Friday, September 27, 2013

Serundeng


Serundeng..adalah lauk kering khas Jawa Tengah  dan di Yogya tempatku..ada juga. Ibuku sering buat juga.
Di Semarang juga ada..ibu mertua juga sering buat. Di Pasar juga ada yang jual serundeng..dengan ketan..enak banget. Tapi..sekarang udah nggak jualan lagi penjual ketan serundengnya..jadi..kalau lagi pengen..ya harus buat sendiri..kayak kemaren. Serundeng adalah lauk kering yang terbuat dari kelapa yang tanggung ya..nggak  muda..dan tua..bilang aja di pasar..beli kelapa yang buat serundeng gitu.pasti di kasih ya pas..sama tukang kelapanya. Serundeng ekonomis..adalah cuma kelapa aja yang di gongseng dengan bumbu2..tapi jika mau lebih enak..bisa di tambahakn daging sapi, daging ayam atau udang. Kalau aku favoritku tetep daging sapi..walaupun cuma sedikit..tapi membuat rasa serundengnya semakin gurih dan enak banget.

Serundeng ini biasanya buat acara2 hajatan gitu sebagai pelengkap nasi kenduri di daerah Jawa Tengah dan Yogya. Kalau buat sehari2..bisa buat stock lauk kering..atau di makan dengan nasi ketan kukus..hemm..enak banget. Citarasa serundneg Yogya..legit..gurih dan manis..kalau di Semarang aku rasain..nggak terlalu manis. Aku suka yang manis..ala Yogya. Jangan membayangkan ribet dulu ya bikin serundeng teman2..hihi,..mudah saja kok..cuma harus sabar menggongseng2 kelapa aja..sampai agak kering. Kalau mau lebih awet lagi..bisa di buat sangat kering..dan renyah..itu bisa bertahan lama.Tinggal di makan pakai nasi hangat aja udah enak kok.

Oke..jika suka serundeng teman2..aku kasih resepnya ya..selamat mencoba..^^
Serundeng

Bahan :
300 gram kelapa parut panjang
100 gram daging atau daging tetelan
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, geprek
Daun jeruk 3 lembar, buang tulangnya
Gula merah 75 -100 gram ( sesuai selera )
Kaldu bubuk sapi 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air kira2 500ml

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih 
2 cm kencur
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Campur kelapa parut, bumbu halus, air dan semua bumbu lain hingga kuah menyusut.
Cicipin rasanya..udah pas atau belum. Jika sudah pas..lanjutkan menggongseng / menyangrai kelapa hingga keset dan kering.
Simpan di wadah tertutup jika sudah dingin ya.Sajikan sebagai lauk nasi..atau teman makan ketan kukus.

Ketan Serundeng..oh iya..serundeng ini bisa jadi isian lemper versi irit lho teman2..asal rasa serundengnya enak..rasa lempernya juga istimewa kok..ibuku dulu sering bikin..buat hajatan gitu kan kalau bikin lemper di Yogya banyak banget..jadi..supaya lebih hemat..bukan daging semua..suka di isi serundeng begini..rasanya..enak juga lho.



31 comments :

  1. mbak tolong dong posting resep nasi krawu khas jawa timur, kemaren aku ke lamongan nah aku ajak anaku makan nasi krawu dan suamiku makan rujak cingur, eh mereka ketagihan, minta di buatin nasi krawu ma rujak cingur, tolong ya mbak di.... matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi Krawu ki dr Madura ya Mba?..Kayaknya pake empal dan serundeng gini juga ya..?..kalau rujak cingur aku suka juga itu..cuma..susah cari pisang kluthuk mba..di sini..nek di Yogya sich ada byk..di tempat Mba Esti ada pisang klutuk mentah nggak??..Itu bumbu utamanya yang bikin sedep selain petisnya.

