Wednesday, June 18, 2014

Cimol...Aci di Gemol..! ^^


Cimol...aci di gemol..atau di bentuk bulat2. Satu lagi jajanan murah meriah..dan enak dari Bandung atau Sunda ya..yang wajib di coba nich teman2. Walaupun cuma dari aci..eh kok ya enak banget..hihi. Dulu aku rada2 males kalau coba jajanan yang bahannya aci doang..eh sejak setelah ketagihan tahu aci..tahu plethok dll  dulu..langsung dech merembet suka bikin cireng..cilok..dan sekarang yang baru aku pertama coba..adalah cimol ini. Cimol nich sama aja kayak cilok..tapi versi goreng. Tapi membuat cimol ini menurutku lebih mudah daripada cilok. Kalau cilok kan di rebus ya teman2..jika perbandingan tepung aci  / tapioka dan terigunya nggak pas..bisa alot ciloknya. Tapi aku dari beberapa kali bikin cilok..sekarang sich udah bisa bikin perbandingan yang pas..sehingga ciloknya bisa empuk tapi tetep sedikit kenyal. resep cilok yang enak..dulu udah pernah ku posting di SINI ya teman2.

Nah..kalau cimol ini aku iseng aja buat dengan adonan sama dengan kayak bikin tahu aci. Cuma aku tambahin putih telur. kalau aku liat resep2 di internet sich pakai satu telur utuh. tapi aku suka pakai putihnya aja..agar warna cimol ku tetep ada keputihan bersih kayak cireng gitu..hihi...dan hasilnya bisa lebih renyah ketika masih panas luarnya. tapi ketika udah dingin ya tetep..melempem..hihi. Tapi yang jelas..suka dech hasil cimol ku ini. 

Membuat cimol ini mudah saja teman2 sebenernya..cuma ada beberapa hal yang musti di perhatikan ya. Oke dech aku kasih tips2nya sedikit ya. Moga2 buat teman2 yang baru belajar masak bermanfaat dech dan hasilnya bisa seperti yang aku buat ya. Soalnya aku kadang juga bingung teman2..jawab pertanyaan teman2 yang misal mencoba cireng..atau jajanan yang digoreng lain...misal ada teman2 yang komen gini..:
"Mba..aku udah coba..kok punyaku kok gosong..atau punyaku kok mentah bagian dalamnya..punyaku kok nggak ngembang atau punyaku kok nggak seperti di foto ya hasilnya..padahal sudah sesuai resep lho..?"
Nah..bingung nggak kalau di tanya gitu teman2..hihihi..soalnya kan beda tangan ya beda hasil ya..kalau buat makanan itu..kadang beda atau ada yang  salah di proses penanganan juga beda hasilnya. Jika teman2 menyertakan juga cerita proses atau masalah ketika proses membuatnya sich masih oke ya..jadi jelas gitu..dan aku dengan senang hati bisa kasih solusi dan jawaban yang bisa membantu..tapi kalau cuma bilang gagal..dan.."padahal udah sesuai resep lho"..nah itu yang bikin aku bingung jawabnya..hihi. Lha penanganan resepnya itu gimana..udah sesuai atau belum. Makanya sebisa mungkin biasanya aku sertakan tips dan trik biar hasilnya..bisa mirip hasilnya dengan yang di fotoku ya teman2..hihi.


