Thursday, November 21, 2013

Kering Bihun & Kacang


Masih punya stock bihun sedikit.mau di masak  jadi bihun goreng dll..tanggung..ya udah..di goreng aja..jadiin kering bihun dan kacang. Kalau di goreng kan ngembang bihunnya..jadi banyak ^^..tinggal di bumbuin pedas manis gurih..kayak kering tempe atau kentang..jadi dech lauk kering yang kriuk2 gurih. Bihun dan kacang..berpadu..enak ternyata. 

Menggoreng bihun biar mekar..minyaknya harus benar2 panas dan terendam minyak..tinggal masukin sebentar..langsung dech..mengembang cantik bihunnya. Cuma karena di aduk2 pas nyampur bumbu keringnya..jadinya nggak secantik awalnya..karena terputus2 bihun gorengnya..nggak masalah sich..yang penting tetep kriuk. Biar warna putih bihunnya masih sedikit nampak..aku pakai gula pasir untuk bumbu keringnya. 
Kering Bihun & Kacang

Bahan :
50 gram bihun beras
50 gram kacang tanah goreng
4 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering
8 buah cabe merah, iris tipis serong, goreng kering
1 1/2 sendok  makan gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera

Cara membuat :
Goreng bihun hingga mekar .
Memarkan bawang putih goreng.
Panaskan gula pasir, kaldu bubuk / garam dan 2 sendok makan air, aduk rata, masukkan bawang goreng dan cabe goreng, aduk hingga kental , masukkan bihun dan kacang, aduk rata. Dinginkan, baru kemas di toples.







12 comments :

  1. wahhh enak nih mbak kriuk2 jadinya ya bihunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..bihun sama kacang..cocok banget..enak .:)

      Delete
  2. selalu ada inspirasi baru ya......senangnya dpt resep lg :)

    ReplyDelete
  3. Kalo pakai bihun jagung bisa ga mba???

    ReplyDelete
  4. Wah..belum pernah nyoba Mba Siti..hihi..aku selalu bihun beras..yang bisa langsung negmbang gt kalau di goreng..coba aja dulu Mba..dikit di goreng..ngembang nggak..kalau negmbang juga berarti bisa..:)

    ReplyDelete
  5. wah enak nih....
    oya mbak mw tanya ada kenalan yg jual vacuum sealer gak?^^
    thx..
    -stella-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ntar coba tak tanyain saumiku duluya..yang punya byk kenalan UKM di bidang usaha makanan..:)

      Delete
    2. thank you mbak ^^

      Delete
  6. Ini sangat inspiratif Mba Diah :) Kapan-kapan aku copas ya resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Anita..semoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  7. mba diah..bisa gak diganti bihun jagung?

    ReplyDelete