      Delete
    2. pisang kluthuk njeprah mbak akeh banget! kalo krawu yang kemaren aku makan ada serundeng dagingnya mbak, serundengnya 3 warna merah, kuning, coklat ada srundeng daging suwir, sambel ma tumis kerang. aku juga beli petis, cuma belum tau buat masak apa aja hehehe

      Delete
    3. Wah..lha enak itu byk pisang kluthuk..hihi..bisa sering bikin rujak cingur dan rujak2 lain..sedep..nanti tak kasih resepnya dulu wis Mba..dr pada nunggu akau nemu pisang kluthuk kelamaan...hihi..Nasi Krawunya..tak riset dulu bahan2nya..hihi..*lebay*..

      Petis itu enak buat : Tahu Gimbal Semarang, telur bumbu petis, Tahu petis Semarang, Tahu campur lamongan atau yang mudah tahu telur kayak yang pernah ku posting kmrn..dll..byk bgt kok masakan pakai petis Mba..:)

      Delete
  2. dulu aku pernah bikin sama almarhum ibuku. Aku yang kebagian gongseng kelapanya. Alamak capeknya. Lama banget keringnya. Mana pake 3 butir kelapa lagi. Habis itu aku kapok deh kalo bikin serundeng, hihi....padahal hasil akhirnya enak lho ya....pake daging sapi gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lha..3 butir kelapa..ya bener lama mba Rina..nggongsengnya..coba bikin kayak aku..cuma 300 gram aja..wis..cepet kok..cobain dech mba..bikin..biar bisa makan serundeng enak ala ibu lagi..:)

      Delete
  3. eh iya selain dipake isian lemper bisa juga buat isian semar mendem mbak. Aku pernah bantuin orang hajatan bikin semar mendem pake isi serundeng. Enak juga tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..makasih idenya Mba Rina..besok tak bikin semar mendem..hihi..masih byk nich serundengku..:)

      Delete
  4. Kalau krawu di Nganjuk itu berarti urap sayuran rebus Mbak Diah.

    Di daerah Priangan juga ada serundeng, disebut surundeng. Resepnya sama saja. Enak manis gurih gitu. Di Nganjuk-Jawa Timur biasanya serundeng ditemukan dalam nasi berkat/ambeng ter-terane/tonjokkan orang yang mau punya hajat/kenduri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm..kalau yang versi Nganjuk ini berarti kayak urap sayur ya Mba..soalnya..kalau di Madura atau daerah lain ya..di Jawa Timur..ada lagi versi nasi Krawu..yaitu nasi dan olahan serundeng daging kayak gini..namanya nasi krawu..aku belum pernah nyicip sich..cuma baca ulasannya di majalah..hihi..seperti cerita Mba Esti..itu gambaran makanannya..:)

      Kalau di Yogya..beda lagi Mba..nasi Krawu itu..adalah nasi yang di campur dengan parutan kelapa dan garam..hihi..makanan ndeso..klu lagi nggak punya stock lauk..:D

      Delete
  5. Emang sep kalo makannya sama ketan ini mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka juga ya Mba RIni..ketan serundeng..sama dech..gurih dan legit ya Mba.:)

      Delete
  6. mba diah, itu bumbu halusnya ga usah di tumis dulu ya..langsung aja ya? dagingnya dipotong kecil2 atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau serundeng..nggak perlu di tumis Mba Siti..langsung aja di campur..dan di kasih air..jadi di masak sampai tanak kok..baru di gongseng sampai kering. Daging di potong kecil2..kalau tetelan di rebus dulu biar empuk..kaldunya buat ganti airnya. Kalau daging sapi yang bagus ..nggak perlu di rebus dulu nggak pa2..langsung campur aja..di potong kecil2 mba..:)..met coba..:)

      Delete
    2. okey...aku coba dech...suami suka banget ma serundeng...smoga berhasil...makasih infonya ya mba...:)

      Delete
    3. Ya Mba Siti sama2..nggongsengnya kalau ada pakai wajan besi/wok jadul itu lho mba..enak..nggak cepat gosong dan lengekt2..juga lebih cepat keringnya..:)

