Monday, June 16, 2014

Ketan Biru Bunga Telang Ku Yang Eksotis..^^


Wah..seneng sekali aku..kemaren dapet paket dari mba Rina Audie dari Bekasi..paket yang sangat berharga buatku..hihi. Apa itu ?..Bunga Telang kering dan biji2nya. Makasih banyak mba Rina..akhirnya rasa penasaranku terjawab..udah bisa buat ketan biru sendiri di rumah. Jadi ceritanya pas aku posting jajanan ketan biru dari pasar Gang Baru Semarang beberapa waktu lalu..eh aku penasaran pewarna biru alami yang namanya bunga telang ini. Dan alhamdulillah mba Rina nawarin aku untuk mengirim bijinya..biar aku bisa nanem bunganya. Tapi dasar akunya ngelunjak ya mba..maaf...hihi..di beri biji..tetep..minta bunganya...biar nggak kelamaan nuggu numbuh dan berbunga gitu..hihi. Soalnya kalau aku yang nanem..belum tentu numbuh juga..hahaha..jadi minta jadinya aja dech. Soalnya aku juga pernah liat di afc itu ada pengusaha resto Chinese peranakan di luar tuch pakai bunga telang kering bisa buat bikin ketan biru ini. Akhirnya mba Rina berbaik hati menguji coba untukku dengan di remas2 di air..katanya warna birunya tetep keluar walaupun udah kering..sipp dech mba..bahagianya hatiku..karena nggak harus nanem dan nunggu numbuh dulu bunga telangnya, buat bikin ketan biru..hihi. Tapi bijinya tetep aku suruh tanem kok mba..sama art ku..moga2 numbuh. Kalau aku yang  nanem..ya *mbuh2 an bisa numbuh atau ndak..hihi..shio naga api soalnya..susah di suruh bercocok tanam..cocoknya ya pegang kompor..* lol..!

Nah..karena udah ngebet pengen bikin ketan biru..langsung dech tadi ke pasar beli ketan dan kelapanya..jadi jangan heran ya teman2..kalau aku penasaran pengen buat sesuatu jajanan yang baru..wis nggak  sabar nunggu lama2 dech pasti langsung di buat aja..walau ndak habis..atau warga rumah pada ndak suka , ndak pa2..kan bisa di bagi2...ke tukang sayur..artku. Art ku memang pocokan aja..jadi sore hari pulang..jadi selalu seneng kok kalau aku bawain aneka jajanan buatanku..untuk di makan sama keluarganya di rumah. Aku kalau bikin sesuatu itu ya cuma dikit2 kok teman2..jadi ya..seneng aja..tiap hari dapat ilmu baru gitu..sekalian bisa berbagi..berbagi resep..dan juga berbagi hasil masakan ku ke orang2 terdekat yang sering bantu2 aku di rumah.

Nah..setelah uji coba ketan biru pakai bunga telang ini..wah..berhasil..tekture ketannya oke..pas..nggak terlalu lembek..sama rasanya kayak yang aku beli di Gang Baru itu..tapi..kenapa warnanya berbeda ya teman2 ?..Adakah yang pernah mencoba memakai bunga telang ini juga untuk pewarna ketan biru ini..apa memang warnanya biru tua agak ke ungu unguan gini kah ? Apa aku kebanyakan pakai bunganya ya ?..Kok yang di pasar Gang Baru itu biru cerah gitu ketannya..hihi..jangan2 pakai pewarna dech ya itu. Tapi biarpun warna ketan ku biru tua..aku tetep takjub kok sama hasilnya..eksotis ini ketanku..kayak biru berkilauan gitu ya..hihihi..* lebay dah..* Padahal itu mateng lho ketannya teman2..nggak ngletis atau masih mentah..tapi bisa bisa keliatan berkilat2 gitu ya..hihi. Dan ini juga foto alami lho...asli..ndak editan warnanya. Oh ya..ketannya aku bentuk kerucut dan aku kasih unti kelapa di atasnya..cute juga kan teman2..hihi. Aslinya kalau masakan peranakan atau masakan khas Nonya Semarangan..ketan biru ini di padatkan saja dua warna, warna biru dan putih, lalu di potong2..pakai srikaya..makannya. tapi kalau aku makan ketan kukus gini lebih suka pakai unti kelapa aja..jadi srikaya aku nggak buat.


