Monday, June 23, 2014

Kacang Tojin


Minggu kemaren pas ke pasar..liat kacang tanah bertebaran...banyak sekali mbah2 penjual di pasar yang jual kacang tanah hasil panen sendiri. Wah..lagi musim panen kacang nich kayaknya. Pasar deket rumahku nich memang unik teman2..yang jual banyak mbah2 yang cuma jualan barang2 dikit aja..hasil kebun masing2..jadi jualannya tergantung musim apa. Kalau musim mangga..ya pada jualan mangga..musim nangka..pada jualan nangka..gitu dech..tapi ya malah seru aja..soalnya pembeli jadi dapat bahan2 makanan fresh hasil kebun mereka..berasa penen sendiri..hihi. Nah..kali ini banyak yang pada jual kacang tanah..baik itu masih mentah..atau udah di rebus..atau udah di kupas. Nah..kemaren aku tertarik sama mbah2 yang lagi ngupas kacang..kacang yang di jualnya kok agak gede2..istilah jawanya *mentes2 gitu. Wah..langsung aku beli dech. Dan ini dia...setelah di kupas kulit arinya aja masih nampak gede2 kan teman2..kacangnya..dan yang jelas..fresh..hasil panenan sendiri.  


Kacang ndeso gini paling enak di rebus aja udah manis memang..tapi kalau yang udah di jemur dan di kupas gini,..paling enak ya di buat sambel kacang..kue kacang atau kacang bawang..karen arasanya itu manis..enak sekali. Nah kemaren tuch aku mau bikin kacang disko atau bumbu Thai gitu..tapi begitu liat kacang suami mintanya kacang bawang..hihi. Ya udah dech ..bikin kacang bawang lagi. Tapi biar dapat rasa dan nambah ilmu beda..aku bikin kacang bawang dari daerah Sumatra atau Padang gitu ya tepatnya..kalau nggak salah lho..yang di sebut kacang tojin. Aku penasaran aja..karena kacang tojin ini di goreng sama sledri cincang. Kalau bumbunya sich kayak bumbu kacang bawang biasa..cuma ketika kacang setengah matang..lalu di beri tambahan sledri cincnag, lalu di goreng hingga kering baik itu kacang maupun sledrinya.

Ternyata setelah aku coba..memang rasanya jadi unik..tambah aroma gurih dari sledri membuat kacang bawang ini tambah enak. Yodha juga suka lho..hihi..seneng aku. Jadi..besok2 bakalan sering bikin dech..biar nggak bosan kacang bawang Jawa..dua2nya sama enak sich..suka semua dech.
Kacang Tojin

Bahan :
250 gram kacang tanah
4 siung bawang putih, iris tipis
Garam sesuai selera
Gula pasir 1/2 sendok teh
 Segenggam daun sledri, iris halus
3 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat :
Siram kacang tanah dengan air mendidih, kupas kulit arinya.
Rendam dengan air garam secukupnya dan bawang putih halus kira2 15 menit.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api kecil hingga setengah matang. Masukkan bawang putih iris dan sledri, goreng lagi hingga matang dan renyah.
Simpan di toples ketika sudah dingin.
Tips : ada juga yang menambahkan bubuk ebi sangrai yang sudah di haluskan agar kacang tojin ini makin gurih. Tapi aku ndak punya ebi kemaren..jadi nggak pake.


16 comments :

  1. ertianna nugrahaniJune 23, 2014 at 1:21 PM

    Siippp....bisa buat jajanan lebaran nih mbak. Rupanya suami mbak Di gak suka yg berbau "disko" ya...hehehe. Emang lebih enak yg lokal mbak. Kacang bumbu Thai tuh di supermarket lumayan mahal juga ya mbak. Sepertinya resep mbak Di ini lebih enak dari kacang bumbu Thai, ntar aku coba ah....nyicil buat lebaran... hahaha...puasa aja blm lha kok wis mikir kue lebarannya...hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..aku penasaran je..bikin kacang disko dr dulu..:D
      Iya..kacag bumbu Thai itu mahal mba..padahal bikinnya ya mudah lho ya..:)..

      Delete
  2. Kek Kacang goreng tapi keknya terlihat enak yang ini ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak Mak Astin..ada aroma sledri goreng yang bikin khas..:)

      Delete
  3. kasih royco ebi b'rasa kyak tojin bneran X yah,tpi royco pke vetsin.hehhe(gak mau repot sangrai2,nge'blend ebi sak uprit)."elmi".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mblendernya yang byk tho Mba Elmi..1/4 kg gt ..hihi..buat stock bikin empek2..ngoseng dll..enak lho ebi bubuk..:)

      Delete
  4. Replies
    1. Iya Mak Lydia..buat inspirasi temen2 ya..yg suka bikin klethikan buat Lebaran..:)

      Delete
  5. Waah...bisa dicoba nih, buat variasi.....yang aku pernah baca kacang tojin itu pakai kacang ijo ya....ternyata bisa juga pake kacang tanah....Oh iya.....Mbak...mau dong resepnya kacang thailand/bangkok tapi yang ada kriuk2serpihan tepungnya.....yang selama ini aku buat n jual (kalo ada yang pesen aja sih) kacang thailand resep dari saji/sedap.gak ada kriuk2nya....nah ada pembeli yang minta ada kriuknya sementara aku gak tahu resepnya....trims ya mbak... ^emma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mba Emma ntar ku praktek dulu ya..hihi. Iya Mba..ini juga enak kacang tojinya..aku suka ada aroma sledri..:)

      Delete
  6. Perlu dicoba nih....kacang bwg yg kemarin aja baru abis mba,,,itu jg sisa dikit tak buat sambel kacang cilok..
    Kalo bikinnya lama, habisnya jg tak lama lamain mba...hihihi * ngirit ta pelit*

    Oh iya ini ga pake air santan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba.bikinnya lama habisnya cepet..nggak nunggu hari nich kalau di rumahku.
      Yang ini versi aslinya Mba..dak pake santan..kalau pake santan itu kan kreasi ku sdr..hihi..Tapi jk suka ya ndak masalah kacang tojin nich pake santan juga ya..:)

      Delete
  7. Mauuu dong mba nitip kacangnya kl ke pasar lagi ..ngirimnya pakai wahana aja mba..murah hihihi...kemrn psn tahu aci dikirim pk wahana mba 7ribu/kg :)
    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt Mba Aulia..oke..ntar tak tanya suamiku dulu ya..deket nggak itu wahan dari kantornya..hihi..soale biasanya cuma nitip suami Mba..kalau ngirim2..:)..Kalau yang paling deket rumah ya Jne..^^

      Delete
  8. Kak.. Itu masukkan gulanya kpn?? Wkt rendam pake air ato wkt kacang dah matang n diaduk gtu?? Thx :)

    ReplyDelete