Wednesday, October 9, 2013

Tips Membuat Kering Tempe



Kering tempe..masakan sehari2 ya teman2. Sangat mudah membuatnya..dan aku yakin udah di luar kepala ya kita kalau buat kering tempe ini. Tapi karena ada teman yang nanya via email..tentang cara buat kering tempe yang enak..baiklah..aku tulis aja sedikit tips2nya ya..mungkin berguna buat teman2 lain juga..yang baru belajar masak..agar bisa membuat kering tempe yang enak..renyah dan awet kriuknya.

Kering tempe ini selain cocok sebagai lauk nasi kuning..juga bisa kita jadikan stock lauk kering..jadi cocok nich buat teman2 yang masih sibuk ngantor..kalau kepepet nggak punya lauk..kering tempe ini bisa di jadikan stock di meja makan..tinggal di makan pakai nasi anget..udah enak juga kan. Kalau suamiku malah kadang di cemal cemil dech kering tempe ini..hihi..jadi jarang bisa tahan lama..alias..cepet habisnya kalau aku buat kering tempe ini.

Nah..biar kering tempe yang kita buat lebih enak dan bisa tahan lama..aku ada sedikit tips nich..siapa tau bermanfaat ya,..selamat mencoba..^_^
  • Pilih tempe yang benar2 udah jadi..yaitu yang bentuknya padat dan butiran kedelainya udah menyatu halus permukaannya..supaya mudah di iris..dan tidak hancur sewaktu di goreng. Agar bentuk kering tempe bagus, pilih tempe kotak bungkus plastik. Lebih mudah juga untuk memotong2nya.
  • Goreng tempe di minyak banyak dan terendam..agar matang dan kering secara merata..namun jangan terlalu banyak memasukkan tempe iris ke dalam minyak..karena akan mengurangi suhu minyak..jadi tidak bisa cepat kering tempenya.
  • Goreng semua bumbu hingga kering seperti cabai dan bawang, setelah di iris tipis, jadi kering tempe bisa awet kriuknya. 
  • Tambahkan lebih banyak bawang putih yang di iris dan di goreng kering juga..makan kering tempe akan semakin enak dan gurih rasanya.
  • Gunakan sedikit air saja untuk mengencerkan gula agar bisa cepat berambut dan kering yang di hasilkan lebih awet kriuk.Masukkan tempe jika gula sudah benar2 kental dan berambut. Jika belum kental sudah di masukkan kering tempe bisa basah dan kurang kriuk lagi. Bumbu2 yang sudah di goreng kering, juga di masukkan setelah gula mulai berambut..agar tidak basah lagi. Jangan lupa beri garam secukupnya.
  • Gunakan wajan lebar agar bisa mengaduk tempe dan bumbu dan gula hingga rata
  • Jika kering sudah matang dan ketika di cicipin masih terasa kurang sedikit bumbu atau kurang manis gula..bisa di tambahkan lagi dengan cara mencairkan gula lagi dengan sedikit air hingga berambut..lalu masukkan kering tempe lagi dan aduk rata lagi. Kalau aku biasanya..aku cicipin sich gula yang bumbu yang sudah di aduk..dan di kira2..sudah pas belum dengan jumlah tempe yang kita masak.
  • Untuk variasi kering tempe bisa di campur teri goreng..kacang goreng atau kentang goreng tipis2..juga enak.
  • Simpan kering tempe di toples kedap udara. 
Resep  Kering Tempe

Bahan :
Tempe 1 papan ( kira2 300 gram ), iris tipis

Bumbu iris : 
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis ( boleh di tambah jika suka )
Cabe merah 8 buah, iris tipis ( sesuai selera )
2 cm lengkuas
2 daun salam
75 - 100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera )
Garam secukupnya
100 ml air dan  1 sendok teh air asam jawa

Cara Membuat :
Goreng tempe sampai kering dan renyah. Goreng juga bawang merah, bawang putih dan cabe merah hingga kering, sisihkan.
Masak air dan air asam, gula merah, garam, lengkuas,  dan salam sampai mengental dan berambut, masukkan tempe dan bumbu kering. Aduk rata. Simpan di toples jika sudah dingin.





24 comments :

  1. Maaf mbak diah.. boleh minta bumbu2nya apa aja? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..ntar ku update ya di atas postingannya..buat Mba..:)

      Delete
  2. waahh makasih ya mbak diah maaf jadi ngerepotin.. suami suka banget sama tempe.. kalo bikin paling di goreng biasa, goreng tepung, atau bacem.. hehehe.. pernah bikin kering tempe tapi jadinya malah orek tempe.. jadi itu bumbunya ngga ada yang di halusin ya mbak? semua di iris aja.. okeey.. makasih byk ya mbak.. mau tak coba bikin.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok Mba di halusin..cuma ya itu harus numisnya sampai benenr2 matang dan kering..kalau nggak ya jadi orek tempe itu..hihi..mknya lebih mudah di iris aja Mba..jadi bumbu2nya juga ikut renyah dan kering..dan jadi awet kriuk dech kering tempenya..:)..gulanya juga sampai berambut ya Mba.habi situ aduk cepat dan matikan api..