Oke dech..biar nggak lupa tadi aku buat takarannya..aku tulis aja resepnya di sini ya teman2..sapa tau besok2 kalau bunga telangku udah numbu bijinya..bisa buat lagi. Atau ada yang mau coba juga mungkin teman2..jika ada bunga telangnya ya. Kalau bunga telangku dari mba Rina..masih sich yang kering ada sisa separo..tapi mau coba buat minumaaan khas Thai yang pakai bunga telang ini juga pewarnanya besok..biar dapet ilmu baru gitu ya berbeda,.memanfaatkan bahan langka ini..hihi. Tapi..setelah aku liat bunga telang ini..kok kayaknya pernah liat di mana gitu di sekitar rumahku ya. Ah..kali2 tetanggaku ada yang punya..sepintas pas jalan2 pagi pernah liat gitu. Hemm..besok tak carinya ahh..ajak Yodha jalan2 pagi mumpung libur..hihi...siapa tau nemu tetangga yang punya bunga ini..kan bisa sering2 minta bunganya..hihi. Dasar ..pemalas kalau di suruh nanem nanem sendiri ya teman2..^^

Oh iya...yang belum pernah liat bunga telang,..begini nich penampakannya teman2..cuma ini udah kering sich..tapi masih keliatan kan bentuknya. Aslinya bunganya warna ungu cantik gitu. Bunga ini mengandung pewarna biru keunguan..tapi tidak mempengaruhi rasa jika di campur di makanan. Beneran lho teman2..walaupun warna ketannya biru ngejreng gitu..tapi nggak berubah lho rasanya..tetep rasa alami dan asli ketan aja gitu rasanya. Jadi..kita harus bersyukur ya..sebenernya banyak pewarna alami untuk makanan yang ada di sekitar kita. 

Ketan Biru

Bahan :
200 gram beras ketan, rendam minimal 2 jam
200 ml santan kental
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
15 bunga telang kering, rendam di 50 ml air hangat, peras hingga airnya kebiruan , saring

Pelengkap : Sarikaya atau unti kelapa secukupnya

Cara membuat :
Masak santan, garam , dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, masak hingga meresap dan santan terserap di ketan. Ambil daun pandannya. Masukkan air bunga telang. Aduk rata hingga ketan berwarna biru. Karena di tambah larutan bunga telang jika ketan agak basah lagi, bisa di masak kembali sebentar hingga benar2 kesat dan kering.
Panaskan kukusan, kukus ketan biru sampai matang sekitar 15 - 20 menit..sesuai selera aja tingkat keempukan ketannya. Sajikan dengan unti kelapa atau sesuai aslinya..pakai sarikaya. Tips : Kalau aku sich suka ketan kukus begini masih kerasa tekture ketannya..tapi nggak mlethis lho..tetep udah mateng tapi nggak lembek. Cicipi aja pas ngukus ya teman2 jika mau buat ketan kukus gini..jika belum empuk..ya tambahin aja waktunya..cooking is fun..! ^^ Nggak usah terpaku pada resep banget..banyak2 melatih feeling juga ya ..^^

28 comments :

  1. Mbak cakep banget dah semua yg kena tangannya mbak D.. Hehe.. Btw gimana ya mbak cara bikin sarikaya..?? Thanks before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba..kira2 begini ya..cara buat srikaya untuk ketan ini :75 gr gula pasir
      2 butir telur ayam, kocok lepas
      300 cc santan
      2 lembar daun pandan
      1/2 sendok teh garam
      1 sendok teh maizena, campur dengan sedikit air untuk mengentalkan
      Campur telur, gula, santan, pandan dan garam , kocok lepas hingga gula larut
      terakhir tambahkan larutan maizena
      masukkan dalam panci, kukus 30 menit hingga matang

      Delete
    2. Makasih banyak ya mbak, aq mau langsung praktekin..

      Delete
    3. Iya mba..manisnya sesuaikan selera saja ya. Oh ya..kalau mau biru mudah warna ketannya bunga telangnya jgn byk 2 kayak aku ya mba..hihi. Aku kebanyakan ternyata..mknya jadi agak biru tua.

      Delete
  2. Cantik warna birunya...kalo untinya warna putih lebih ngejreng kali ya mba, ato malah pucat ya...mbingungi :)
    Bunga telang ini selain cantik warnanya jg banyak khasiatnya.

    Dulu ponakanku waktu msh bayi matanya kan kuning, di tetesi air bunga telang ini trus sembuh lho, kalo ga salah buat yang sedang sakit mata jg bisa diobati pk air bunga telang lho..

    Ikutan mbaDD ahh..mau tanam bunga telang..mudah2an tetanggaku msh ada yg tanam...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..iya.aslinya itu cara penyajian ketannya di tumpuk sama ketan putih Mba..cuma kemaren aku coba begitu..memang malah agak pucat di foto..hihi..

