elmi..sering bikin ibuku..tp ndak pk daun ini..wis bsk tak cobanya..hihi.

      Delete
  6. Kalo ditempatku jg basonya pk lontong mba, jd kalo seporsi msh laper ya tambah lontong aja hihihihi...dijamin kemringet n kenyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt Mba Sri..memang lazim ya berarti bakso dgn lontong dan kupat..hihi..aku br tau ini lho..soale biasanya pake mie aja aja udah kenyang ya..pa lagi tambah lontong..hihi.

      Delete
  7. Ertianna nugrahaniJune 25, 2014 at 5:32 PM

    Hmmmm...Jakarta hujan lebat..dingin2...pengeeen..... Masih di kantor nih, bagi semangkok dong yg puedesss mbak Di...hihihi.

    ReplyDelete
  8. aku pikir didalam baksonya dikasih lombok :)

    ReplyDelete
  9. Boleh dicoba nih..... biasanya aku makan mie instan begini mba...nguleg rawit trus cemplungin deh ke mie nya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..jadi seger banget ya Mba..kuahnya..:)

      Delete
  10. Dulu sempet ada warung baso kupat gini mba di dekete rumah ku
    Tapi gak lama.tutup.padahal.segeer menurtku dr pada.yg kuahnya terlallu.butek dan berlemak..sedepp.deh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kok sama Mba Intan..di tempatku yo cuma bertahan beberapa bulan..padahal enak ya..ayukk bikin sdr Mba..:)

      Delete
  11. mbah diah, maksudmya semarang atas itu gmana?

    ReplyDelete
  12. mb didi kaldu khusus bakso itu seperti apa yach...? aq pingin banget resep bikin kuah bakso yang kentel banget kuah bakso nya... gimana ya mbak didi

    ReplyDelete
  13. klo di gresik pantura perbatasan lamongan ada bakso dg balungan (tulang sapi yg ada daging2nya) plus kikil kepala dan kaki sapi, ada opsi minta lontong atau ketupat. mantappp harga maksimal 14rb per mangkok.

    ReplyDelete
  14. Saya pembaca setia blog ini mba. Pas kangen bakso uleg Temanggung Pak Di, search ternyata ada di blog ini. Makasih mbak. Yuli.

    ReplyDelete
  15. Saya pembaca setia blog ini mba. Pas kangen bakso uleg Temanggung Pak Di, search ternyata ada di blog ini. Makasih mbak. Yuli.

    ReplyDelete