Thursday, June 12, 2014

Tho Plek..alias Lentho Gaplek..Khas Gunung Kidul Yogyakarta



Tho Plek..itu singkatan dari lentho gaplek..pasti banyak yang yang baru denger jajanan jadul ini teman2..kecuali yang aslinya Gunung Kidul..pasti tau dong. Eh tapi daku bukan dari GK..atau juga ding makanan ini..soalnya di tempatku juga ada..tho plek ini. Sepintas mirip lentho dari singkong segar parut ya teman2..ya memang sama sich bahan2 lainnya..bentuknya juga mirip. Cuma kalau tho plek ini..bukan dari singkong segar..tapi dari tepung gapleknya. Rasanya..tentu saja beda..kalau dari singkong segar kan rasanya empuk..dan frsh rasa singkong. Tapi kalau dari gaplek..sangat khas..ada aroma gaplek yang unik..rasanya kalau masih panas habis di goreng empuk..tapi setelah dingin..jadi kenyal2 liat agak alot, tapi enak dech..hihi..buat yang suka sich. Aroma gaplek yang khas ini inilah yang sangat menonjol dari rasa tho plek ini. Dan yang jadi ciri khas tho plek.yaitu bentuknya musti ada cap tangannya..hihi. Karena memang cara membentuknya itu dengan cara *dikepeli* atau di kepal2 pakai tangan. Nah..makanya di Gunung Kidul katanya jajanan ini punya nama unik..yaitu Tho Plek ****..yang merupakan singkatan dari lentho gaplek di kepeli..hihihi. Ada aja dech nama2 jajanan dari Gunungkidul ini..bikin kita ngekek..hihi.


Nah..kemaren pas mudik ke Yogya di bawain tepung gaplek banyak banget sama ibuku..hihi. Aku sampai bingung..mau di buat apa..lha di rumah cuma bertiga..yang doyan gaplek lha cuma aku..hihi. Keluarga suami di Semarang sini yo pada nggak suka makanan tradisonal ndeso gini..yo wis..tapi tetep tak bawa aja..nggak enak sama ibu yang udah beliin banyak2. Aku bilang sama ibuku..yo wis nanti tak jualnya kalau laku di sini..hahah..ibuku ketawa. Nanti kalau laku tak kirimi lagi sing akeh kata beliau..hihi. Tapi kemaren memang aku udah coba tepung ini buat tiwul..ya enak banget..tepungnya sudah halus dan bersih banget..dan uji coba kedua tak bikin tho plek ini..enak banget juga. Selanjutnya mau tak buat tiwul ayu..bolu emprit..cake..cheese stick gaplek..enak juga kali ya..hihi. Ada lagi yang punya resep dari tepung gaplek ?..Mungkin di daerah teman2 ada makanan unik dari tepung gaplek ?..Kasih tau aku ya..nanti aku tak cobanya..soale lagi punya stock tepung gaplek banyak nich aku teman2..^^


Tepung gaplek yang ku bawa dari Yogya..kayak gini nich teman2..sudah halus..karena sudah di giling pake mesin..beda sama yang di tumbuk manual..kadang agak kasar dan bergerindil ya. Juga lebih bersih juga ya..karena di proses pakai mesin buka di tumbuk pakai lumpang kayak orang jaman dulu kalau bikin gaplek..hihi. Jadi cocok dech di buat aneka makanan kalau yang sudah halus ini..ndak cuma di bikin tiwul..hihi. Di  Yogya bahkan udah di buat aneka cake..brownies..dll. Wis..kapan2 tak cobanya semua. Memanfaatkan tepung pangan lokal biar lebih naik gengsi..ndak cuma di buat tiwul aja..hihi.



Nah..resep pertama dari tepung gaplek..jajanan yang jadul dulu ya teman2..ini nich yang di namakan tho plek..atau lentho gaplek. Pas buat tho plek ini..sempat heran..pas aku cicipin panas2..lho kok nggak alot dan liat kayak yang dulu aku makan pas jaman kecil..hihi. ternyata..setelah dingin..bisa liat dan alot juga. Hore..akhirnya sama rasanya kayak tho plek jadul...setelah dingin...enak sekali..sedikit alot tapi berpadu renyah dan kriuk kacang tholo..dan gurih rasanya..hemm..nyam2 dech. Hihi..aneh ya teman2..gara2 rasa nostalgia..kok malah seneng yang alot..hihi. Seru aja sich..kalau bisa buat jajanan jadul..yang rasanya bisa persis kayak jaman kita kecil gitu...serasa nostalgia gitu.