      Delete
  3. mbak pas masukin tempenya masih panas2 atau nunggu dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu dingin dulu yach..biar bener2 kriuk dan nggak mudah melempem lagi Mba..:)

      Delete
  4. Aaaahhh.. mba aku newbie gagal kemaren bikin kering tempenya.. :(
    Jadinya lengket dan gak kering-kering tuh mba.. kenapa yah? Apa terlalu banyak air dan gula ya? Soalnya nggak aku timbang, cuma ngira2 aja..
    Trus maksudnya sampai berambut itu gimana sih? Aku aduk2 kok gak numbuh-numbuh rambutnya, karena gak sabaran, pas udah mulai mengental aku masukin aja tempenya..
    Tak aduk-aduk terus, kok gak kering-kering, malah mulai bau gosong.. :(
    Mohon pencerahannya ya Mbaa.. :)
    Terima kasiiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Deden..mungkin kebanyakan ya..kasih airnya..jika nggak sabar tunggu berambut..kasih airnya dikit aja..sekedar buat melarutkan gulanya..nah..jika sudah mengental dan berbuih2..segera masukkan tempenya..aduk cepat dan matikan api..nanti mengering sendiri gulanya di tempe.

      Delete
    2. Coba lagi aahh... makasih koreksinya ya Mbak.. :)

      Delete
    3. Iya..sama2...semangat ya,..:)

      Delete
  5. Mba diaah... Wiihhh senengnya ak berhasil bikin ini tempe.. ^^ cm ak pakenya gula pasir mbak, mklm g punya gula merah. Walopun ak g ngerti yg namanya berambut kayak apa, ak nekat aja bikinnya. Bgtu airnya udh mendidih, ak msukin itu tempe sm kacang. Eh gak nyangka itu tempe mw nempel2 gtu.. Hee.. Sekali lagi makasi ya mba.. Ditunggu resep rumahan lainnya. Yg murah meriah dan g rugi diongkos klo gagal.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah..wah..seneng denger berhasil bikin kering tempenya..ayukk..semangat ya..cobain resep2 yang lain..cari aja yang simple2 dulu..:)

      Delete
  6. pengen bikin campur ikan teri pasti enak nih ya mbak DD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp itu Mba Ida..cocok banget..:)

      Delete
  7. Hi Mba Diah, tq ut resepnya. Aku coba hari ini, sayangnya pakai resep lain...dan baru lihat resep Mbak Diah yg lbh detail. Saya potong tempenya kotak2 sekitar 1 cm x 2 cm. Sya goreng sampai coklat sekitar 3-4 menit, kelihatannya matang, ttp ternyata dalam masih agak putih. apakah ini tanda belum matang? Apa nasihat Mba ya utk tau tanda tempe sudah matang? lain kali akan sya coba resep mba yg potong tipis2 kelihatannya lebih konsesten. Aku baru belajar menggoreng nih :) Thank you!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau dalam masih putih itu berarti belum amtang dan kering semua bagiannya. Tipsnya..di potong saja tipis2..dan kalau di patahkan kres2 semua bagian nya..:)..Minyak juga harus banyak dan terendam agar kering merata. Smg membantu ya..:)

      Delete
  8. makasih mbak diah buat tipsnya:) Vinna

    ReplyDelete
  9. Hai mbaa... aq baru aja hbis bkin kering tempe soalnya lg ada stok tempe di kulkas. Ehh tapiii malah jadi basah lohh ga kering.. hiks. Kyaknya kebnyakan air kali ya. Trs aq hbis greng bawang itu lngsung aja tmbah air hihihi... gagal deh... bsk coba lagi aahh... thanks ya mba tips.nya...

    ReplyDelete
  10. Mbaa... mkasih bnyak ya tips nya.. selama ini saya selalu gagal bikin kering tempe. Tiap mau bikin kering tempe malah jadinya orek tempe yg basah gitu gag kering. Tadi saya praktekin tips dari mba diah, Alhamdulillah sukseeeess ^_^

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mba diah kalo ga pake air asam ttp bs jd ga,soalnya sush nyari asam sblumnya tq

    ReplyDelete
  13. Mba...makasih tips nya,kebetulan mau bikin tempe kering u stock makan anak d pondok.
    Share kering kentang balado nya donk mba

    ReplyDelete
  14. Halo mb diah...mb ni ak hbs bikin kering tempe..berhsl lo mb...mksh y mb buat tipsnya..mantapp ..'^_^..

    ReplyDelete