      Oh..ternayta berkhasiat juga ya Mba..wah..tambah semagat mau nanem bunga ini...:)

      Delete
  3. Wah...ternyata bunga telang punya fungsi lain selain jadi obat mata ya.. warnanya kereeen..hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Shinta..bisa buat pewarna makanan alami dan bisa buat minuman juga lho..nanti tak cobanya ya..:)

      Delete
  4. mbak diah pengen dong biji bunga telangnya,,selain cantik banyak khasiatnya juga
    gmn cara pesennya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di kirimi teman Mba Rima..wah sayangnyaudah tak tabur semua itu biji2nya..:)
      Eh tapi aku liatr di google..ada yang jual Mba..ternyata kalau mau beli..salah satunya di sini ya..:) http://bibitbunga.com/tag/jual-bunga-telang/

      Delete
  5. udah sampe yah paketnya ? alhamdulillah kalo udah diterima.
    Aku kalo pake bunga telang juga agak gelap warnanya. Biru cenderung ungu. Kalo mau warnanya jadi ungu tinggal diperesi air jeruk nipis langsung berubah jadi ungu tuh. Tempo hari bikin kue pake bunga telang juga cuma karena bunganya kurang, warna birunya jadi ilang ketika dicampur dalam adonan tepung.
    Bunga telangku sekarang mulai banyak nih karena di Ciledug tiap hari hujan terus sampai banjir, hahahaaa....
    Btw, tinggalku di Ciledug yah bukan Bekasi, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh iya..maafken Mba Rina..aku ingatnya Bekasi..hihi. Mksh byk ya mba..bunga telangnya ..jadi bisa buat ketan biru sdr..wis ndak penasaran lagi..:)
      Iya Mba..kmrn akau browsing cari resep bunga telang bisa di buat minuman Khas Thailand ya..kayak sirup gt..memag di kucuri jeruk nipis..jadi warnannya ungu cantik..hari ini mau buat ahh..ntar..:)

      Delete
  6. wah aku klo bikin ketan sarikaya cuma putih aja ketannya, padahal ada pohon telangnya di depan rumah, gak pernah kepikiran pake telang buat pewarna makanan....
    Thanks for sharing mbak didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nunik..bisa buat pewarna makanan kok..udah ku coba..nggak mempengaruhi rasanya..cuma bikin warna makanan jadi cantik alami aja..:)..Kalau di Malaysia buat pewarna nasi juga mba..namanya nasi kerabu..:)

      Delete
  7. waaah jadi eksotis mba ketannya....kereen deh...dulu pernah cuci mata pake bunga ini bikin mata jadi bening...cring2... eh taunya bisa dibikin buat makanan....makin ngefans nih ama blognya mba DD....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..bungaku udah habis..tak buat minuman Khas Thai..manisan kolang kaling bunga telang, nasi kerapu..hari ini...hihihi..jadi nggak bisa coba buat cuci mata dech mba..pdghl..pgn juga tuch kalau bisa cling matanya ya..hihi..wah..nunggu numbuh dulu dech bungaku..:D

      Delete
  8. Wuih cantiiiik banget mbak Di... Bunga telang nama lainnya opo yo mbak...? Sepertinya aku kenal deh sama bunga itu...dulu waktu kecil pas liburan ke rumah mbah sering metikin bunga itu dan buat mainan, aku ronce buat mahkota2an..heheh. Dan jenis tanemannya bisa dibuat pager. Aku pengen bikin mbak Di... cantiiik banget, tapi warna birunya dari apa ya...? Kalau pewarna makanan aku yakin gak secantik warna alami bunga telang deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama lainnya di luar mba Butterfly Fea..atau di Betawi di sebut bunga Teleng..:)
      Iya..mba..memang aku ingat2 juga sich kayak bunga2 di jalanan..ada mba yang jual online bunga kering atau benihnya..atau nanem dulu..atau tgg punyaku numbuh ya..ntra ku bagi..hihi