Ok..buat teman yag baru belajar masak dan pengen coba bikin cimol ini..yukk simak tips2 berikut ya..biar hasilnya lebih maksimal :
  • Adonan cimol nggak boleh terlalu encer ya..harus seperti adonan di foto terbawah ini..kalis, bisa di bentuk..tapi masih lemes juga..maksudnya bukan jadi adonan yang padat dan kaku. Jika terlalu lunak , nanti lengket2 susah di bulat2..jika terlalu padat ..nanti haslinya jadi keras. Jadi intinya adonan harus bisa di pulung..tapi tetep lembut dan nggak lengket di tangan.
  • Gunakan air secukupnya. Memang di resep di tulis 100 ml air panas..tapi karena ada tambahan putih telur, maka jumlah air di sesuaikan saja ya teman2..nggak perlu di habiskan nggak pa2..jika adonan sudah kalis..karena jumlah putih telur di masing2 telur itu kan berbeda2..jadi akan pengaruh ke penggunaan airnya.
  • Untuk menggoreng cimol..gunakan wajan yang tebal..jangan pakai panci alumunium tipis tuch..karena itu sangat menghantar panas..jadi walaupun api kecil..tetep aja cepet gosong...^^
  • Untuk menggoreng cimol..usahakan juga minyak agak banyak dan cimolnya terendam minyak ketika di goreng...agar adonan cimolnya bisa mengembang bagus. Pertama..panaskan minyak hingga panas sedang, lalu matikan api. Selanjutnya bentuk cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke minyak. Jika wajan udah cukup dengan adonan cimolnya..nyalakan api dengan api kecil, lalu goreng cimol hingga mengambang. Nah..jika cimol udah mengambang..baru dech sering di aduk agar matang merata. Dengan cara ini cimol tidak akan mbledos..jika di goreng. Lalu gorenglah sesuai tingkat kerenyahan kulit luar yang diiinginkan..jika ingin renyah banget luarnya..ya bersabarlah dalam menggorengnya ya teman2..karena perlu waktu agak lama..hihi.
  • Adonan cimol..jangan di simpan2 lama2 ya di suhu ruang...apalagi bikin malam, karena ngantuk terus di tinggal tidur..atau di simpan di kulkas..hihi..karena akan mengeras dan bisa jadi asem rasanya alias basi..jadi sebaiknya bikin secukupnya saja..lalu di goreng semua..kalau besok mau makan cimol lagi..ya bikin adonan lagi..hihi.
  • Cimol paling enak di nikmati ketika masih panas..jadi kulit luarnya bisa renyah. Kalau udah dingin ya..sedikit mengkerut dan liat cimolnya,...itu sangat wajar.
Nah..udah jelas..kan..cara bikin cimol ini teman2..mudah saja kan..?..Oke..selamat mencoba ya.jika suka cimol. enak lho..renyah di luar..dan kenyil2 gurih dalamnya..hihi. Yodha aja suka banget. Kemaren pas udah dingin..aku potong2 tipis terus ku goreng lagi ..jadi renyah dech..kayak bakso goreng atau basreng gitu ya teman2..hihi..enak..! ^^
Cimol

Bahan :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
1/2 butir putih telur
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batag daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Masukkan putih telur, aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya.
Panaskan minyak di wajan, matikan api. Bentuk adonan cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke dalam minyak. Jika sudah cukup adonannya yang masuk ke wajan..segera nyalakan api kecil dan goreng hingga cimol mengembang dan matang. Tekture bagian luar cimol ini renyah dan dalamya tetep empuk kenyal...ketika di makan panas2.
  • Oh ya..cimol ini biasanya di sajikan dengan saus pedas yang terbuat dari campuran cabe, saus tomat..saus sambal..dan sedikit gula..sama air di masak hingga kental ya. Tapi aku kemaren pakai saus kacang aja..soalnya punya bumbu kacang nganggur..hihi. atau bisa juga di sajikan dengan aneka bumbu taburan sesuai selera.
  • Oh ya..adonan cimolnya kayak gini ya teman2..tekture adonan kalis tapi lembut..sama kayak adonan tahu aci. Oh ya...ini fotonya ada tahunya..hihi..soalnya mau nunjukin cara mbelah tahu segitiga untuk tahu plethok buat mba Ida..hihi..jadi sekalian uploadnya..tapi kalau adonannya..ini adonan cimol..hihi.

43 comments :

  1. Yummy, glek syedaaappp...:) punya resep cireng gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mba Helda..di sini..tapi aku tambahin tenggiri cirengnya..kalau mau cireng ori..di hilangkan saja ikan tenggirinya ya..: http://www.diahdidi.com/2014/01/cireng-istimewa.html

      Delete
  2. suka banget sama cimol,,, makasih yaa resepnya

    ReplyDelete
  3. mbaaa aku mauuu,klo di jakarta pake bubuk cabe gitu mba makan cimolnya,
    tapi enakan polos,cimol tok.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok..samaan sama aku mba Eka..makan cimol..udah ku coba..pakai saus sambal..pakai bumbu kacang..pakai seosoning kayak yag buat lentang goreng kmrn itu..dan yang paling ku suka malah cimol polos pakai cabe rawit ..hihi.