Oh ya..cara membuat tho plek ini sama dengan buat lentho dari singkong segar yang di parut ya teman2. Cuma karena tepung gaplek ini kering..butuh sedikit air agar adonan bisa kempel atau bisa di bentuk. Mau coba teman2..yukk..catet resepnya ya..:)
Tho Plek

Bahan :
150 gram tepung gaplek
1/4 butir kelapa, kupas kulitnya, parut panjang
50 gram kacang tholo, rendam di air 2 - 3 jam hingga mekar. Jangan di rebus ya..nanti malah ndak bisa renyah..dan mbeling..atau keras tholonya jika di goreng.
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok teh

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
Campur semua bahan, tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa di bentuk.
Ambil sedikit adonan, lalu kepal2 hingga padat dan berbentuk pipih.
Goreng di minyak banyak terendam agar matang sempurna hingga keringd an renyah luarnya. Sajikan.














13 comments :

  1. Belum pernah ketemu sama tepung gaplek blasss. Kalo gapleknya sih sering liat kalo pas main ke rumah simbah di wonogiri dulu. Taunya gaplek cuma buat gathot sama thiwul, hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung gaplek itu ya dari gaplek kering itu Mba Rina. Kalau jaman dulu kan di tumbuk pakai lumpang..kalau mau buat tiwul..hihi. Kalau mau buat gathot..gaplek utuh di rendam di air behari2..dan di hujan2 kan sampai jamuran..hihi...baru di kukus. Tapi sekarang udah byk tepung gaplek giling mesin..yang halus ..jadi praktis..dan bisa di buat aneka makanan lain selain tiwul..:)

      Delete
  2. Cara buat tiwul itu gmn ya mbak...suka banget sm tiwul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ku upload barusan ya Mba Ifa..resep tiwulnya..:)

      Delete
  3. halow mbak didi. aku sering banget baca-baca di sini. seneng banyak resep yang bisa dicontek. oiya aku dari gunung kidul, emang bener ada kudapan kek gini, tapi kalow di tempatku namanya brangkal, hehe. udah lamaaa banget nggak makan makanan ini. dulu jaman mbah putri sama ibu masih ada, suka bikin tuh. skarang udah jarang-jarang nemu. hehe. oiya izin ya mbak kalow sewaktu-waktu aku contek resep dari mbak didi? makasihhhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nanik..mksh infonya..ya memang mungkin byk nama lainnya ya..kalau di t4 ku namanya kayak gt..dan di tempat kerabatku yang juga dari Gunung Kidul..Saya dapat cerita dulu namanya seperti yang Sy cerita di atas Mba..hihi..dan iseng krn penasaran td Sy browsing juga..memang ada benarnya juga sich Mba..nama yang Sy sebutkan di atas..jadi mungkin ya ada macam2 namanya ya..salah satunya yang Mba Nanik sebutin juga. Aku baca di kompasiana juga ada penulis yang dari Gunung Kidul..yang cerita namanya sama kayak yang aku sebutin..: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2010/01/19/siapa-mau-thoplek-peli-56489.html

      Atau dari forum ini juga ada di bahas makanan ini.. : http://www.wonosari.com/t4295p45-cemilan-khas-gk?highlight=Gunungkidul

      Delete
  4. Mbak, kalo dibuat lemet bisa nggak? Drpd capek2 marut singkong.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..beda mba..kalau lemet itu musti pakai singkong parut..kalau tepung gaplek ini enaknya di buat cemilan ini..buat tiwul./.buat bolu emprit..putu ayu tiwul dll..ntar ku share ya..jk udah ada waktu..:)

      Delete
  5. O begitu ya .... Saya tunggu resep2 lainnya dg bhn dasar tepung gaplek. Sementara saya mau coba tiwul dan tho plek. Putu ayu tiwul kedengarannya enak nih! Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mba..ntar aku buatin dulu ya..:)

      Delete
  6. mba diah saya mau pesen tepung gaplek nya sama gaplek nya bisa ga ya??

    ReplyDelete