      Delete
  9. Lagi baca mbak Diah dapet paketan bunga telang eeeh dateng juga paketan abu merangnya...makasih banget ya mbak...lha kok banyak banget gitu...aku ngumpulin merang seplastik kresek gede cuma jadi seuprit abunya hehehe.btw yang dibakar merangnya aja atau damennya juga ya mbak?harus telaten bener kal cuma merangnya aja....
    Kemarin2 aku juga punya tanaman bunga telang ini...tapi terus dibabat sama suami karena kan dia merambat gitu jadinya ngrungkut2i kata suami. padahal sayang ya mbak...mana aku belum sempet ngumpulin bijinya :( bunga telang emang bermanfaat buat kesehatan mata,aku dikasih tau tetangga yang ngasih aku bijinya. beliau kan dukun bayi, nah katanya bayi2 yang dirumat/diurusin beliau suka dikasih remasan bunga telang biar sehat. semoga beliau masih punya bijinya deh....Dan kata tetangga yang baru pindahan juga katanya emang bagus buat mata, katanya tetangganya dulu orang arabian suka cuci mata pakai bunga telang, makanya matanya jernih cemerlang. tapi aku belum pernah coba buat cuci mata, pakainya cuman buat bikin ketan biru aja....
    Nah menurut pengalamanku pakai bunga telang ini, kalo dijemur hasilnya memang lebih tua warnanya mbak...kalo bunganya masih segar terus diambil sarinya emang lebih muda/pudar warnanya. semoga benihnya cepat tumbuh ya mbak...jadi mbak bisa eksperimen nanti, bedanya pakai bunga segar dan kering. CMIIW.... "emma"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh udah nyampe Mba emma..sipp..awet itu mba..di simpan...hihi.
      Iya Mba..memang sawah sekotak aja ya cuma jadi beberapa bungkus..itu abu merangnya..hihi..ibuku sampai nyuruh2 orang buat bikin byk..soale ada temen kemaren pesan sampai berkilo2..hihi.
      Wah..byk gunanya ya mba..bunga ini ternyata,...sipp moga2 biji ku numbuh..hihi. Ini tadi aku jg bikin sirupnya..cantik dech warnanya Mba. Iya mba..mungkin bener juga..kalau bunga seger kali warnanya lebih soft..kalau yang punyaku ini pakai yag kering jadi biru tua gt ya Mba..:)

      Delete
  10. Klo di priok namanya kembang teuleung(bacanya)...klo bayi baru lahir dan ibunya ditetesin di mata...nah keluar deh kotorannya...jg buat obat sakit mata...kartinichandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mksh Mba Kartini..mksh infonya ya..memang byk manfaatnya ya bunga ini..:)

      Delete
  11. OHMG,,, Cantiiikk niaaan mba Diah,,, kalau ada bunga telang sebagai pewarna alami untuk apa lagi pakai pewarna yang g alami,,, ya ampyuun suer mba, cakeeepp banget,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..aku yo sampai takjub..dgn pewarna ciptaan Tuhan ini ya..bener cantik alami..dan ajaibnya lagi..walaupun rasanya pekat biru gitu..rasanya nggak ada yang berubah lho Mba..tetep rasa ketan biasa yang gurih dan alami. Daun pandan aja kalau kebanyakan kan kadang jadi eneg ya di kue..aromanya..kalau bunga telang ini..ndak ada aroma apa2..ya cuma pewarna aja..itu hebat dan ajaibnya..tadi tak buat minuman juga..sama buat manisan kolang kaling..:)

      Delete
  12. Nyesel aku mbak Di....kemaren pas lagi cari sarapan di belakang Litbang Pertanian Pasar Minggu kenapa aku gak jadi ramban itu bunga telang ya...? Ceritanya begitu selesai sarapan dan pas mau pergi dr dalam mobil aku lihat bunga telang yang selama ini bikin penasaran dan langsung inget resep ketan birunya mbak Di...mau turun dan ramban kok ragu2, rodo isin...heheh.. dan akhirnya gak jadi ramban deh. Sepanjang jalan pulang sampai sekarang aku jadi nyesel mbak Di krn bunga telang kan susah carinya to...gagal deh bereksperimen dg bunga telang...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah harusnya ambil aja mba,..kan itu tanaman liar ya..kan ndak kenal juga orang..aku kalau lari2 pagi di hr libur..malah suka tengok kiri kanan..kira2 ada yang bs di ramban gak ya..misal di jalan2 gt tak cari2 kok nggak ada bunga telang..hihi

      Delete
  13. Jelang Ramadhan dan dibulan Ramadhan ini
    Kami KC Nurseries Bogor, memberikan tambahan bagi anda yang memerlukan berbagai macam kebutuhan mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda, akan kami tambahkan sampai 25% dari kebutuhan biji yang anda pesan
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda. Dan akan kami tambahkan 15% bunga dari yang anda pesan.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda. Serta kami tambahkan 15% bunga kerig dari yang anda pesan.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm ( maaf saat ini stock terbatas.....)
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.
    June 3, 2015 at 10:30 AM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta cp nya? Bila sewaktu2 saya mau pesan

      Delete