      Delete
  4. Mauuuu......:):) jajanan favorit jaman kuliah ini mbak:) jajan cimol pasangannya pop ice hehehe. kalau bikin sendiri, aku bermasalah dengan takaran airnya itu lo mbak di, belum bisa pas kalis:( ohya kok beda rasanya ya kalau pakai air panas dan dingin?apa ada pengaruh ya kalau pakai air panas? apakah air panasnya harus air mendidih atau anget ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..nuang airnya jangan langsung tuang semua mba..sedikit demi sedikit..kalau udah kalis..tapi lembut dan bisa di bentuk..udah dech..hentikan pemberian airnya. Kalau langsung tuang ya,..suka mbleber2 acinya kan ya mba..lari2 gt..hihi.
      Iya..air panas pengaruh Mba..kan adonan acinya jadi setengah mateng..jadi ketika di goreng bisa ngembang..aku suka pakai ai rmendidih atau air galon yang panas itu lho mba..:)

      Delete
    2. Ohh oke deh, ntar ku cobain thanks yoo mbak Di:):) happy cooking:)

      Delete
    3. Mak, kao pake air mendidih...ngaduknya pake sendok dong yah?

      Delete
    4. Pakai sendok dulu boleh Mak..habis itu di uleni pakai tangan jika udah nggak panas..tapi kalau kena tepung air panasnya jadi nggak panas banget kok adonannya Mak Ovie..don't worry..hihi.

      Delete
  5. Mbak di kalo gak pake putih telur bisa diganti apa mbak soalnya alergi telur nih..foto2 mbak selalu ok bikin buku masakan aja mbak..thx janti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Janti..mksh Mba..iya Insyaallah nanti Mba..bikin bukunya..:)
      Kalau alergi telur ndak perlu pakai Mba..enak juga kok hasilnya..sama kayak di buat cireng yang barusan aku posting..liat di sini ya..:http://www.diahdidi.com/2014/06/cireng-praktis-enak.html

      Delete
  6. Hai mbk,, kalo pakai kuning telurnya sekalian gmn yah mbk? *erma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggak pa2 mba..cuma nanti cimolnya ndak putih bersih warnanya..:)

      Delete
  7. Oke lah mbk. Langsung dieksekusi aja biar ga penasaran. Hihi *blm pernah nyoba sih mbk :D

    ReplyDelete
  8. Pas banget mau liburan sekolah, sekali bikin pasti nagih, daripd bli sama abang2 suka berasa bgt vitsin nya...

    N jelas bgt penjelasan dr mbaD tips step by stepnya. Maksih bgt, jd tau caranya bikin cimol biar ngga mledos hihihi...

    N pas banget juga aku dah bawa wok dr tempat ibuku...yg kemarin aku kasih liat k mbaD...

    Langsung praktek deh besok.. N makasih penjelasan lapis surabayanya jd pingin bikin lg....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..memang lebih enak bikin sendiri lho..lebih sehat pula minyaknya..iya..pakai itu wok bagus buat goreng cimol biar matang dan nggak cepet gosong. Iya..sama2 ya Mba..:)

      Delete
  9. wah...kok sama nih mbak....anak2 juga jadi minta dibuatin jajanan dari aci...kemarin baru kucoba tepung aci khusus tahu pletoknya....goreng, angkat, makan,gitu terus...hari ini minta dibuatin cimol.....memang gurih2 kenyal sih ya...jadinya nggemesin hehehe. Mbak...tahu gak di sini ada jajanan namanya olos..... mirip cimol gini, tapi dikasih isian berupa tumisan cabe rawit+kobis....jadinya pas dimakan uhhhhaaaahh......kalo tak liatin sih dominan cabenya, kobisnya cuma seuprit hehehe....tapi emang enak banget....begitu gigit langsung bikin melek...tapi aku kalo bikin tak banyakin kobisnya biar gak terlalu pedes, soalnya anak2 kan gak terlalu doyan pedes. resep olos pastinya aku gak tahu, jadi pake resep cilok deh hehehe ^emma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kompakan ya Mba..hihihi.
      Olos..aku mau..aku mau..hihi..pokoknya yang berbahan aci acian suka..isinya cabe aja sama kobis ya mba..kobisnya di bumbu kah ?..Wis nanti tak cari ne di internet resepnya..:)...mksh infonya mba..:)