      Delete
  7. Mbak diah pinter bgt masak siihh uda gitu makanan yg dimasak enak2 lg... Bikin ngilerrrr... Apalagi sy lg merantau diluar negeri nih jd kangen masakan rumah... Dan jajanan pasar tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Icha..wah..iya biasanya kalau tinggal di luar yang di rindukan masakan Indo ya Mba..ayukk di coba..bikin sdr di rumah ya..:)

      Delete
  8. Assalamu'alaikum. .
    Mbak diah salam kenal aku zie.. hehe hari ini baru prtma x visit k blog mbak..
    Ini sama gak mbak dgn serundeng jawa timur?
    Soalnya dulu kira" 8thn lalu (waktu sd kls 3an) pernah dikasih sm murid alm.abi dari sidoarjo enaaaaaaak banget mbak..
    Tapi sama gak sama tetep bakal dicoba ya (ijin coba ya mbak) hehe sukaaaaaaa bgt sm serundeng.. dijakarta kalau nasi ulam pakai serundeng mbak rasanya pedes manis enak juga..
    Wassalamu'alaikum. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Zie..salam kenal juga ya..mksh udah mampir..:)
      Kalau menurutku..serundeng mana pun..kayaknya bumbu yang di pakai hampir sama Mba..cuma..tinggal sesuai kan selera saja..asin..manis atau pedas. Kalau yang aku buat ini..rasanya gurih dan sedikit manis..enak dech pokoknya..hihi. Selamat mencoba ya Mba..semoga sesuai dengan serundeng yang pernah di makan waktu kecil dulu..:)

      Delete
  9. Hallo Mbak Diah.. Saya mau tanya serundeng daging sapi diatas kira2 bisa tahan berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu masaknya sampai tanak dan kering bisa berminggu2 mba Andry..:)

      Delete
  10. Leonora LhuillierJune 13, 2014 at 6:40 AM

    Mbak Didi, bisa ngga ya bikin serundeng ini pakai kelapa parut kering yg suka dijual di supermarket itu ? Disini nyari kelapa segar suka susah banget. Terimakasih banyak ya sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. Mungkin bisa Mba Leo..tapi rasanya akan berbeda ya hihi..dan tekturenya juga..kelapa parut keringd is ana lembut2 atau kasar Mba..?.Kalau di sini kan kelapa parut kering gt malah lembut bgt..:)

    ReplyDelete
  12. mbk aq kbetulan hbis dapet oleh2 srundeng dari tetanggaku yg hbis pulang kampung,,,, tpi kok bentuknya lain yo,,,, lebih kering renyah,,, apa digoreng ya srundengnya,,,, kbetulan suamiku suka.... pgin tak bikinin sndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di oven pk api kecil bisa mba..setelah di gongseng..biar makin kering..:)

      Delete
  13. mba kalau bikin tanpa tetelan atau daging tetap bisa kan mba... maklum g suka. atau bisa diganti daging ayam...Atau tanpa daging2an gimana mba... perlu pakai air juga g???

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah aku baca2 lagi ternyata bisa pakai ayam ya mba... hehheh

      Delete
    2. Bisa Mba..ayam atau udang juga enak di serundeng..hihi

      Delete
  14. Aku lagi cari2 resep serundeng pengen bikin ketan serundeng..eh nemu di sini. Padahal dulu sering bantuin alm.ibuku, sekarang agak2 lupa/gak yakin dengan bumbu yg masih aku inget. Kalau di Madiun serundeng buat pelengkap nasi pecel, itu yg jadi salah satu ciri khas pecel Madiun mbak Di... rasa serundengnya seperti di Yogya..legit, gurih dan manis. Makasih resepnya ya mbak... ^_^

    ReplyDelete
  15. Ak kmrn coba serundengx copas dr resep mb diah krn suami suka, enak bingit tp trnyta butuh kesabaran extra y bwtx. Tp kok punya ku ky kurang garing gt y pdhl udh lm bgt lho nyangrainya

    ReplyDelete