      Delete
  10. kalo aku bumbunya bawang putih n merica diulek, bawang merah diiris tipis...ditumis sampe wangi,terus masukin deh cabe rawit iris n kobisnya....diaduk terus sampe layu, gak usah kasih air....hehehe ngasal tapi lumayanlah miripnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kayak isi tahu isi ya mba..hihi..iya tadi aku baca juga di internet,..malah ada yang isi macam2 ya,....:)

      Delete
  11. Cobek nya mba didi bagus..itu cobek nya dari batu asli yaa mba??dah lama cari cobek yg kayak gtu,tapi dpasaran yg banyak terbuat dari semen..
    Ntar mau coba bikin ahh cimol nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..salah fokus ya mba..malah naksir cobek ku..:D
      Di sepanjang jalan Muntilan atau Magelang tuch mba..yang jual kerajinan batu2..berjejer2 yang jual di sepanjang jalan..asli batu merapi..murah pula..udah pernah lewat belum ?..

      Delete
  12. Sayange belum pernah ke jawa tengah mba,baru ke jawa timur aja,kekampung nya bapak..hhihi..soalnya saya tinggal di samarinda,dsini tuu jarang bisa nemuin cobek yg asli dari batu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 kalau aku lewat lagi tak fotoin ya mba..tempatnya..ada itu cobek..alu..lumpang..berbagai ukuran..semua dari batu gunung Merapi..hihi..soalnya yang jual ya penduduk sekitar yang byk gunung merapi gitu. Sayange berat..jadi aku kirim foto2nya aja ya ntar..:D

      Delete
  13. Hihihi..iya mba,sapa tau kapan2 nanti ke magelang,bisa hunting2 cobek dsana..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..moga ada kesempatan ya Mba..:)

      Delete
  14. Mbak kemarin Aku buat ko meletus semua ya pas digoreng, minyaknya nyiprat - nyiprat semua. -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyaknya dari dingin dulu kan Mba..jgn panas..pas cimol masuk ?

      Delete
  15. salam kenal mbk didi...
    saya pernah dapet resep bikin cimol itu pake tepung beras..tp,belum pernah coba buat.
    kira2, bedanya apa ya...klo bikin cimol resep mbk didi sm resep yang pk sagu campur tepung beras?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sama2 ya..kalau cimol pakai tepung beras tak kr kok jadi keras ya mba..:D

      Delete
  16. mksh y mbk..kalo sagu itu sama gak sama tepung kanji..
    maaf nanya mulu.
    thanks be4 mbk di.

    ReplyDelete
  17. Mak, aku baru aja bkin cimol pake tepung aciku. tapi rasanya ga kayak cimol jadinya, hahha. ya rasa acinya tahu aci gitu. :D Gimana ya biar rasanya kayak cimol? perlu dikasih tambahan apa Mak? trimikisiii :)

    ReplyDelete
  18. Mbak...aku daberhasiiill....sweneeng...dapet.reward..hahahaha..siiiip.enyyaaaaak

    ReplyDelete
  19. Ada gk alat/mixer adonan cimol ukuran 5 kilo atau lebih ?

    ReplyDelete
  20. Mbak makasi ya resepnya te o pe be gete bgt berhasilll seperti petunjuk mbak aku ikutin semua hihii klo aku airnya 50ml mbak jadi adonannya pas g padet g blenyek jg :))

    ReplyDelete
  21. Mbak, aku comot resepnya yaa,makasih bangeeet :)

    ReplyDelete
  22. kenapa aku bikin adonan nya Si cimol kan udah dibuletin . terus Aku taruh piring gt dy meleleh ? kurang air atau kelebihan mbak ? atau kurg apa ? :(

    ReplyDelete